Pantas Para Atlet Melakukannya, Ternyata Begini Manfaat Berendam di Air Es

oleh -1,460 kali dilihat
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Pasti pernah kamu membaca artikel atau melihat video Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo berendam di air es menggunakan es batu.

Di kepala kamu dan saya ditamui pertanyaan kenapa mereka melakukannya. Bukan hanya Messi atau Ronaldo yang melakukannya karena hampir semua atlet melakukan hal tersebut.

Para atlet biasanya berendam di air es usai melakukan latihan atau berolahraga. Ternyata ini  tujuan dan manfaatnya:

KLIK INI:  26 Manfaat Garam yang Perlu Anda Ketahui dan 1 Peringatan Berbahaya di Baliknya

  • Membantu tubuh santai

Berendam di es batu ini adalah salah satu cryotherapy. Di mana suhu dingin membantu para atlet megurangi rasa sakit atau capek setelah berolahraga. Otot yang tegang akan menjadi rileks dalam suhu yang dingin. Selain itu proses ini mengurangi pembengkakan yang terjadi pada otot dan juga membantu melancarkan proses peredaran darah.

  • Cocok untuk mendinginkan pikiran

Proses ini juga membantu para atlet mendinginkan pikiran. Dengan cara kedinginan dari es batu itu akan menstimulus saraf-saraf stres lainnya dan menciptakan reaksi yang baru. Sehingga bila tubuh dapat beradaptasi dengan baik, maka akan siap dengan tantangan yang ada ke depannya. Mungkin awalnya terasa menyiksa, namun proses ini akan hilang bila sudah ada dalam air selama beberapa menit.

KLIK INI:  4 Manfaat Daun Jeruk Purut, Poin Terakhir Paling Didambakan Pria Dewasa

  • Penghilang rasa sakit alami

Bila kamu mengalami memar, ibu kita akan memberikan es batu bukan? Hal itu untuk mengurangi rasa bengkak akibat benturan. Ini juga adalah teknik yang sama mengapa es batu ini sebagai alat menghilangkan rasa sakit yang alami.

  • Tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki darang tinggi

Namun tidak semua orang bisa mandi es batu. Orang yang memiliki darah tinggi dilarang keras. Di karenakan es batu dapat membangkitkan saraf-saraf dan stimuli stres, maka ini bisa bersiko pada serangan jantung. Tidak hanya itu, terlalu lama berada dalam air es batu ini juga dapat mengakibatkan orang mengindap hypothermia, dimana suhu tubuh akan menjadi turun di bawah rata-rata, akibatnya ini bisa fatal. Proses pendinginan ini di lakukan selama 10-15 menit saja!

  • Berpengaruh pada performa olahraga

Cuaca dapat memengaruhi performa olahraga seseorang. Maka performa dapat dijaga bila tubuh dapat beradaptasi. Proses pendinginan dapat membantu menjaga performa seorang atlet. Dan ini bisa dilakukan bila suhu tubuh menurun 1-2 derajat.

KLIK INI:  4 Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan, Poin Terakhir Menakjubkan!