Selain Sehat dan Ramah Lingkungan, Ini 9 Manfaat Bersepeda Menurut Penelitian!

oleh -199 kali dilihat
Ini 9 Tips Sederhana Bersepeda Sembari Membawa Pesan Edukasi Lingkungan!
Seorang bikers bernama Ahmad Irfan sedang bersepeda di alam - Foto/AI
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Manfaat bersepeda dapat diperoleh setiap saat semudah mengayuh kaki. Wajar saja bila tren bersepeda begitu meningkat di era kenormalan baru atau new normal ditandai dengan semangat baru alias #NewNormalNewSpirit.

Melansir sejumlah media online, toko-toko sepeda di kota-kota besar diserbu pembeli. Ini pertanda bahwa masyarakat antusias untuk menikmati naik sepeda di masa pandemi.

Selain untuk olahraga dan mengusir kebosanan, bersepeda memang menjanjikan sensasi tersendiri. Bersepeda juga sudah pasti ramah lingkungan dan lebih sehat.

Untuk mengetahui lebih lebih detail manfaat bersepeda bagi Kesehatan, simak ulasan sejumlah studi berikut ini!

KLIK INI:  Corona Ubah Perilaku Berkendara Warga Filipina Jadi Ramah Lingkungan
#Membantu menjaga berat badan tetap sehat

Menurut sebuah studi dari Archives of Internal Medicine, bersepeda dapat membantu dengan memelihara berat badan tetap sehat dalam waktu lama. Bahkan, wanita yang bersepeda selama empat jam seminggu, lebih sedikit kemungkinanya untuk mendapatkan berat badan selama 16 tahun ketimbang wanita yang tak berolahraga.

#Menurunkan risiko penyakit jantung

Menurut studi dari British Medical Association, bersepeda secara teratur bisa meningkatkan kesehatan jantung. Wanita yang bersepeda 20 mil seminggu bisa memotong risiko penyakit jantung hingga 50 persen.

#Meningkatkan mood.

Sebuah survei yang dilakukan Portland State University,  menunjukkan bahwa pekerja yang bersepeda ke kantor memiliki mood yang lebih baik. Bahkan lebih tinggi dibanding bekerja berjalan kaki.

KLIK INI:  4 Jenis Anthurium yang Sedang Naik Daun dengan Harga Jutaan
#Baik untuk ibu hamil

Menurut para ilmuwan dari Universitas Michigan (Amerika Serikat), wanita hamil yang rutin berolahraga akan mengalami masa kehamilan serta persalinan yang lebih mudah, dibanding yang tidak.

Namun agar manfaat bersepeda di atas dapat dipetik secara maksimal, maka posisi dan postur tubuh ketika duduk di atas sadel juga harus benar. Postur salah dapat menimbulkan beragam masalah, begitu pula dengan ukuran sepedanya.

Posisi sadel yang pas memampukan kaki tetap lurus atau sedikit tertekuk saat mengayuh titik terendah pedal sepeda. Anda bisa meminta bantuan penjual sepeda yang berpengalaman untuk masalah ini.

#Menurunkan risiko kanker payudara

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Epidemiology, wanita yang berjalan atau bersepeda lebih dari 30 menit ke kantornya memiliki risiko sedikit lebih rendah terkena kanker payudara, ketimbang mereka yang naik kendaraan.

KLIK INI:  Deretan Rutinitas Sederhana dari Rumah yang Ramah Lingkungan
#Membantu mencegah penyakit

Sebuah Analisa yang iterbitkan pada jurnal Preventive Medicine menemukan, orang yang menerapkan bike to work biasanya lebih sedikit untuk jatuh sakit. Terlebih lagi, para bikers dalam penelitian ini juga memiliki kesehatan yang baik sehingga hasilnya mereka hanya mengalami sedikit keluhan.

# Menjauhkan insomnia

Bila Anda kerap terserang imsomnia, bersepeda adalah satu cara menyingkirkannya. Studi yang dilakukan Stanford University School of Medicine menemukan, orang yang terbiasa bersepeda tak hanya dapat terlelap 50% lebih cepat, namun waktu tidurnya juga menjadi lebih lama 1 jam.

“Bersepedalah di pagi hari, saat matahari masih belum terlalu terik. Ini dapat membantu jam biologis, kembali normal serta menyingkirkan hormone kortisol yang dapat menyebabkan insomnia,” ujar profesor Jim Horne dari Loughborough University’s Sleep Research Centre.

# Meningkatkan kehidupan seksual

Aktif secara fisik dapat meningkatkan kesehatan vaskular yang berpengaruh pada libido seseorang, demikian hasil penemuan Cornell University.

# Membuat awet muda

Para ahli dari universitas Stanford mendapati bersepeda secara teratur bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan gejala penuaan dini. “Meningkatnya sirkulasi darah saat bersepeda membuat oksigen dan nutrisi lain tersalurkan dengan baik ke sel kulit. Sementara berkeringat dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh,” ujar Dr Christopher Rowland Payne, dermatologis dari Harley Street.

Demikianlah manfaat bersepeda menurut sejumlah penelitian. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, baca tips bersepeda yang benar menurut Ahli DI SINI!

KLIK INI:  Sederet Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipanaskan Ulang