Jangan Main Ponsel Saat Jam Istirahat, Pekerjaan Bisa Terganggu

oleh -578 kali dilihat
Jangan Main HP Saat Jam Istirahat, Pekerjaan Anda Bisa Terganggu
Ilustrasi bermain HP saat jam istirahat/Foto-1health.id

Klikhijau.com – Penggunaan handphone saat bekerja akan membuat waktu terbuang percuma. Begitulah pengetahuan kebanyakan orang, iya kan?

Untuk itu, tak sedikit yang menyiasatinya dengan memanfaatkan jam istirahat untuk berselancar lewat ponselnya.

Ternyata, bermain handphone di jam istirahat kerja juga tak efisien dan berdampak sama. Hal tersebut ditemukan dalam penelitian terbaru yang menunjukan hasil mengejutkan.

Arie Dwi Budiawati menuliskan hasil temuan itu dilaman Dream.co.id. Temuan tersebut berasal dari sebuah studi yang dilakukan Rutgers University, New Jersey, Amerika Serikat.

KLIK INI:  Disengat Tawon Vespa Affinis? Begini Cara Menanganinya!

Peneliti menemukan bahwa bermain smartphone saat liburan atau pun di jam istirahat, malah membuat otak tidak bisa beristirahat.

Dalam kajian yang diterbitkan di Journal of Behaviours, tim peneliti membagi responden ke dalam dua grup. Setiap grup yang berisi 42 mahasiswa Rutgers diminta untuk menyelesaikan puzzle untuk membentuk kata-kata.

Saat menjalankan tugas, grup ini terbagi lagi menjadi tiga grup. Ada grup yang beristirahat dengan bermain ponsel untuk berbelanja online dan ada grup berbelanja melalui komputer.

Sementara grup terakhir diminta tidak beristirahat sama sekali.

Hasilnya, grup yang bermain smartphone menyelesaikan puzzle 19 persen lebih lama dan merampungkan masalah 22 persen lebih sedikit daripada dua grup lainnya.

Rekan penulis jurnal, Terri Kurtzberg, mengatakan masyarakat telah terbiasa menggunakan smartphone, baik saat mengerjakan tugas maupun beristirahat.

Peneliti berasumsi, tak ada bedanya dengan istirahat yang satu dengan lainnya. Tapi, ponsel bisa meningkatkan level distraksi yang membuat orang sulit kembali fokus kepada tugasnya.

Peneliti juga percaya bahwa gawai menjadi candu dan sering dimainkan oleh orang-orang meski ketika sedang beristirahat.

Konsentrasi orang akan terganggu dengan melihat notifikasi dan melihat informasi dan berita yang terus mengalir.

KLIK INI:  Bermain Gawai Membuat Mual di Mobil Saat Perjalanan? Ini Kata Medis