Tak Hanya Tawarkan Nilai Estetis, Ini Fungsi Lain dari Tanaman Hias

oleh -151 kali dilihat
4 Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan, Poin Terakhir Menakjubkan!
Tanaman Hias/Foto-malangtoday.net

 Klikhijau.com – Nilai estetis yang ditawarkan oleh tanaman hias, menjadikannya tanaman yang paling banyak diburu, ditanam, dan jadi kebanggaan.

Jika melirik pada awal mulanya kemunculan tanaman hias, tidak semua orang memilikinya. Tanaman hias hanya bisa  dikonsumsi  oleh masyarakat yang tergolong maju.

Namun, dalam perkembangannya tanaman hias menyentuh semua kalangan masyarakat. Salah satu faktornya karena ada nilai estetis atau keindahan yang dikandungnya—dan semua orang menyukai keindahan.

Tidak hanya menawarkan nilai estetis, tapi juga berpotensi sebagai komoditas perdagangan untuk meningkatkan perekonomian, jadi tujuan wisata, dan juga untuk menciptakan kenyamanan dan   memperindah lingkungan sekitar.

KLIK INI:  5 Tumbuhan Araceae yang Dulu Liar di Hutan, Kini Merumah dengan Mentereng

Saat ini masyarakat memiliki dua cara dalam memelihara tanaman hias, yakni di luar ruangan atau outdoor dan dalam ruangan tanaman atau indoor.

Di mana pun di tanam, baik outdoor maupun indoor, tanaman hias tetap menawarkan nilai estetis yang bisa menenangkan jiwa dan menjernihkan pikiran.

Misalnya tanaman yang berada dalam ruangan, menurut Sevik dkk, (2017) di mana 80 persen manusia menghabiskan hidupnya, mempunyai fungsi ekologis dan juga nilai estetika.

Tanaman hias indoor juga  berfungsi baik bagi kesehatan, selain itu juga dapat dijadikan pemanis ruangan dan juga sebagai hiasan interior.

Untuk lebih jelasnya, menurut Rukmana, (2012) berikut beberapa fungsi dan peranan dari tanaman hias, baik indoor maupun outdor dalam kehidupan manusia, di antaranya:

KLIK INI:  Memesona, Kastuba Berpotensi sebagai Tanaman Hias sekaligus Obat
  • Keindahan atau estetis

Seperti disinggung di atas, dengan menanam dan merawat tanaman hias dapat memberikan rasa indah (estetis) bagi orang memandangnya, apalagi jika tanaman hias tersebut ditata dengan komposisi dan bentuk yang serasi.

  • Stabilisator dan pemeliharaan lingkungan

Tanaman hias memiliki peran yang penting bagi lingkungan. Karena  dapat menjadi sebuah stabilisator yang dapat meredam getaran suara, menyerap gas-gas beracun hasil pembakaran, menyaring debu,  dan memelihara keadaan lingkungan seperti udara dan kelembapan.

  • Pendidikan

Adanya tanaman hias, dapat menjadi sarana yang berperan penting pendidikan. Karena melalui tanaman hias, rasa cinta terhadap lingkungan dapat bertumbuh dan juga memacu penelitian pada ilmu pengetahuan.

  • Pemeliharaan kesehatan

Keindahan yang dihadirkan tanaman hias dapat menumbuhkembangkan rasa tenang, tenteram, dan puas, sehingga akan berpengaruh pada kesehatan jiwa dan mental bagi manusia.

Selain itu, tanaman hias merupakan salah satu sumber penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia, karenaya tanaman hias juga dapat berperan sebagai penyerap polusi untuk membersihkan udara.

Ada beberapa tanaman hias yang memiliki kelihaian menyerap polusi udara, di antaranya lidah mertua. Bahkan tanaman hias ini menjadi penyerap polusi yang sangat andal.

  • Ekonomi dan sosial

Tanaman hias memiliki nilai ekonomi yang sangat penting. Tanaman hias dapat dibudidayakan secara komersial yang menjadi sumber pendapatan dalam skala ekonomi, baik itu rumah tangga maupun ekonomi negara. Sehingga nilai sosial pemiliknya pun akan terangkat di masyarakat.

Selain apa yang diungkapkan oleh Rukmana di atas. Fungsi dan peranan lain dari tanaman hias versi redaksi Klikhijau.com, yakni:

KLIK INI:  Perihal Tanaman Puring, Manfaat dan Ragam Jenis yang Menghiasi Halaman Rumah
  • Sumber obat

Tidak sedikit tanaman hias yang berfungsi dan berperan sebagai tanaman obat herbal. Sebut saja satu di antaranya adalah kumis kucing. Tanaman ini selain mengindahkan halaman rumah, juga bisa menjadi obat, yakni sebagai obat ginjal dan mencegah darah tinggi

Bukan hanya kumis kucing, tapi rerata tanaman hias memiliki potensi menjadi obat.

  • Sumber pakan serangga

Serangga memiliki peran yang penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem, khususnya serangga penyerbuk semisal lebah atau kupu-kupu.

Dengan menanam tanaman hias, khususnya yang memiliki bunga. Maka secara tidak langsung kita memberikan “kehidupan” kepada serangga untuk bertahan hidup. Bukan hanya serangga, tetapi juga satwa lain, semisal burung penghisap nektar.

  • Penyambung silaturahmi

Hal penting dari tanaman hias adalah sebagai media penyambung silaturahmi, sebab anakannya bisa dibagi kepada keluarga atau teman. Sehingga melalui pemberian tanaman hias, maka jalinan silaturahmi akan semakin erat.

  • Menjaga bumi

Tanaman adalah salah satu media menjaga bumi. Demikian pula dengan tanaman hias. Menanamnya secara tidak langsung, kita telah ikut menjaga dan melestarikan bumi.

Jadi, selamat menanam dan merawat tanaman hias Anda, selamat memanen fungsi dan perannya yang besar terhadap kehidupan ini.

KLIK INI:  Memanen 5 Manfaat Tanaman Hias Jika Diletakkan dalam Ruangan