Mengejutkan, Ini Sederet Manfaat Kopi dalam Urusan Rumah Tangga

oleh -37 kali dilihat
Kopi topidi
Kopi Topidi - Foto/Didin

Klikhijau.com – Manfaat kopi tak hanya akan mengusir kantukmu. Kopi memiliki ragam manfaat lain yang tak terduga. Semisal minum kopi di sinyalir dapat menyelamatkan lingkungan (baca INI), memperpanjang usia (baca INI), dapat mempercantik diri (baca INI).

Tak terbatas itu saja, manfaat lain kopi pun masih banyak. Manfaatnya tidak hanya dalam urusan di luar rumah, tapi juga dalam rumah tangga.

Dalam hal urusan rumah tangga, manfaat kopi dapat menjadi alasan untuk lebih berhemat. Karena manfaatnya bukan hanya satu, tapi lebih.

Berikut ragam manfaat kopi dalam urusan rumah tangga yang dirangkum dari berbagai sumber:

KLIK INI:  Pandemi dan 3 Momen Terbaik Edukasi Anak tentang Makanan Sehat
  • Sebagai pupuk tanaman

Ampas kopi atau bubuk kopi mengandung mineral utama. Kandungan ini cocok untuk pertumbuhan tanaman.

Manfaat lain ampas kopi adalah dapat menyerap logam berat yang mencemari tanah. Bubuk kopi juga dapat  menarik cacing untuk menggemburkan tanah. Caranya, cukup taburkan atau siramkan ke tanaman atau sekitar tanaman.

  • Tambahan kompos

Bahan kompos bisa apa saja, asal bersifat alami. Ampas kopi adalah salah satunya. Ada studi menemukan, kompos dari  ampas kopi dan limbah dapur jauh lebih kaya nutrisinya ketimbang kompos yang dibuat dengan limbah biasa.

Caranya pembuatan kompos dengan ampas kopi, cukup campurkan ampas kopi dengan limbah organik lainnya.

KLIK INI:  7 Faktor yang Memengaruhi Cita Rasa Kopi
  • Menetralkan bau

Bubuk kopi memiliki kandungan nitrogen. Kandungan ini membantu membantu menghilangkan gas belerang berbau busuk di udara.

Caranya simple saja, cukup letakkan semangkuk bubuk kopi di lemari es atau freezer. Hal itu akan menetralkan bau dari makanan yang busuk atau berbau.

Hal lain yang bisa dilakukan, cukup isi kaus kaki dengan bubuk kopi kemudian ikat, itu akan membuat penyegar udara portabel.

Kopi juga kini banyak dijadikan sebagai pengharum ruangan, termasuk pengharum dalam mobil.

KLIK INI:  Ampas Kopi, Solusi Cantik Berkelanjutan
  • Scrub pembersih alami

Siapa sangka jika bubuk kopi tak hanya bisa diminum saja, tetapi juga bisa bersifat abrasif dan dapat membantu menghilangkan penumpukan “noda” pada permukaan yang sulit dibersihkan.

Ampas kopi bahkan dapat membantu membersihkan karena sifat antibakteri dan antivirusnya. Ia bisa digunakan membersihkan pemanggang wastafel, memoles peralatan masak dan lain sebagainya.

Peralatan dapur kadang bebal untuk dibersihkan. Cobalah menggunakan bubuk kopi. Teksturnya yang kasar menjadi alat pembersih yang ideal. Misalnya membersihkan wajan, panci, piring. Caranya cukup taburkan saja bubuk kopi secara langsung ke wadah yang ingin dibersihkan lalu gosok kemudian bilas hingga bersih.

Namun, jika ingin menggunakannya pada bahan berpori, berhati-hatilah sebab dapat meninggalkan noda.

KLIK INI:  Menyerap Beragam Manfaat Kopi tanpa Gula bagi Kesehatan
  • Pewarna alami pakaian

Ingin mendapatkan pewarna yang ramah lingkungan. Cobalah  menggunakan bubuk kopi untuk  mewarnai plastik, rayon, kapas,  linen hingga kertas.

Cara ini merupakan cara mudah dalam memberi tampilan vintage pada kertas dan kain dan kertas, juga bisa menyamarkan noda pada pakaian.

  • Empukkan daging

Terkadang Ketika makan daging, rasanya kenyal dan keras alias tak empuk. Untuk mengempukkan daging, boleh dipilih kopi, sebab kopi mengandung enzim dan asam  alami.

Kandungannya itu akan membuatnya lebih efektif untuk melunakkan daging. Garam, enzim, dan asam adalah tiga sekawan yang ampuh dalam melunak daging secara alami alami.

Caranya simple saja, cukup oleskan bubuk kopi ke dalam daging dua jam sebelum dimasak. Atau juga  bisa  merendam daging menggunakan larutan bubuk kopi. Diamkan dilemari pendingin hingga 24 jam sebelum mulai memasaknya.

KLIK INI:  Studi Terbaru Temukan Minum Kopi Tiap Hari Bisa Atasi Penyakit Hati
  • Mengkilapkan dan memperbaiki goresan furnitur

Untuk menyamarkan goresan di furniture kayu. Kamu bisa menggunakan ampas kopi. Caranya buatlah ampas kopi menjadi pasta yang kental. Lalu gosokkan ke goresan dengan menggunakan kapas. Diamkan sejenak sekitar 5–10 menit lalu bersihkan.

Dengan menggunakan bubuk kopi furniture juga akan lebih mengkilap.

  • Mengusir serangga dan hama

Kopi mengandung senyawa tertentu. Misalnua diterpen dan kafein. Kandungan ini ditakuti serangga, sehingga bisa digunakan untuk mengusir serangga dan juga hama.

Caranya cukup taburkan atau taruh mangkuk ampas kopi di sekitar area yang sering terdapat  terdapat banyak serangga dan hama.

  • Menghilangkan kutu pada hewan peliharaan

Salah satu masalah hewan peliharaan adalah kutu. Untuk mengatasinya, bisa digunakan bubuk kopi. Caranya cukup gosokkan saja bubuk kopi ke bulu-bulu hewan peliharaan.

Nah, sahabat hijau itulah sederet manfaat kopi dalam rumah urusan rumah tangga, moga bermanfaat!

KLIK INI:  Ini Tips Mencegah Kantuk Usai Makan Siang Selain Kopi