TN Bantimurung Bulusaraung Sah jadi ASEAN Heritage Park

Publish by -13 kali dilihat
Penulis: Redaksi
TN Bantimurung Bulusaraung Sah sebagai ASEAN Heritage Park
TN Bantimurung, Maros/foto-Ist

TN Bantimurung surga bagi kupu-kupu mewarnai alam dengan coraknya yang memukau

Klikhijau.com – Taman Nasional (TN) Bantimurung Bulusaraung yang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ditetapkan sebagai ASEAN Heritage Park (AHP).

Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Yusak Mangetan menerima piagam deklarasi sebagai ASEAN Heritage Park pada acara Sixth ASEAN Heritage Park Conference yang diselenggarakan di Laos, 21-25 Oktober 2019.

Penyerahan diberikan langsung oleh Executive Director of ASEAN Centre for Biodiversity, Dr. Theresa Mundita S. Lim kepada Kepala Balai TN Babul, Yusak Mangetan yang didampingi Nurhidayah, local community dari Desa Pattanyamang, Maros.

Pada acara ini, Yusak juga berkesempatan menyampaikan materi pada salah satu sesi seminar dengan tema Ecotourism: Bisnis and Conservation.

KLIK INI:  Spirit Menanam di Hari Hutan Menggema Hingga di Lapas Maros

Pihak penyelenggara juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi anggota AHP yang berasal dari 6 negara ASEAN.

Pada sesi yang lainnya juga digelar Cultural Night yang berlangsung di Champasak Grand Hotel Laos, dengan menampilkan pakaian adat dan budaya negara masing-masing.

Pada akhir sesi acara, anggota baru AHP mendapat piagam deklarasi, termasuk TN Bantimurung Bulusaraung. Piagam ini juga meresmikan bahwa Balai TN Bantimurung Bulusaraung bergabung dalam AHP.(*)

KLIK INI:  Lancipan Maros, Teknologi Pertama Manusia Prasejarah

TN Bantimurung memiliki berbagai keunikan, yaitu karst, goa-goa dengan stalaktit dan stalakmit yang indah, dan yang paling dikenal yakni kupu-kupu. Bantimurung oleh Alfred Russel Wallace dijuluki sebagai The Kingdom of Butterfly atau kerajaan kupu-kupu.

Bukan hanya itu, juga merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang menyuguhkan wisata alam berupa lembah bukit kapur yang curam dengan vegetasi tropis, air terjun, dan gua yang merupakan habitat beragam spesies termasuk tentu saja kupu-kupu.

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung atau TN Babul memiliki luas lebih kurang 43.750 hektare. Secara administrasi pemerintahan, kawasan taman nasional itu terletak di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

KLIK INI:  Gelar Aksi Bersih, Balai TN Bantimurung Bulusaraung Kumpulkan 10 Ton Sampah

 

Editor: Idris Makkatutu
Sumber: KLHK

KLIK Pilihan!