21 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

oleh -53 kali dilihat
Intip , Ini Cara Efektif Hilangkan Kantong Mata dan Lingkaran Hitam
Ilustrasi mata panda/foto-ist

Klikhijau.com – Cara menghilangkan mata panda secara alami bagaimana? Pertanyaan itu kerap tiba di kepala Adelina. Sebagai seorang penulis, Adelina banyak menghabiskan waktunya depan laptop, gawai, atau buku.

Tak jarang pula ia begadang. Aktivitas itulah yang diduga kuat sebagai penyebab Adelina mengalami yang namanya mata panda.

Ketika mata panda hadir, ia tak bisa tampil PD (percaya diri) di depan teman-temannya ketika nongkrong. Untuk menyamarkan mata pandanya, ia kerap mengolesinya bedak. Bedak hanya berhasil sejenak saja menyamarkannya.

Kehadiran mata panda bagi Adelina merampas kepercayaan dirinya, bahkan keceriaannya. Ia sering mencari obatnya, tapi obat yang alami.

KLIK INI:  Jintan Putih, Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat dan Cara Meraciknya

Ia kurang cocok dengan obat kimia, termasuk untuk mengobati atau menghilangkan mata panda dari pinggiran matanya.

Adelina tak sendiri mengalami masa seperu itu, banyak orang yang mengalaminya. Mata panda sendiri merupakan istilah untuk menunjukkan munculnya lingkaran hitam di kulit sekitar mata.

Istilah mata panda muncul karena adanya warna kehitaman di bawah mirip mata. Kondisi ini biasanya muncul disertai mata bengkak atau sembap.

Dampak munculnya mata panda bagi kesehatan tak membahayakan, hanya saja penampilan akan terganggu karena akan tampak lebih tua, tidak fit, dan  lelah seperti yang di alami Adelina.

Adelina kegirangan ketika menemukan beberapa artikel yang membahas perihal cara menghilangkan mata panda secara alami, yakni:

  • Teh hijau

Untuk menggunakan teh hijau. Caranya rendam  ke dalam air lalu  letakkan pada lemari pendingin selama 15 sampai 20 menit.

Setelah itu, teteskanlah teh hijau di bawah mata selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi. Itu membuat warna gelap di bawah mata bisa memudar secara bertahap.

KLIK INI:  Kulit Ketiak Menghitam, Hilangkan dengan Bahan Alami Ini!
  • Kompres kantong teh bekas

Untuk menghilangkan mata panda secara alami bisa juga dikompres dengan kantong teh bekas. Bahan ini mudah ditemukan, seusai meminum teh celup, jangan langsung membuang sisa teh dalam kantongnya. Sebab bisa dimanfaatkan untuk mengompres mata dan menyamarkan noda hitam di bawah matamu.

  • Atur posisi tidur

Hal yang perlu dilakukan bukan hanya mengatur pola tidur, tetapi juga mengatur posisi tidur untuk menghilangkan mata panda. Posisi tidur yang tepat, yakni saat  kepala berada lebih tinggi dari tubuh.

Ini membuat tidak adanya cairan menggenang di bawah mata yang dapat menyebabkan bengkak. Selain itu, pastikan bantal yang  digunakan nyaman agar tidak mengusik kualitas tidur.

  • Kompres es batu atau air dingin

Mengompres area bawah mata dengan es batu atau air dingin. Diyakini mampu menghilangkan mata panda. Sebab air dingin terbukti bisa menyembuhkan pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang membesar di sekitaran area bawah mata.

KLIK INI:  Intip , Ini Cara Efektif Hilangkan Kantong Mata dan Lingkaran Hitam
  • Menggunakan sendok dingin

Cara menghilangkan mata panda yang paling mudah adalah, ambil sendok makam, masukkan ke freezer atau lemari es selama 15 hingga 20 menit atau hingga sendok menjadi dingin.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah  tempelkan bagian punggung sendok ke bawah mata. Lakukan dengan rutin.

  • Perbanyak minum air putih

Cara lain untuk menghilangkan mata panda adalah dengan minum air putih. Sebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata bisa saja dikarenakan kekurangan cairan di dalam tubuh atau  dehidrasi.

  •  Pakai lidah buaya

Cara menggunakan lidah buaya cukup oleskan saja lidah buaya murni ke area bawah mata. Jangan lupa  memijat dengan lembut selama beberapa menit. Kamu bisa melakukan perawatan ini  dimalam hari dan membilasnya esok hari.

