Tak Sekadar Diseruput, Ini 5 Pemanfaatan Lain dari Biji Kopi yang Jarang Dibahas!

oleh -43 kali dilihat
Tak Sekadar Diseruput, Ini 5 Pemanfaatan Lain dari Biji Kopi yang Jarang Dibahas!
Biji kopi Topidi milik Wahyudin Halim di Makassar - Foto/dok. Wahyudin
Azwar Radhif

Klikhijau.com – Mendengar kata kopi, lazimnya di benak kita secara refleks akan langsung membayangkan cita rasa pekatnya segelas kopi hitam yang kerap kali menjadi candu bagi penikmatnya.

Rasa-rasanya, nyaris sedikit sekali pembicaraan di tongkrongan yang tak menikmati seruput kopi hitam dengan aroma biji kopinya yang khas.

Banyaknya berdiri warung-warung kopi di Kota-kota seperti Makassar menjadi salah satu bukti bahwa konsumsi kopi kian populer bagi masyarakat Indonesia.

Di dataran Selatan Sulawesi sendiri, ada banyak daerah dataran tinggi yang menjadi penghasil biji kopi utama bagi masyarakat Sulsel umumnya, hingga dibawa ke luar negeri. Meski begitu, nampaknya kopi Toraja telah menjadi ciri khas yang melekat bagi identitas Sulsel.

Namun, jauh sebelum itu, tanaman kopi telah dikenal sejak abad ke-13 di Ethiopia, Afrika. Mulanya tanaman kopi kurang populer sebelum dimanfaatkan untuk bahan baku minuman kopi.

Sejak itu hingga beberapa abad berlalu, kopi telah berjasa bagi lahirnya berbagai pemikiran dan inovasi-inovasi untuk peradaban manusia dan bumi.

Tak hanya itu, dengan berbagai kandungan berkhasiat, tanaman kopi telah membantu manusia memudahkan berbagai urusannya.

Kini, berkat penelitian mendalam terkait pemanfaatan biji kopi, telah ditemukan beberapa jenis pemanfaatan biji kopi selain untuk diminum. Setidaknya ada 5 cara pemanfaatan biji kopi yang dirangkum dari berbagai informasi, diantaranya;

KLIK INI:  Masker Ramah Lingkungan dari Bubuk Kopi
  1. Menghitamkan warna rambut

Biji Kopi bisa dimanfaatkan untuk menghitamkan warna rambut kalian. Caranya cukup mudah, bagi yang memiliki kopi dark-roast (sanggrai gosong) bisa dicampurkan dengan kondisioner rambut berjenis leave-in.

Mulanya, biji kopi diseduh terlebih dahulu. Setelah itu, campurkan dengan kondisioner leave in. Oleskan campuran tadi pada rambut bersih yang lembab.

Setelah itu, diamkan selama 1 jam untuk kemudian dibilas hingga bersih. Lakukan hal yang sama secara berulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Melunakkan daging

Punya daging yang hendak dimasak tapi masih keras? Jangan khawatir, kopi mampu membantu melunakkan daging dalam jangka waktu 1 hari.

Caranya cukup rendamkan daging yang ingin dimasak kedalam seduhan kopi. Diamkan selama 24 jam untuk hasil yang baik. Cairan Kopi akan meresap masuk kedalam sela daging dan mampu melunakkannya. Selain itu, rendaman kopi juga mampu menambah aroma daging lebih sedap.

KLIK INI:  Fakta di Balik Kandungan Warna Hijau dan Lainnya pada Buah dan Sayur
  1. Mengusir serangga

Hidup dikeliingi serangga-serangga penganggu tentu hal yang tak mengenakan. Terlebih lagi bila serangga-serangga yang berasal dari tempat kotor ini membawa kuman dan penyakit.

Untuk mengatasinya, seringkali kita memilih menggunakan bahan penyemprot kimia anti serangga yang bisa saja membawa manfaat kurang baik bagi tubuh manusia.

Jangan khawatir, ternyata biji kopi juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir berbagai jenis serangga yang kerap menggangu keharmonisan keluarga. Caranya cukup dengan menaburkan biji kopi di sekitar tempat yang kerap didatangi serangga.

Aroma biji kopi yang pekat tak begitu disukai serangga. Karena itu, biji kopi juga kerap digunakan sebagai pestisida alternatif bagi tanaman.

  1. Menyuburkan tanaman

Kopi sebagaimana ampas dari hasil konsumsi organik manusia juga memiliki manfaat untuk digunakan sebagai pupuk. Biji kopi sisa seduhan selain dimanfaatkan untuk pesitisida juga bisa dijadikan pupuk organik bagi tanaman.

KLIK INI:  Perkuat Imunitas, Kementan Sarankan Konsumsi Ubi Ungu, Simak Ulasannya!

Caranya cukup keringkan ampas kopi beberapa waktu. Kemudian campurkan dengan sisa makanan seperti sampah sayuran, cangkang telur dan roti. Ampas kopi yang ditaburkan diatas permukaan tanah juga bisa menyuburkan unsur hara tanah.

Meski begitu, penggunaan ampas kopi sebagai pupuk organik harus dilakukan dengan teliti dan atas pertimbangan ilmiah. Sebab, terkadang biji kopi bisa merusak kesuburan tanaman jika dipergunakan belum pada saatnya.

  1. Masker wajah

Beberapa waktu belakangan ini, tren penggunaan skincare begitu besar khususnya di kalangan perempuan. Karena itu, inovasi terbaru lahir untuk memanfaatkan biji kopi sebagai salah satu bahan masker wajah.

Selain karena kafeinnya, biji kopi dipilih karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Untuk jenis kopi, kopi robusta menjadi pilihan utama karena kandungan kafeinnya dua kali lipat lebih banyak daripada kopi arabika.

Biji kopi yang digunakan berasal dari kopi segar, bukan ampas kopi. Cara penggunaannya dengan mencampurkan biji kopi dengan berbagai bahan alami seperti madu, yogurt ataupun garam halus. Kedua bahan ini dicampur kemudian dioleskan pada wajah.

Biji kopi dipercaya mampu membantu mengangkat lapisan kulit mati pada wajah, mengusir mata panda dan mengurangi resiko kanker kulit. Meski begitu, penggunaan masker kopi secara otodidak perlu kehati-hatian, terkhusus pada jenis kulit wajah yang sensitif.

KLIK INI:  Inilah Manusia-Manusia Pemakan ‘Sampah’ dan Makanan Sisa