10 Penyebab Tanaman Outdoor Menguning Plus Cara Mengatasinya

oleh -327 kali dilihat
10 Penyebab Tanaman Outdoor Menguning Plus Cara Mengatasinya
Jalil (30), pedagang tanaman hias di Makassar - Foto/AYL

Klikhijau.com – Tanaman outdoor (luar ruangan) umumnya memang lebih kuat pada segala iklim. Namun, pengalaman menjumpai dedaun tanaman menguning tak jarang mencemaskan pegiat tanaman.

Secara umum, dedaun tanaman outdoor yang mengalami masalah kerap dikaitkan dengan klorolis atau kurangnya klorofil yang diproduksi oleh dedaunan.

Pigmen ini penting untuk fotosintesis dan memberi warna hijau pada daun. Ada beberapa alasan mengapa klorosis bisa terjadi. Daun yang menguning juga bisa disebabkan oleh hama dan penyakit, atau bisa juga sebagai tanda proses penuaan yang normal pada suatu tanaman.

Dikutip dari Spurce, berikut beberapa penyebab lainnya yang memicu  dedaun tanaman outdoor Anda menguning:

KLIK INI:  Cara Menanam dan Budi Daya Kencur agar Tumbuh Baik dan Optimal
  1. Kurangnya akses cahaya

Cahaya sangat penting untuk proses fotosintesis, sehingga jika tanaman tidak mendapatkan akses sinar matahari yang memadai akan membuat daunnya tampak pudar.

Karena itulah, disarankan untuk memahami karakteristik dan situasi yang sedang dialami tanaman.

Untuk tanaman pot misalnya, obatnya bisa semudah memindahkannya ke tempat yang lebih cerah. Jika tanaman outdoor Anda berdekatan dengan pepohonan yang agak rindang, tentu perlu memangkasnya agar tumbuhan di sekitarnya tidak dinaungi.

  1. Kekurangan air

Dedaun menguning boleh jadi satu tanda bahwa tanaman membutuhkan air. Situasi ini kerap terjadi saat musim kemarau. Anda mungkin perlu memberi atensi pada penyiraman yang cukup pada tanaman yang mengalami gejala dedaun menguning.

Siram tanaman secara perlahan dan dalam dan ulangi seperlunya agar tanah tetap lembab.

KLIK INI:  Cara Membuat Taman Rumah Berkelanjutan dengan 3 Pertanyaan
  1. Kelebihan air

Tak hanya karena kekurangan air, tanaman yang kelebihan air juga dapat memicu gejala daun menguning. Tanah dengan drainase yang buruk, seperti tanah liat, dapat menjadi padat dan tergenang air saat hujan, dan ini mematikan oksigen. Di lingkungan ini, akar tanaman tidak bisa bernafas atau, lebih parah lagi, rusak atau padat, yang semuanya menyebabkan daun dan batang menguning dan coklat.

Jangan menanam di tempat dengan drainase yang buruk atau mengubah tanah sebelum menanam. Untuk tanaman sayur, disarankan meninggikan tanah.

  1. Kekurangan nutrisi

Nitrogen sering kali dianggap sebagai nutrisi pertama yang muncul dalam benak kita saat daun tanaman menguning, tetapi itu bukan satu-satunya. Menguningnya daun juga dapat menunjukkan bahwa tanah kekurangan nutrisi lain seperti zat besi, mangan, atau seng.

Sementara pola perkembangan daun yang menguning dapat memberikan petunjuk kepada mata yang terlatih tentang nutrisi mana yang mungkin kurang. Cara yang paling dapat diandalkan adalah melakukan uji tanah. Ini akan memberikan informasi yang tepat tentang kandungan nutrisi dan tambahan nutrisi yang perlu Anda buat.

