Pemkab Polman Belajar Proklim ke Magelang

oleh -311 kali dilihat
Pemkab Polman Belajar Proklim ke Magelang
Kunjungan Pemkab Polman ke Magelang
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar (Polman) berkunjung ke Kota Magelang dan kampung wisata Sukunan tanggal 6-7 Februari 2019, untuk penguatan kapasitas Tim Pokja Adipura dan Proklim.

“Kunjungan ini bertujuan untuk keberlanjutan Adipura, di mana Polman menerima penghargaan tersebut untuk kinerja 2017-2018. Untuk Proklim sendiri ini juga keberlanjutan bagaimana kami di Polman bisa menambah lokasi yang lebih banyak melakukan adaptasi dan mitigasi terkait perubahan iklim,” kata Hikmah Ian, Kepala Bidang Penataan dan Penataan Kapasitas Lingkungan Hidup, DLH Polman.

KLIK INI:  KWT di Makassar Wakili Sulsel Lomba Pangan Lestari di Tingkat Nasional

Rombongan yang berjumlah 41 orang dipimpin langsung Asisten Perekonomian dan Pembangunan Polman, H. Sukirman Salah.

Hadir juga Kadis LH dan Kehutanan berserta 3 Kabid lainnya, tim lapangan petugas pengelola kebersihan dan RTH.

Ikut serta pula, Kadis Perumahan, Permukiman dan pertanahan berserta tim 9 Lurah di Kecamatan Polewali untuk lokasi titik Pantau Adipura dan 3 desa lokasi binaan Proklim, yakni Desa Kaleok, Kuajang dan Kunyi, serta 1 desa binaan pengelolaan bank sampah, yakni Desa Sabang Subik, kecamatan Balanipa.

Taman Kota Magelang
Salah satu taman Kota Magelang

Kunjungan belajar di kota Magelang difokuskan pada pengelolaan sampah dan berbagai inovasi, yakni TPA Banyurip dengan inovasi taman dan pengelolaan gas methan.

Bank Sampah Kota yang sudah dikelola dengan sistem koperasi. Pengelolaan RTH dan taman-taman kota serta pengelolaan TPS 3R.

“Sedang untuk kunjungan di Kab. Sleman, yakni di desa wisata Sukunan ini fokus belajar tentang pengelolaan permukiman yang sudah menerapkan proklim,” jelas Hikmah. (kh)

KLIK INI:  Selamat Menantikan Kota Ramah Lingkungan di Indonesia