Manfaat Minum Infused Water bagi Kesehatan

oleh -91 kali dilihat
Manfaat Minum Infused Water bagi Kesehatan
Ilustrasi - Foto: Pixabay

Klikhijau.com – Pernahkah kamu melihat ada seseorang yang membawa sebotol air minum yang berisi irisan buah? Minuman semacam itu dinamai infused water.

Selain diyakini sebagai minuman sehat nan menyegarkan, Infused water ternyata memiliki ragam manfaat. Khasiat paling familiar pada minuman ini adalah untuk diet sehat dan membantu detoks tubuh. Secara umum minuman ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Artikel ini akan membahas beberapa manfaat Infused water yang penting diketahui. Hal ini penting agar kita dapat memulai gaya hidup sehat yang terbilang murah dan simpel ini.

Apa itu infused water?

Jadi, Infused water adalah air mineral yang dicampurkan dengan irisan buah-buahan segar, sayuran, herbal, bahkan rempah-rempah.

Sejatinya, tak ada bahan dasar khusus untuk membuat Infused water. Pilihan segala bahannya dapat disesuaikan dengan ketersediaan dan buah kesukaan.

KLIK INI:  Mengintip Desa yang Melawan Kerusakan Alam dengan Transisi Energi Biogas

Campuran air dan irisan buah segar lalu disimpan dalam botol, lalu ditaruh dalam lemari es setidaknya 1 – 12 jam. Tujuannya agar sari buah atau rempah dapat keluar seutuhnya.

Setelah didiamkan beberapa saat, potongan buah atau sayuran akan menjadi lembek. Karenanya, Infused water diyakini sebagai minuman yang lebih sehat dari sekadar air putih biasa. Banyak orang yang mengonsumsi minuman ini saat menjalani intensitas berolahrga yang tinggi demi memanen kandungan vitamin dan mineralnya.

Ragam manfaat infused water

Lalu, apa saja manfaat konsumsi Infused water? Dikutip dari Hellosehat, berikut ini beberapa manfaatnya yang menarik diketahui:

1. Membantu menjaga berat badan

Buah paling umum sebagai bahan utama Infused water adalah lemon. Buah satu ini sangat efektif untuk orang yang sedang menjalani diet sehat.

Dengan konsumsi lemon secara rutin dapat membantu mengurangi asupan kalori harian Anda. Cara kerjanya seperti air yang membuat Anda cepat kenyang sehingga tidak makan secara berlebihan.

KLIK INI:  Ziarah Plastik, Tradisi Baru Saat Lebaran

Jadi, infused water yang mengandung lemon akan lebih sehat ketimbang kopi atau teh. Hal itu karena air lemon mengandung vitamin dan mineral serta tidak mengandung gula tambahan.

2. Mencegah penuaan dini

Infused water sangat kaya manfaat bagi kesehatan kulit bahkan dapat mencegah penuaan dini. Hal itu karena jenis buah yang kerap dipakai sebagai bahan utamanya sangat kaya antioksidan dan vitamin C semisal jeruk, kiri, apel dan lainnya.

Vitamin C membantu tubuh memproduksi lebih banyak kolagen, yakni protein penting yang menyusun dan mempertahankan jaringan kulit Anda. Sedangkan antioksidan dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang bersumber dari lingkungan.

Asupan vitamin C dan antioksidan yang memadai akan membuat kulit menjadi lebih kencang dan lembap.

3. Membantu membuang racun dalam tubuh

Banyak orang meyakini bahwa infused water dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Sejatinya, tubuh Anda sebenarnya mampu membuang racun sendiri.

KLIK INI:  Tips Menjalani Skin Minimalism, Rahasia Rawat Kulit dan Bumi
 

Infused water sebenarnya tidak mendetoks tubuh, tapi minuman ini bisa membuat Anda minum lebih banyak air. Asupan air yang cukup akan meringankan kerja ginjal. Dengan kata lain, Anda mempermudah proses pembuangan racun dari tubuh.

 4. Alternatif untuk orang yang tidak suka air putih

Anda memerlukan asupan air yang cukup untuk menjaga kelangsungan berbagai fungsi tubuh. Itu sebabnya Anda perlu minum sedikitnya  delapan gelas air putih sehari.

Infused water adalah opsi menarik dan menyenangkan bagi Anda yang mungkin agak malas minum air putih. Sensasinya yang menyegarkan tanpa rasa manis berlebihan akan membantu Anda minum lebih banyak.

Selain itu, racikan ini bisa menjadi opsi yang lebih sehat untuk Anda yang terbiasa minum minuman manis sebagai pengganti air putih.

KLIK INI:  6 Kebiasaan Baik di Pagi Hari Untuk Hidup Sehat dan Ramah Lingkungan

5. Mendapatkan asupan vitamin

Dengan mengolah jeruk nipis, seledri, apel atau bahan lainnya menjadi infused water, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat bahan-bahan tersebut tanpa perlu memakannya langsung. Apalagi, rasa infused water tidak sekuat bahan-bahan utamanya.

Anda tetap mendapatkan kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks pada buah-buahan yang biasanya hilang karena larut dalam air. Sebaliknya, vitamin justru akan keluar dari buah dan larut dalam infused water yang Anda minum.

6. Membantu melancarkan kerja pencernaan

Infused water menyediakan asupan air yang diperlukan sistem pencernaan. Hal ini sangat baik untuk kesehatan usus besar agar terhindar dari risiko sembelit.

Tak hanya itu, kandungan vitamin B kompleks pada buah-buahan dan sayuran turut membantu proses pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak dari makanan. Nutrisi ini tentu dapat melancarkan kinerja usus dalam mencerna makanan.

Infused water memang memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, khasiat ini tidak lebih dari membuat Anda lebih sering minum air serta membantu Anda mendapatkan vitamin dari bagian sayur dan buah yang tidak dapat dimakan langsung.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat suatu buah atau sayuran, opsi terbaik yang bisa Anda lakukan yakni mengonsumsinya secara utuh. Dengan begitu, Anda mendapatkan asupan vitamin, mineral, serta serat yang tidak ada dalam infused water.

Itulah manfaat Infused water yang menarik diketahui, selamat mencoba!

KLIK INI:  Melihat Sisi Positif Undangan Pernikahan Online terhadap Lingkungan