KLIK INI:  Bagaimana Pengaruh Sinar Matahari terhadap Warna Daun Tanaman?
  1. pH tanah terlalu tinggi

Daun menguning juga bisa dipicu oleh tanah yang terlalu basah. Tanah alkalin berhubungan langsung dengan defisiensi unsur hara. Di tanah dengan pH di atas 7, zat besi kurang larut dan karenanya kurang tersedia.

Itulah sebabnya tanaman dengan kebutuhan zat besi yang tinggi, seperti blueberry, rhododendron, dan azalea, membutuhkan tanah asam yang dapat menyerap zat besi yang cukup.

Kombinasikan uji tanah dengan uji pH. Dengan demikian Anda dapat menambahkan nutrisi apa pun yang dibutuhkan dan sekaligus menurunkan pH dengan menambahkan belerang agar nutrisi tersebut lebih tersedia bagi tanaman.

  1. Kelebihan pupuk

Jika daun terlihat terbakar atau hangus, itu juga bisa menunjukkan bahwa Anda telah memberi pupuk secara berlebihan.

Kerusakan dapat terjadi dalam dua cara: ketika garam larut dalam pupuk menarik uap air dari akar, atau ketika butiran pupuk atau pupuk cair tumpah ke daun.

Tidak semua tanaman sama-sama sensitif terhadap pembakaran pupuk daun, dan cuaca panas dan kering meningkatkan kerusakan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, jika menggunakan pupuk granular, pastikan untuk menyirami tanaman segera setelah itu, dan tidak ada butiran yang menumpuk di dedaunan. Atau gunakan pupuk organik lepas lambat, yang konsentrasinya lebih rendah dibandingkan pupuk anorganik.

KLIK INI:  5 Cara Sederhana Persemaian dan Tanam Porang dengan Bulbil
  1. Pembakaran pestisida atau herbisida

Saat Anda menyemprotkan pestisida atau insektisida pada suhu di atas 85 derajat F, dalam kelembapan tinggi, atau pada hari yang mendung, daun dapat dengan mudah terbakar. Hal yang sama terjadi ketika Anda menyemprot tanaman yang sudah stres oleh kekeringan, embun beku, hama, atau penyakit.

Setelah kerusakan terjadi, tidak banyak yang bisa dilakukan selain membuang bagian tanaman yang terkena.

Terlepas dari apakah Anda menyemprotkan pestisida organik atau anorganik, seperti sabun insektisida, pilih hari yang kering, sejuk, dan tenang— ini adalah kondisi di mana pestisida akan cepat kering pada tanaman, dan uapnya tidak akan terbawa arus. terhadap udara panas dan angin.

  1. Penyakit jamur atau bakteri

Jika Anda menanam tomat, serangan paling umum terjadi adalah daun kuning dan akhirnya membunuh tanaman. Kejadian ini disebabkan oleh jamur atau bakteri.

Untuk menghindari penyakit ini, pilih varietas tahan hama dan praktikkan kebersihan kebun yang baik.

KLIK INI:  Tips Merawat Tanaman Saat Liburan
  1. Kerusakan serangga

Kerusakan dari beberapa serangga dapat menyebabkan daun menguning, terutama pada sayuran. Penyebab umum adalah serangga harlequin, tungau, laba-laba, serangga, dan lalat putih.

Meskipun mereka tidak selalu membunuh tanaman, sangat penting untuk memantau kebun sayur Anda sehingga Anda dapat melihat infestasi lebih awal dan mengambil tindakan pengendalian yang tepat sebelum menyebar.

  1. Penuaan normal

Daun menguning dan rontok, terutama daun tua di bagian bawah tanaman, dapat menjadi bagian dari proses penuaan dedaunan.

Itu semua tergantung pada frekuensi dan jumlah daun, tetapi beberapa daun kuning sesekali pada tanaman dewasa biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Demikianlah 10 penyebab dedaun tanaman outdoor Anda menguning plus cara mengatasinya, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Jangan Asal Semprot, Begini Dampak Penggunaan Pestisida pada Lingkungan dan Manusia