Berapa Lama Waktu Ideal untuk Olahraga Setelah Makan?

oleh -694 kali dilihat
Berapa Lama Waktu Ideal untuk Olahraga Setelah Makan?
Ilustrasi - Foto/StockSnap-Pixabay

Klikhijau.com – Ada banyak pencinta olahraga yang bertanya-tanya: Berapa lama harus menunggu untuk berolahraga setelah makan?

Ini pertanyaan yang sangat penting. Seringkali aktivitas olahraga yang dilakukan menimbulkan risiko seperti merasa kembung, kram, dan mual. Sementara, menunggu terlalu lama pasca makan juga dapat membuat Anda kehilangan energi terbaik. Jadi, bagaimana Anda bisa mencapai keseimbangan yang benar?

Dikutip dari Glamour, dua ahli ahli gastroenterologi  yakni Laura Harrell Raffals (profesor kedokteran di Mayo Clinic) dan Yasi Ansari (juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet ) membagikan tips penting buat kita semua tentang jedah waktu setelah makan dan olahraga.

Mari simak pembahasannya!

KLIK INI:  Menelisik 11 Manfaat Labu Kuning, yang Terakhir Dambaan Para Lelaki
Berapa Lama Menunggu untuk Berolahraga Setelah Makan?

Kata Yasi Ansari, secara umum kita harus menunggu untuk berolahraga hingga tiga hingga empat jam setelah makan, dan satu hingga dua jam setelah makan camilan.

Melakukan olahraga ringan setelah makan — seperti berjalan — boleh saja, tetapi untuk latihan yang lebih intens, tubuh Anda membutuhkan  waktu untuk mencerna.

Hal ini dipertegas lagi oleh Raffals bahwa dengan memberi tubuh Anda waktu yang dibutuhkan untuk mencerna makanan sebelum berolahraga, Anda akan membiarkan tubuh Anda benar-benar menggunakan bahan bakar dari makanan itu untuk menggerakkan latihan Anda.

Anda juga akan memberi waktu perut Anda untuk mengosongkan isinya dan menurunkan kemungkinan Anda mengalami mual, refluks, mulas, dan masalah lainnya saat latihan atau olahraga.

KLIK INI:  Terlalu Lama Tidur di Akhir Pekan Bisa Picu Serangan Jantung, Benarkah?

Meskipun demikian, setiap orang mencerna makanan secara berbeda, jadi sejatinya tidak ada pedoman paten yang berlaku untuk semua tentang berapa lama jedah untuk berolahraga setelah makan.

Faktor-faktor seperti lamanya dan intensitas latihan Anda, serta jenis dan jumlah makanan yang Anda makan, juga berperan dalam hal ini. Namun, hal mendasar yang harus dicermati kata Ansari adalah berhati-hatilah dengan waktu dan jenis makanan sebelum latihan intensitas tinggi.

Sebelum melakukan aktivitas olahraga lari misalnya, perut Anda mungkin membutuhkan makanan yang lebih sederhana dan lebih banyak waktu untuk mencernanya dibandingkan dengan apa yang dapat ditoleransi sebelum melakukan aktivitas yang lebih ringan, seperti jalan kaki atau yoga ringan.

Apa yang Harus Dimakan Sebelum Berolahraga?

Pada prinsipnya, tubuh setiap orang sedikit berbeda, tetapi secara umum, karbohidrat kompleks dan protein tanpa lemak bisa menjadi makanan sebelum latihan.

Itu karena karbohidrat kompleks secara perlahan melepaskan glukosa untuk memberikan energi yang stabil selama aktivitas olahraga Anda, dan protein tanpa lemak juga memberikan energi yang menopang, jelas Raffals.

KLIK INI:  Mengkudu: Bisa Kurangi Stres hingga Atasi Arthritis

Ingatlah bahwa butuh lebih banyak waktu untuk mencerna protein daripada karbohidrat, jadi jaga konsumsi protein sebelum latihan Anda dalam jumlah sedang.

Pilihan camilan terbaik sebelum olahraga yang patut dicoba seperti pisang, kerupuk, saus apel, smoothie, kismis, kurma dan jus .

Lalu makanan apa yang sebaiknya dihindari sebelum olahraga atau latihan? Antara lain kata Ansari makanan pedas dalam jumlah besar, makanan berserat tinggi, dan makanan berlemak tinggi.

