Ini Buah dan Sayur yang Bisa Menggantikan Air Minum dan Atasi Kelelahan

oleh -714 kali dilihat
Ini Buah dan Sayur yang Bisa Menggantikan Air Minum dan Atasi Kelelahan
Buah dan sayur
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Pernah dengar kalimat “minumlah air sedikitnya delapan gelas perhari”? Saya sendiri pernah mencobanya tetapi tidak pernah sampai delapan gelas. Padahal tubuh butuh asupan air yang banyak.

Lisa Drayer, seorang ahli gizi seperti dilansir dari Cnn.com, sekitar 20% dari asupan H2O harian berasal dari makanan padat, terutama buah-buahan dan sayuran. Dengan mengongsumsi buah dan sayuran ini, Anda tidak perlu minum air minimal delapan gelas per harinya.

Air yang dibutuhkan oleh tubuh jika tercukupi, dapat membantu mencegah kelelahan, menjaga lapar dan meningkatkan metabolisme.

“Ini membuat tubuh Anda berjalan efisien, memungkinkannya bekerja lebih baik, bukan lebih keras,” kata Caroline Passerrello, seorang ahli diet dan juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diet sebagaimana dilansir Cnn.com.

KLIK INI:  Ayo, Kenali Buah yang Disebutkan dalam Alquran Beserta Kasiatnya!

Nah, inilah buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air.

  • Buah belimbing

1-Buah-belimbing-Ini Buah dan Sayur yang Bisa Menggantikan Air Minum dan Atasi Kelelahan

Buah tropis ini, juga dikenal sebagai carambola. Dengan rasa varietas manis dan asam, serta memiliki tekstur juicy mirip dengan nanas.

Belimbing yang mengandung 91,4 persen ini kaya akan antioksidan, terutama epicatechin, senyawa yang menyehatkan jantung.

Tetapi jika Anda mengalami masalah dengan ginjal, Anda harus menghindari belimbing karena tingginya kadar asam oksalat di dalamnya.

  • Tomat

2-Tomat-Ini Buah dan Sayur yang Bisa Menggantikan Air Minum dan Atasi Kelelahan

Untuk kadar gula, buah ini memang dikenal berada di level terendah. Namun, untuk kandungan air, tomat ada pada peringkat satu, yakni 97 persen.

  • Mentimun

4-Semangka-Foto-nusantaranews.co

Sayuran musim panas ini memiliki kandungan air yang tinggi. Percaya atau tidak, semangkuk irisan mentimun ternyata sama dengan segelas air!

KLIK INI:  7 Manfaat Istimewa Buah Jamblang, Poin Terakhir Paling Ajaib

Tidak hanya mengandung vitamin C, mentimun memang kaya serat dengan kandungan air 95 persen. Kandungan airnya yang banyak dapat membantu tubuh agar tidk dehidrasi.

  • Semangka

4-Semangka-Foto-doktersehat.com

Saat udara panas, semangka selalu dapat menyegarkan dahaga. Buah ini mengandung 91,5 persen air dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari pengaruh buruk radikal bebas.

Semangka kaya akan likopen, antioksidan penangkal kanker seperti yang ditemukan dalam buah dan sayuran merah. Faktanya, semangka mengandung sekitar 12 miligram likopen per irisan.

  • Bayam

5-Bayam-Foto-tokopedia

Bayam memiliki kandungan air sebesar 91,4 persern. Mengonsumsi bayam dapat memberikan hidrasi built-in yang banyak dengan tambahan nutrisi.

Bayam kaya akan lutein, potasium, serat, dan folat untuk otak. Secangkir daun bayam mentah mengandung 15% dari asupan vitamin E harian Anda. Antioksidan yang dikandungnya sangat penting untuk melawan molekul perusak yang dikenal sebagai radikal bebas.

  • Strawberry

6-Strawberry-Foto-YuriyS Getty-Images-iStockphoto

Siapa sangka buah masam ini merupakan salah satu sumber air yang baik untuk tubuh. Satu buah strawberry mengandung 91 persen air, sedangkan segenggam strawberry dapat mengatasi rasa haus saat tak memiliki air untuk diminum.

  • Nanas

7-Nanas-Foto-mastah.org

Buah tropis berwarna kuning ini memiliki kandungan air 90 persen. Nanas kaya akan kandungan mineral, seperti kalium, kalsium, iodium, sulfur, dan khlor.

  • Jeruk

8-Jeruk-Foto-beritagar.id

Memang menyenangkan menikmati segelas jus jeruk di tengah cuaca panas. Di dalamnya terkandung 85-90 persen air dan vitamin C. Jeruk juga mengandung betakaroten penghasil vitamin A yang baik untuk mata.

KLIK INI:  Walau Dikenal Berkolesterol Tinggi, Ini Manfaat Istimewa Daging Kepiting