Generasi Milenial Jadi Tumpuan Penyelamatan Lingkungan

oleh -241 kali dilihat
Generasi Milenial Jadi Tumpuan Penyelamatan Lingkungan
Foto Danny Septiawan, salah satu peserta kompetisi foto HPNN 2019/foto-dok KLHK
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Rangkaian acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 resmi ditutup.  Penutupan itu ditandai pengumuman pemenang kompetisi foto dan vlog, Jumat, 5 Juli 2019.

Kompetisi tersebut diikuti oleh generasi milenial. Tujuannya agara mereka bisa menjadi kader dalam penyelamatan lingkungan.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati menilai HPSN merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Kesadaran yang dimaksud Vivien adalah kesadaran terhadap pengelolaan sampah berkelanjutan menuju Indonesia Bersih 2025.

KLIK INI:  Kampanye Kurangi Sampah Plastik, KLHK Libatkan Generasi Milenial

“Pemerintah melalui KLHK telah mengadakan berbagai kegiatan memperingati HPSN 2019. Di antaranya dengan menerbitkan surat edaran, aksi bersih sampah (clean up), peluncuran film animasi Pulau Akko, kampanye Mudik Asik Tanpa Sampah Plastik,” ujarnya

Ia menambahkan, peringatan HSPN 2019 termasuk lomba foto dan vlog yang melibatkan generasi milenial. Semua itu ditempuh agar masyarakat semakin sadar akan bahaya sampah terhadap lingkungan dan kesehatan. Jika tidak kita menanganinya dengan baik dan secara bersama-sama.”

Berdasarkan data KLHK, sebanyak 0,7 kg sampah dihasilkan oleh setiap orang setiap hari. Hal itu setara dengan 66,5 juta ton sampah dihasilkan oleh Indonesia setiap tahunnya.

KLIK INI:  Demi Wujudkan Mudik Asyik Tanpa Plastik, KLHK Surati Pemda se Indonesia

Namun demikian, kapasitas tempat pengelolaan akhir (TPA) sampah terhitung masih terbatas. Di mana masih banyak daerah yang belum menerapkan sanitary landfill.

Generasi milenial tumpuan pemerintah

Oleh karena itu, partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk mengurangi jumlah timbulan sampah menjadi langkah yang perlu dikedepankan saat ini.

“Generasi milenial menjadi salah satu kader lingkungan yang menjadi tumpuan pemerintah. Melalui lomba foto dan vlog ini, kita dapat melihat kreativitas anak muda dalam menyampaikan isu lingkungan dan menyebarkan rasa kepedulian di masyarakat umum,” ujar Vivien.

Sebanyak 138 peserta mengikuti lomba foto. Sebanyak 101 peserta lomba vlog peringatan HPSN 2019. Dari jumlah tersebut terpilih 3 juara lomba foto ,yaitu Hendra Agus Setyan sebagai juara 1, Rosyan Sofyaman juara 2, dan Muhammad Ayudha juara 3.

KLIK INI:  KLHK Ajak Masyarakat Mudik Asyik Tanpa Sampah Plastik

Untuk pemenang lomba vlog terpilih Andhika Bagas Dirgantoro sebagai juara 1, Mikail Kaysan Leksmana juara 2, dan Revin Andinata juara 3.

Vivien mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas keikutsertaan kaum muda dalam membuat kampanye peduli sampah bagi masyarakat.

Vivien menyadari bahwa penanganan sampah tidak bisa hanya mengandalkan upaya pemerintah saja, namun lebih penting adalah keterlibatan aktif masyarakat.

“Untuk itu, karya foto dan video ini harus disebarluaskan sehingga masyarakat memahami dan mendukung pemerintah dalam pengelolaan sampah dari hulu hingga hilir,” pesan Vivien.

KLIK INI:  Kiriman Sampah Daratan ke Laut Semakin Massif, KLHK: Perlu Partisipasi Multi Pihak