Mengapa? Karena butuh beberapa saat untuk mencerna makanan berserat tinggi dan berlemak tinggi, jadi memakannya dalam jumlah banyak terlalu dalam waktu yang dekat dengan jam olahraga dapat menyebabkan sakit perut dan kembung.

Selain itu, kata Raffals, penting juga untuk menghindari makanan olahan dan makanan yang mengandung banyak gula.

KLIK INI:  Jangan Dibuang, Ini Manfaat Tulang Ikan bagi Kesehatan!

Sekali lagi, ini berbeda untuk setiap orang, tetapi secara umum Ansari merekomendasikan untuk membawa makanan ringan saat aktivitas olahraga berlangsung lebih dari 45 menit.

Dalam kasus tersebut, makan makanan ringan seperti sepotong buah yang mengandung karbohidrat, dapat memberikan dorongan energi yang Anda butuhkan untuk tetap merasa kuat. Kuncinya adalah mengisi perut dengan makanan sesaat sebelum olahraga tentu sangatlah penting.

Minum air putih yang cukup sebelum olahraga

Setiap menjalankan aktivitas olahraga jangan sampai Anda mengalami dehidrasi. Karenanya, minumlah setidaknya dua hingga tiga gelas air dua hingga tiga jam sebelum berolahraga, kata Ansari.

Jika Anda akan melakukan olahraga keras yang berpotensi membuat Anda sangat berkeringat, tambah Raffals, perhatikan asupan air putih.

KLIK INI:  Main Gawai dan Nonton TV Sambil Tiduran, Berbahaya?

Periksa warna kencing Anda setiap saat di sela aktvitas olahraga, jika kencing berwarna limun, ini masih baik, kata Ansari. Jika mulai berwarna, segera minum air putih.

Apa yang Harus Dimakan Setelah Berolahraga?

Penting untuk makan dalam waktu 30 hingga 60 menit setelah berolahraga agar Anda dapat meningkatkan proses pemulihan tubuh dan memulai latihan berikutnya dengan perasaan kuat.

Makanan apa yang terbaik? Pilih menu dengan kandungan karbohidrat rendah, yang membantu mengisi ulang otot Anda dengan cepat, serta protein, yang membantu membangun kembali otot Anda, kata Raffals.

Dia merekomendasikan susu coklat, karena menggabungkan kedua makronutrien. Makanan pasca olahraga lainnya yang bagus menurut Ansari, meliputi: buah, Yoghurt, roti panggang, burger protein tanpa lemak dengan roti, alpukat, dan salad buah, dan susu kedelai.

Disarankan pula untuk konsumsi elektrolit untuk menggantikan apa yang hilang. Pisang, yang mengandung elektrolit kalium, adalah pilihan yang padat, kata Raffals.

KLIK INI:  21 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Jika latihan Anda singkat dan intensitasnya rendah — misalnya jalan kaki selama tiga puluh menit— Anda tidak perlu camilan atau makanan untuk pemulihan, kata Ansari.

Haruskah Anda Makan Sebelum Berolahraga Pagi?

Kedua ahli menyarankan makan sesuatu sebelum olahraga pagi. Melakukan hal itu akan memberi Anda energi yang dibutuhkan untuk berlatih lebih keras dan mendapatkan hasil maksimal dari latihan Anda.

Tidak apa-apa untuk makan 30 hingga 60 menit sebelum olahraga pagi, selama Anda menyesuaikan jenis makanan yang Anda makan, kata Raffals.

Makanan sederhana seperti pisang, buah potong, kismis, dan kurma adalah pilihan yang baik. Jika Anda tidak bisa makan makanan padat di pagi hari, setidaknya cobalah secangkir jus, saran Ansari.

Jika Anda benar-benar lebih suka berolahraga dengan perut kosong dan Anda merasa baik-baik saja melakukannya, mungkin tidak apa-apa, kata Raffals.

“Secara umum, orang merasa lebih baik dan berkinerja lebih baik jika mereka mampu mengisi bahan bakar sebelum berolahraga,” Raffals menjelaskan.

Demikianlah pembahasan mengenai berapa lama waktu yang baik untuk berolahraga setelah makan serta makanan terbaik sebelum dan sesudah berolahraga, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Anda Tak Harus Minum Air Putih 8 Gelas Perhari, Begini Penjelasannya