  •  Susu

Susu terkenal kaya protein dan kandungan vitamin A  yang  bisa membuat kulit lebih elastis dan sehat. Cara menghilangkan mata panda dengan susu, dinginkan susu segar, celupkan kapas bersih, baru menempelkannya di area bawah mata. Diamkan  kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

KLIK INI:  Murah dan Sehat, Ini Cara Atasi Anak yang Masih Suka Mengompol
  • Masker mentimun

Cara menghilangkan mata panda secara alami lainnya, yakni dengan menggunakan masker mentimun. Kandungan air yang tinggi pada mentimun membuatnya efektif menghilangkan lingkaran hitam. Caranya memotong mentimun menjadi potongan tipis segera dan meletakkannya di bawah mata selama sekitar 16 menit. Lakukan ini secara teratur sampai lingkaran hitam menghilang.

  • Masker tomat

Tomat mengandung likopen dan beta-karoten, yang dapat meminimalkan kerusakan jaringan kulit. Oleh karena itu, masker tomat bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan mata panda secara alami. Yang harus lakukan adalah tumbuk tomat dan campur dengan sedikit jus lemon. Aduk rata, oleskan ke area bawah mata dan biarkan selama sekitar 20 menit. Anda bisa menerapkan cara ini dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

  • Masker kopi

Kopi, minuman kaya kafein, juga bisa menghilangkan mata panda secara alami. Untuk menggunakan masker kopi, campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan di bawah mata, tunggu 15-20 menit, lalu bilas dengan air.

KLIK INI:  Benarkah Tomat Bisa Memperbesar Mr. P?
  •  Minyak zaitun

Minyak zaitun bisa dijadikan pilihan untuk menghilangkan mata panda secara alami. Vitamin dan mineral dalam minyak ini dapat membantu menghaluskan dan mencerahkan kulit. Antioksidan dalam minyak zaitun juga melindungi dari radikal bebas yang menyebabkan lingkaran hitam. Untuk menggunakannya, oleskan minyak zaitun langsung di bawah mata dan pijat dengan lembut.

  •  Lemon

Lemon, sebagai buah yang kaya vitamin C, baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Anda bisa menggunakan campuran lemon dan tomat. Namun,  juga bisa mengoleskan limun langsung di bawah area mata. Sebelum melakukan cara ini, pastikan kulit tidak sensitif

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa langsung dioleskan di bawah area mata setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

KLIK INI:  7 Manfaat Istimewa Buah Jamblang, Poin Terakhir Paling Ajaib
  • Madu

Kandungan polifenol dalam madu mampu memperlambat aktivitas tirosinase dan mengurangi hiperpigmentasi di area bawah mata. Campur madu dengan jus lemon dan oleskan di bawah mata. Tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air bersih

  • Air mawar

Air mawar sering digunakan dalam perawatan kecantikan, termasuk mencerahkan lingkaran hitam. Untuk melakukan ini, celupkan kapas ke dalam air mawar dan oleskan ke area bawah mata. Selain itu, zat alami dalam air mawar juga dapat menghilangkan kotoran dari kulit.

  • Minyak almond

Minyak almond mengandung pengeras dan emolien yang mencegah pembentukan pembuluh darah di daerah subkutan. Caranya adalah dengan meneteskan minyak di bawah mata dan pijat dengan lembut. Perawatan ini bisa dilakukan pada malam hari

  • Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti antibakteri, inflamasi, dan antioksidan yang mampu mencerahkan warna gelap di bawah mata. Gunakan masker kunyit dengan bahan tambahan, seperti tepung dan susu.

Setelah itu, oleskanlah di bawah area mata. tunggu hingga sekitar 20 menit. Lakukan secara rutin agar mata panda segera memudar.

KLIK INI:  Menyerap Beragam Manfaat Kopi tanpa Gula bagi Kesehatan
  • Kentang

Kentang juga punya fungsi yang sama dengan madu untuk mengurangi pigmentasi dan memperlambat aktivitas dari tirosinase. Sayuran yang kaya karbohidrat ini juga bisa membuat kulit lebih sehat. Caranya, haluskan kentang lalu oleskan pada area bawah mata sebelum dibilas dengan air bersih.

  • Jangan bergadang

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab munculnya mata panda. Jadi, sebaiknya mulai mengatur pola tidur yang baik dan benar mata panda bisa hilang secara alami.

  • Kurangi main gawai

Main gawai bisa menyebabkan mata panda, karena itu kurangi aktivitas menatap gawai. Beri waktu mata untuk beristirahat, apalagi jika malam hari.

KLIK INI:  LIPI Prioritaskan Meriset Herbal Indonesia sebagai Anti Virus Corona