Tiga Jenis Biawak Ini Hanya Bisa Ditemukan di Raja Ampat

Publish by -119 kali dilihat
Penulis: Irhyl R Makkatutu
Tiga Jenis Biawak Ini Hanya Bisa Ditemukan di Raja Ampat
Biawak pulau Misool Raja Ampat/foto-ist

Klikhijau.com – Jika saya menyebut pararang, tentu keningmu akan berkerut. Tak bisa membayangkan apa-apa atau justru sebaliknya, kamu akan membayangkan hal yang menyeramkan, sebab penyebutannya hampir sama dengan parakang, makhluk jadi-jadian yang menakutkan di Sulawesi Selatan.

Tapi, jika saya menyebut biawak, tentu akan sangat mudah sebuah bayangan muncul di pelupuk matamu.

Di kampung saya Desa Kindang, Bulukumba, biawak memiliki nama lokal yang tak kalah keren, iya itu tadi, namanya pararang.

Pararang atau biawak adalah sebangsa kadal berukuran menengah dan besar yang tersebar di daerah beriklim panas dan tropis Afrika, Asia, dan Australia.

Karena kampung saya berada di Asia, maka biawak juga ada di sana, namun biawak tersebut tidak jauh beda dengan biawak pada umumnya.

KLIK INI:  Gara-gara Burung, Aulia Harus Berurusan dengan Polisi
Jenisnya tidak ada di daerah lain di dunia

Namun, seperti yang diberitakan antaranews.com, Sabtu, 23 Februari 2019  bahwa Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mempunyai tiga jenis biawak endemik yang sangat digemari wisatawan pencinta reptil.

Maurits Kafiar, Koordinator Keanegaragaman Hayati dan Pengembangan Masyarakat Fauna dan Flora International-Indonesia Programme (FFI-IP) Raja Ampat, mengatakan bahwa di Kepulauan Raja Ampat terdapat tiga jenis biawak endemik yang tidak ada di daerah lain di Indonesia bahkan belahan dunia.

Menurutnya, tiga jenis biawak endemik Raja Ampat adalah biawak asal pulau Batanta, nama latinnya Varanus macraei.

Biawak asal Pulau Misool yang memiliki nama latin Varanus reisingeri, dan biawak asal pulau Waigeo atau nama latinnya Varanus boehmei.

Varanus macraei adalah jenis biawak yang penyebarannya di pulau Batanta. Varanus reisingeri adalah jenis biawak yang penyebarannya di pulau Misool.

KLIK INI:  Lebah yang Paling Dicari di Dunia Ditemukan di Kepulauan Maluku

Varanus boehmei adalah jenis biawak yang penyebarannya di pulau Waigeo ketiganya belum ditemukan daerah lain di Indonesia bahkan belahan dunia. Hanya ada di Kabupaten Raja Ampat. Kerenkan??

Maurits mengungkapkan bahwa tiga jenis biawak endemik Kabupaten Raja Ampat tersebut sangat menarik dan digemari wisatawan pencinta reptil untuk difoto.

“FFI  Programme Raja Ampat berharap masyarakat setempat melindungi biawak endemik Indonesia yang hanya ada di Kabupaten Raja Ampat itu. Agar tidak punah di kemudian hari,” ujar Maurits

Kekhawatiran Maurits memang berasalan. Sebab menurutnya, tiga jenis biawak endemik yang merupakan kekayaan alam Raja Ampat tersebut, menjadi sasaran pemburuan masyarakat untuk dijual kepada pembeli reptil di Kota Sorong.

Hal tersebut jika tidak segera diatasi bisa mengancam pararang endemik Raja Ampat itu menuju kepunahan.

KLIK INI:  Belasan Ikan Hiu Dibantai di Pulau Igym, Bangkainya Berserakan di Pantai
Editor: Irhyl R Makkatutu

KLIK Pilihan!