Koaksi Indonesia Luncurkan Platform GreenJobs.id, Ini Manfaatnya!

oleh -17 kali dilihat
Koaksi Indonesia Luncurkan Platform GreenJobs.id, Ini Manfaatnya!
Ilustrasi - Foto: Pixabay

Klikhijau.com – Pada acara Green Jobs Summit, Koaksi Indonesia juga meluncurkan platform greenjobs.id. Platform ini bisa diakses publik untuk mengetahui berbagai hal seputar Green Jobs dan kaitannya dengan upaya menahan laju kenaikan suhu yang kini memicu krisis iklim.

Lewat website greenjobs.id, publik bisa mempelajari serba-serbi seputar Green Jobs, memanfaatkan kanal lowongan pekerjaan hijau, dan memanfaatkan kanal yang menjadi pusat komunikasi komunitas Green Jobs.

“Koaksi mempunyai impian, yang terpikirkan melalui greenjobs.id yaitu sebuah platform untuk mencari lowongan pekerjaan, materi green jobs, dan acara terkini. Ini menjadi harapan kami, disini ada beberapa fitur yang dapat digunakan, selain itu perlu info dari sektor pemberi kerja,” jelas M. Ridwan Arif, Manajer Riset dan Pengelolaan Pengetahuan Koaksi Indonesia dalam peluncuran platform greenjobs.id.

Green Jobs Summit 2023 yang berlangsung di AONE Hotel Jakarta dihadiri 123 peserta dari 53 komunitas anak muda, sahabat disabilitas, pemerintah, pelaku usaha swasta dan akademisi.

Green Jobs Summit adalah bagian dari rangkaian acara Youth Leaders Program yang mencakup sederet kegiatan; Green Jobs Academy; Green Jobs Class (kelas online peningkatan kapasitas); Green Jobs Workshop pada 18 dan 25 November 2023, juga pada 2 dan 9 Desember 2023. Green Jobs Workshop berlangsung di sejumlah Kota seperti di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Kegiatan lain yang juga menjadi bagian Youth Leader Program adalah Green Jobs Ruang Aksi.

KLIK INI:  Menjamin Ketahan Pangan, 6 Desa di Manggarai Komitmen Kembangkan Sorgum
Sekilas Soal Koaksi Indonesia, Green Jobs dan Youth Leader Program

Sebagai organisasi yang memiliki fokus pada penguatan generasi muda melalui pengembangan simpul jejaring, Koaksi Indonesia konsisten menyuarakan informasi Green Jobs untuk meningkatkan kesadaran generasi muda di rentang usia 18 hingga 34 tahun. Penyadartahuan dilakukan melalui media sosial, pelibatan organisasi masyarakat sipil, akademisi, komunitas dan media massa. Selain itu Koaksi Indonesia juga mengembangkan platform pengetahuan.

Berbagai kampanye Green Jobs yang dikelola Koaksi Indonesia selalu menghadirkan narasi mengenai urgensi transisi energi secara positif kepada khalayak luas secara inklusif, termasuk ke kelompok generasi muda non-lingkungan dan komunitas kreatif.

Mempromosikan peluang dan penciptaan Green Jobs yang turut mendukung akselerasi transisi energi perlu dilakukan melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Pada 2022, Koaksi telah mengembangkan Youth Leaders Program untuk meningkatkan pemahaman dan penguatan penguatan keterlibatan generasi muda secara daring di empat provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Bali. Lokasi target ini dipilih sesuai hasil survei persepsi publik yang dilakukan Koaksi dan Change.org pada tahun 2019 yang menjangkau hampir 100 ribu responden di 34 provinsi.

Selain itu, pemilihan lokasi target juga dilandasi oleh adanya komitmen pemerintah daerah dalam pemanfaatan energi terbarukan, adanya kampus yang masuk dalam Green Metrix UI yang aktif berperan sebagai pusat belajar yang mendukung pembangunan hijau, serta memiliki kreasi dan inovasi anak muda yang tinggi dan berbasis budaya.

Program ini sukses menggandeng 16 organisasi – dari total 60 organisasi yang mendaftarkan diri – dengan beragam minat di lokasi target dan bergabung menjadi simpul jejaring komunitas muda atau Green Jobs Youth Hub. Mereka mendapatkan kesempatan mengikuti kelas pembelajaran

“Green Jobs Academy” dan “Green Jobs Class” dengan para narasumber mumpuni tentang Green Jobs dan kampanye digital yang kreatif. Pada akhir masa pembelajaran, semua organisasi mendapatkan dua dukungan untuk memobilisasi komunitasnya melakukan kampanye digital untuk mempromosikan Green Jobs.

KLIK INI:  Memandang Indonesia dari Puncak Celebes ala Opab Gempa Makassar

Jelang penutup tahun 2023, Green Jobs Summit menjadi konferensi para muda dan juga forum multipihak untuk menggali potensi Green Jobs yang dikaitkan dengan bonus demografi Indonesia. Green Jobs Summit berupaya mendorong partisipasi berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, swasta, organisasi masyarakat sipil, akademisi, serta komunitas muda, termasuk komunitas inklusif.

Hal ini untuk memastikan penyelarasan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menciptakan dan mempertahankan pekerjaan yang mendukung keberlanjutan lingkungan, serta mempromosikan inovasi dan solusi yang dapat mengurangi dampak negatif terhadap ekosistem.

Belajar dari kegiatan Green Jobs Workshop yang telah terselenggara di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, mempertemukan organisasi/komunitas muda dengan pemerintah, sektor swasta, dan akademis jelas menjadi momentum langka dan berharga.

Green Jobs Summit 2023 menjadi momen bersama untuk menggaungkan pentingnya Green Jobs sebagai bagian penting dari masa depan Indonesia 2045 dan menangkap aspirasi anak muda bagi para pemimpin, termasuk bagi mereka sendiri yang di kemudian hari akan menjadi pemimpin.

Green Jobs Summit dihelat untuk menghubungkan dan memperkuat jejaring para muda untuk mau dan sadar untuk manaja kerja-kerja hijau, “Connecting the Dots”. Besar harapan kami, beragam informasi soal kerja hijau dan upaya untuk mencapainya, termasuk Green Jobs Platform berbasis web di greenjobs.id bisa meneguhkan semua pihak untuk bisa menjaga bumi lestari.

KLIK INI:  Era Green Jobs: Pekerjaan Ramah Lingkungan untuk Semua Kalangan