Palem Jari, Tanaman Hias yang Tangguh di Segala Kondisi

oleh -23 kali dilihat
Palem Jari, Tanaman Hias yang Tangguh di Segala Kondisi
Tanaman palem jari-foto/Ist

Klikhijau.com – Palem jari itu tumbuh di depan rumah Irma. Tumbuh dengan subur meski kurang terawat. Tanaman palem merupakan tanaman hias yang banyak diminati.

Ia bersifat kosmopolitan, bisa ditemukan di mana-mana, mulai di daerah tropis dan subtropis, juga di dataran rendah dan tinggi. Tidak hanya itu, ia juga bisa tumbuh di pegunungan dan di pantai, di tanah subuh  hingga tanah yang gersang.

Di dunia ini, jenis palem cukup beragam. Dan salah satu jenis yang banyak peminatnya adalah palem jari—yang bernama ilmiah raphis excelsa. Palem ini dikenal juga dengan nama palem jari waregu.

Dalam hal pertumbuhan, jenis palem ini mampu tumbuh hingga ketinggian 4 meter. Cirinya, tumbuh secara merumpun dengan tumbuh secara berkelompok  antara 15 hingga 25 batang (rimpangan rizoma).

KLIK INI:  Tanaman Lee Kwan Yew, Dekorasi Alami dengan Aksentuasi Hijau Daun  

Pohon palem rumpun ini  berasal dari Asia Tenggara dan Timur.  Cara tumbuh sekilas  mirip dengan cara bertumbuh pohon palem bambu.

Jenis palem ini  tersebar hampir di seluruh dunia. Penyebaran yang luas itu didukung oleh kemampuannya yang mudah beradaptasi terhadap tanah, iklim dan lingkungan tropis maupun subtropis.

Di Indonesia sendiri tanaman ini berkembang dan bertumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Ia bisa beradaptasi pada ketinggian antara 50 hingga 500 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Ada hal menarik dari tanaman ini, karena  ketika tumbuh di daerah dataran rendah, ia mempunyai pertumbuhan vegetatif lebih cepat. Daunnya akan berwarna lebih muda dan cerah, kurang mengkilat, kurang tebal dan kurang keras.

Namun, sebaliknya, pada daerah dataran tinggi pertumbuhan vegetatifnya lebih lambat, warna daun lebih tua, mengkilat, daunnya agak tebal dan lebih keras.

Daya tarik lainnya tanaman karena bisa pula dijadikan bunga potong. Ia memiliki penampilan yang anggun, indah, dan menarik dan indah.

Selain itu, perawatannya tidak rumit, terkesan sangat mudah dan relatif tangguh terhadap perubahan cuaca.

KLIK INI:  Pengalaman Kecil Menanam Kaktus dengan Media Tanam Batok Kelapa
Keunggulan palem jari

Tanaman hias ini, memiliki beragam keunggulan yang tak ditemukan pada tanaman hias lainnya, di antaranya

  • Sebagai tanaman hias indoor

Tak hanya tangguh tumbuh di luar ruangan, pohon berjuluk lady palm ini juga kerap digunakan sebagai pohon indoor.

Ia memiliki daun, batang dan bagian perakarannya keunggulan karena mampu menahan serangan hawa dingin yang ditimbulkan oleh kipas angin dan AC.

Karena itu, menyimpan pohon palem jari tentu akan lebih sehat, karena pohonnya memiliki sifat yang bisa menahan berbagai hawa dingin

  • Bisa dipakai untuk dekorasi

Dalam hal mendekorasi ruangan, misalnya ruangan pernikahan pohon palem jari bisa jadi pilihan. Bukan hanya karena bisa meredam hawa dingin. Namun, akan membuat nuansa ruangan lebih alami dan eksotis.

KLIK INI:  Tanaman Hias Hoya, Keunikan, Manfaat dan Cara Benar Menanamnya!
  • Memiliki daya tahan kuat

Tak semua tanaman hias memiliki ketangguhan dan bisa tumbuh dalam kondisi apa pun. Namun, jenis tanaman hias ini berbeda. Ia sangat kuat menahan berbagai serangan virus tanaman dan hama.

Daya tahan pohon palem jari memang mengagumkan, ia bisa menjaga tubuhnya dari serangan angin AC hingga  beberapa tahun. Selain itu, juga dapat menyerap berbagai kotoran yang bermunculan di udara.

Bukan hanya itu, tanaman hias ini juga cukup tangguh meski diabaikan—tak dirawat.

  • Bisa  ditanam di taman

Tak bisa dipungkiri dalam sebuah lingkungan, taman  merupakan komponen penting. Taman menjadi tempat bersantai yang baik dan sehat. Udara di taman terasa lebih sejuk.

Tanaman palem jari dapat ditanam di taman untuk berbagai keperluan, misalnya  pembatas taman atau mempercantik nuansanya agar lebih alami.

Dengan adanya tanaman ini di taman, pandangan mata akan tersamarkan, apalagi semua daunnya biasanya akan saling menutupi.

KLIK INI:  Mengurai Jenis-Jenis Tumbuhan Pemakan Serangga yang Menggemaskan
  • Menjadi penangkal erosi

Karena memiliki akar yang kuat, maka tanaman ini berpotensi pula sebagai tanaman yang dapat menangkal erosi. Olehnya itu, cocok ditanam pada tanah yang memiliki tingkat erosi yang tinggi.

Taksonomi palem jari
  • Divisi: Tracheophyta
  • Upadivisi: Spermatophytina
  • Klad: Angiospermae
  • Klad: monocots
  • Klad: commelinids
  • Ordo: Arecales
  • Famili: Arecaceae
  • Genus: Rhapis
  • Spesies: Rhapis excelsa

Nah, sahabat hijau, itulah sekilas tentang tanaman palem jari. Tanaman yang tumbuh subur di depan rumah Irma di Desa Kindang, yang tumbuh subur meski kurang terawat.

KLIK INI:  Lili Paris, Tanaman Hias Indoor yang Ampuh sebagai Pembersih Udara