Bagaimana Pengaruh Sinar Matahari terhadap Warna Daun Tanaman?

oleh -15.701 kali dilihat
euphorbia
Bunga euphorbia - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Bagaimana pengaruh sinar matahari pada warna daun tanaman? Seperti diketahui bahwa tanaman sangat membutuhkan cahaya. Tanaman akan merespons cahaya atau disebut dengan proses fotomorfogenesis.

Cahaya memicu terjadinya reaksi fotosintesis yang kemudian menghasilkan energi terjadi di daun tanaman. Reaksi ini membutuhkan CO₂ (karbon dioksida) untuk diserap daun dalam jumlah yang banyak dan tetap.

Reaksi ini pula menghasilkan O₂ (oksigen) dalam jumlah yang sama yang harus dikeluarkan dari daun. Pengaturan pertukaran ini terjadi melalui lubang khusus, atau stomata di dalam daun.

Tanaman memerlukan energi yang disimpan dalam ikatan kimia. Dengan fotosintesis, tanaman akan mengubah energi matahari menjadi energi kimia yang disimpan berbentuk molekul gula kompleks.

KLIK INI:  Bagaimana Pengaruh Suhu Terhadap Pertumbuhan Tanaman?

Tanaman memiliki beragam warna pada bagian-bagiannya tergantung jenis dan jumlah pigmen yang ada. Warna hijau daun disebabkan suatu senyawa yang peka terhadap cahaya yang terdapat dalam sel-sel khusus yang biasa disebut kloroplas.

Pada uji coba kali ini, kita akan menentukan bagaimana pigmen warna dalam daun dipengaruhi oleh sinar matahari. Untuk mengetahuinya, kita akan memisahkan pigmen agar bisa diidentifikasi melalui proses yang disebut kromatografi yaitu pemisahan bahan-bahan campuran yang telah menjadi satu melalui perbedaan daya serap saat melewati bahan penyerap.

Percobaan dimulai
sinar matahari
Chloroplast (borderless version)
Kloroplas adalah bagian dari plastid yang mengandung klorofil – Foto/Aksiografi

Memulai percobaan dengan menyiapkan bahan-bahan dan peralatan. Bahan dan peralatan yang digunakan sebaiknya yang ada di sekitar lingkungan kita. Misalnya jenis tanaman. Ambillah tanaman bunga dalam pot yang ada di pekarangan rumah kita seperti tanaman geranium.

Bahan-Bahan

Bahan dan peralatan tidak sulit didapatkan karena ada di sekitar lingkungan kita bahkan ada dalam rumah kita yaitu:

  • Gunting
  • Tanaman geranium
  • Kertas hitam
  • Selotip
KLIK INI:  Kenalkan Kedih, Si Rambut Kelabu Tua Keperakan yang Lucu
Cara Kerja
  1. Gunakan gunting untuk memotong kertas hitam menjadi dua bagian yang cukup besar untuk membungkus daun tanaman geranium. Catatan: Kertas harus sedikit lebih besar daripada daun.
  2. Potonglah bentuk hati dimulai dari tengah salah satu potongan kertas dan gunakan bagian tepinya (bukan yang berbentuk hati).
  3. Tempatkan daun di antara kedua lembar kertas tadi, kerjakan dengan hati-hati jangan sampai merusak daun.
  4. Rekatkan kedua kertas dengan selotip di sepanjang tepi kertas (lihat Gambar 2).
  5. Ulangi cara ini pada tiga atau empat daun.
  6. Tempatkan tanaman pada tempat yang terkena sinar matahari
  7. Biarkan selama 7 hari.
  8. Bukalah kertas dengan hati-hati tanpa merusak daun.
  9. Amati bagian daun yang tertutup kertas.
Hasilnya

Pada bagian yang tertutup kertas hitam, warna daun berubah yang semula hijau tua menjadi hijau pucat, kuning, atau bahkan putih. Terdapat bentuk hati berwarna hijau tua pada bagian daun yang terkena sinar matahari.

Mengapa?

Suatu senyawa kimia yang disebut klorofil (chloro = hijau dan phyl = daun) menyebabkan daun berwarna hijau. Klorofil terdapat dalam sel khusus atau  kloroplas (tempat terjadi reaksi fotosintesis yang menghasilkan energi).

Cahaya penting untuk perkembangan klorofil. Sebelum biji yang sedang berkecambah muncul ke permukaan tanah untuk memperoleh sinar, bagian tanaman yang sedang berkembang berwarna pucat.

KLIK INI:  Kapan Waktu yang Paling Tepat Menyiram Tanaman?

Jadi, pengaruh sinar matahari terhadap perubahan warna daun menjadi faktor perkembangan klorofil.

Ini disebabkan oleh adanya struktur yang tidak berwarna yang disebut proplastidaAdanya sinar mengubah proplasfida menjadi kloroplas hijau.

Tidak adanya cahaya menyebabkan daun yang berwarna hijau gelap menjadi lebih pucat karena kloroplas berubah menjadi plastida(organell yang dibentuk dari proplastida yang biasanya mengandung pigmen-pigmen, tetapi beberapa pigmen tidak berwarna).

Kertas yang tidak tembus cahaya menutupi cahaya matahari, sehingga pada bagian-bagian yang tertutup, kloroplas berubah menjadi plastida tidak berwarna. Cahaya menyinari bagian kertas yang terpotong sehingga kloroplas tetap berwarna hijau gelap.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengaruh cahaya matahari terhadap warna daun tanaman. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Kaya Manfaat, 5 Jenis Daun Mint Ini Bisa Anda Tanam di Pekarangan