6 Buku Motivasi Peduli Lingkungan yang Layak Dibaca Tuntas

oleh -4,619 kali dilihat
6 Buku Motivasi Peduli Lingkungan yang Layak Dibaca Tuntas
Buku-Foto/orbitdigital

Klikhijau.com – Buku motivasi peduli lingkungan layak dibaca tuntas di momen hari buku sedunia (23 April). Perayaan Hari Buku Sedunia ditetapkan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan hak cipta.

Sahabat Hijau, mari merayakan hari buku sedunia, dengan membaca 6 buku motivasi peduli lingkungan yang menuntun Anda mengenai Green Lifestye. Berikut diantaranya:

  1. How to Give Up Plastic: A Guide to Saving the World, One Plastic Bottle at a Time karya Will McCallum

buku motivasi

Will McCallum adalah seorang aktivis yang berdedikasi untuk melestarikan lautan dan alam dengan menjalani gaya hidup tanpa limbah yang ramah lingkungan. Bukunya menyajikan data yang sulit namun relevan mengenai dampak pencemaran plastik pada saluran air dunia dan menginspirasi pembaca untuk #BreakFreeFromPlastic.

  1. More. Plastic.: What you can do to make a difference – the #2minutesolution karya Martin Dorey

buku lingkungan

Martin Dorey, pakar anti-plastik, telah berupaya menyelamatkan pantai kita dari plastik sekira 10 tahun terakhir. Dorey adalah penggagas Beach Clean Foundation dan selalu melakukan seruan global untuk senjata #2minutebeachclean kepada orang-orang di seluruh dunia, dan telah membuktikan bahwa tindakan kecil kolektif dapat menambah perbedaan besar. No. More. Plastic. adalah buku kecil yang hebat, penuh kiat praktis dan sederhana tentang bagaimana Anda dapat mengurangi konsumsi plastik Anda.

KLIK INI:  5 Aksi Sederhana Merayakan Hari Buku dengan Nuansa Alam Raya
  1. Easy Green Living karya Valerina Daniel

buku

Buku menjadi media komunikasi yang memudahkan orangtua untuk mengenalkan gaya hidup hijau pada anak. Membaca buku juga bisa memberikan panduan bagi orangtua untuk menyontohkan perilaku ramah lingkungan di rumah.

Salah satunya dengan mengenalkan anak dengan buku yang bertajuk Easy Green Living. Buku ini berisi kiat yang bisa dilakukan mulai dari diri sendiri dan di rumah untuk menyelamatkan bumi dan kisah inspiratif duta lingkungan.

Buku ini juga akan membentuk pola pikir anak mengenai gaya hidup hijau, karena penanaman sejak usia dini lebih lebih mudah daripada mengubah mindset orang dewasa dalam menjalaninya.

  1. Di Balik Krisis Ekosistem karya Prof Hariadi Kartodihardjo

buku lingkungan

Buku Di Balik Krisis Ekosistem menjadi salah satu sumbangsih bagi pelestarian dan pemanfaatan sumber daya hayati secara berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

KLIK INI:  Lewat Pohon Ara, Yudhistira Menggugat Walikota

Melalui buku ini, kita bisa menilik berbagai fakta kompleksitas yang terjadi di lapangan, terkait dengan kerusakan sumber daya alam, akibat eksploitasi tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya itu, buku ini juga memberikan solusi serta rekomendasi mengatasi persoalan kompleks tersebut dan mendorong tata kelola yang baik di berbagai lini sehingga kelestarian keanekaragaman hayati dan ekosistemnya dapat terwujud.

  1. Novel Anak Seri Mata karya Okky Madasari

Buku bacaan anak bisa menjadi salah satu faktor positif yang bisa membantu memperluas pengetahuan anak. Buku karya Okky Madasari ini sangat cocok dibaca oleh segala usia.

Sejauh ini sudah dirilis tiga buku; Mata di Tanah Melus, Mata dan Rahasia Pulau Gapi dan Mata dan Manusia Laut. Ketiganya akan membawa pembaca pada petualangan di berbagai daerah di Indonesia dengan keanekaragaman hayati dan kultur budaya yang berbeda.

KLIK INI:  5 Buku Penting untuk Memahami Krisis Iklim dan Solusinya

Buku ini juga mengajarkan pembaca untuk peduli terhadap lingkungan sekitar dan tidak mengeksploitasi alam semena-mena.  Penggambaran menarik tokoh Matara dalam mempertahankan warisan sejarah yang akan digusur untuk dibangun pusat perbelanjaan dan sejenisnya juga menjadi bagian yang menari dalam seri ini.

  1. Enjoy Life with Eco-Life karya Darhamsyah
Bertemu Inspirasi dalam Pengalaman Seorang Motivator Lingkungan
Buku Enjoy Life with Eco-Life/Foto-FB Dr. Ir. Darhamsyah

Sebuah buku terbaru yang terbit 2019 lalu. Buku ini membahas tentang lingkungan hidup dengan perpektif yang lebih ringan yakni mengulas tentang apa yang disebut dengan kecerdasan lingkungan. Buku ini memberi inspirasi dan solusi keren  bagaimana menjaga lingkungan dan memanen kebahagiaan di baliknya.

Demikian rekomendasi buku motivasi peduli lingkungan yang layak kamu daras. Mari memulai peduli dan peka terhadap lingkungan dari diri sendiri dan lingkungannya. Semoga buku-buku tesebut akan memperkaya perspektif Anda akan realitas lingkungan dewasa ini.

Selamat hari buku sedunia. Sudah membaca buku apa hari ini?

KLIK INI:  Ketika Rayap Menginspirasi Peneliti untuk Hemat Energi dan Cerdas Iklim