Ayo, Kenali Buah yang Disebutkan dalam Alquran Beserta Kasiatnya!

Publish by -281 kali dilihat
Penulis: Irhyl R Makkatutu
Ayo, Kenali Buah yang Disebutkan dalam Alquran Beserta Kasiatnya!
Buah delima/foto-makintau.com

Klikhijau.com – Lagu Bugis dan segelas kopi hitam tanpa gula jadi sajian menarik di awal April ini. Kopi itu saya letakkan di atas meja yang berantakan. Keduanya menemani saya membaca artikel yang ditulis Anisa Tri Kusuma.

Artikel yang dipublikasikan di Indonesiainside.id pada tanggal 23 Maret 2019 itu membahas buah yang terdapat dalam Alquran beserta kasiatnya.

Anisa menulis dengan lumayan panjang, 945 kata.  Tapi, saya akan menghilangkan beberapa kata dari tulisan itu agar tidak terlalu panjang, yang bisa membuatmu ngantuk usai membacanya.

Di muka bumi ini, begitu Anisa memulai artikelnya, ada banyak tumbuh-tumbuhan yang tubuh subur dan memiliki manfaat beragam untuk tubuh manusia. Mulai dari sayur-sayuran, buah, biji-bijian dan lain halnya.

KLIK INI:  7 Manfaat Istimewa Buah Jamblang, Poin Terakhir Paling Ajaib

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa beberapa jenis buah-buah yang dianjurkan dalam Alquran untuk dikonsumsi manusia karena memiliki khasiat tinggi.

Anissa menyarankan ada baiknya mengonsumsi buah-buahan yang sudah tercantum di dalam Alquran. Sebab menurutnya dalam Al-Qur’an Allah Swt menyebutkankan banyak nama buah.

Dan dalam banyak kajian tafsir Al-Qur’an dikatakan bahwa sesuatu yang dipergunakan oleh Allah Swt untuk bersumpah, pasti ada keistimewaan di dalamnya.

Nah, inilah jenis buah dalam  Al-Qur’an itu seperti yang ditulis Anisa:

  • Zaitun

Di dalam Al Quran, buah zaitun disebut oleh Allah sebanyak tujuh kali, yaitu dua kali zaitun itu disebut sendirian sementara lima kali disandingkan dengan beberapa buah lain seperti kurma, delima, anggur dan buah tin

Penyebutan tersebut di antaranya dalam surat at-Tin. Beberapa surah menyebutkan mengenai buah ini, seperti surah An-nur, Al-an’am, An-Nahl, Al-Mu’minun, ‘Abasa.

Buah zaitun memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.  Ketika matang merupakan sumber dari vitamin E dan antioksidan. Kandungannya berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung.

Mengonsumsi buah zaitun secara rutin mampu menjaga jantungmu tetap sehat. Minyak zaitun juga sangat bagus dan berkhasiat digunakan dalam masakan dan  bagi wanita yang ingin mendapatkan kulit yang indah, juga bisa menggunakan minyak zaitun.

  • Kurma

Dalam beberapa surah seperti surah Maryam, Al-Baqarah, Al-Hasyr dan  Qaaf kerap menyebutkan buah kurma. Kurma mengandung serat dan antioksidan. Di mana flavonoid yang terkandung mampu mengatasi resiko diabetes, alzheimer dan beberapa jenis kanker.

Buah kurma juga mengandung fruktosa dan glukosa yang berkalori tinggi. Mudah dan cepat dicerna. Kandungan gulanya menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada jiwa.

Kurma segar memberikan manfaat besar kepada otak, dengan kandungan 2,2% protein, juga berisi banyak jenis vitamin A, B1, dan B2.

Selain itu, kurma juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan ibu-ibu menyusui  untuk meningkatkan kesehatan janin di dalam perut ibu, mencegah ibu dari rasa lemah, dan memperbanyak air susu.

  • Delima

Buah delima disebut dalam surah Al-An’am 99 bersama kurma, zaitun, dan anggur. Buah ini memiliki kandungan nutrisinya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Delima memiliki antioksidan punicalagin, di mana dapat mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, obesitas, dan Alzheimer.

Antioksidan yang terkandung di dalamnya mengurangi risiko kanker prostat, kanker payudara dan arthritis, darah tinggi, dan disfungsi ereksi.

KLIK INI:  Keistimewaan Buah Anggur dan Fakta Unik di Baliknya

Delima penting untuk memelihara keseimbangan kadar potassium-sodium, mendorong kepekaan saraf dan otot agar berfungsi secara teratur, mencegah edema, dan mengurangi kadar gula yang beredar di dalam darah.

Selain itu, delima juga dapat menghilangkan rasa lelah otot dan menguatkan jantung. Beberapa penelitian menunjukan delima dapat mengurangi pembentukan plaque gigi, mencegah kerusakan tulang rawan dan mencegah radang sendi. Konsumsi delima oleh ibu hamil dapat melindungi otak dari kerusakan setelah terluka.

  • Anggur

Anggur disebut 14 kali di dalam Alquran. Salah satunya di surah Al-Mu’minun.  Anggur mengandung polifenol, flavonoid, dan quercetin yang bisa mencegah penyakit jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

Anggur dapat menghilangkan rasa penat. Bahan besi dan gula di dalam buah anggur yang juga menguatkan produksi darah dan menjadi obat untuk untuk penderita-penderita liver, ginjal, dan sistem pencernaan.

  • Pisang

Pisang disebutkan dalam surah Al-Waqiah. Buah pisang dikenal sebagai buah yang memiliki sumber kalium yang cukup tinggi. Meskipun kandungan gulanya tinggi, namun gula mengandung serat larut pektin yang berguna untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan memperlancar pencernaan.

Nah kandungan kalium dan magnesium di dalamnya dapat menjaga kesehatan jantung.

KLIK INI:  7 Jenis Buah yang dapat Tingkatkan Imunitas Kekebalan Tubuh

Pisang adalah buah yang kaya dengan vitamin B6,  terdiri dari air (75%), protein (1,3%) dan lemak (0.6%). Setiap buah pisang mengandung karbohidrat dan potassium dalam jumlah yang mencukupi.

Pisang sangat membantu dalam penyembuhan banyak penyakit seperti penyembuhan demam, gangguan sistem pencernaan, kejang-kejang dan juga menurunkan tekanan darah, selain itu pisang efektif dalam penyembuhan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh alergi.

KLIK INI:  Manfaat Buah Ciplukan, dari Masalah Mulut hingga Tangkal Kanker
  • Buah Tin

Buah tin atau ara hanya disebut sekali di dalam Alquran, yaitu di Surah At-Tiin. Beberapa ahli tafsir berpendapat kalau tin yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah buah tin, karena disebutkan dalam satu kalimat dengan zaitun.

Namun ada juga yang meyakini kalau yang dimaksud adalah Bukit Tin dan Bukit Zaitun di mana Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Isa a.s. menerima wahyu.

Terlepas dari kontroversi penafsirannya, buah tin merupakan bahan makanan yang kaya gizi. Buah tin rendah kalori, tinggi serat, dan tidak mengandung lemak, sehingga baik untuk mereka yang sedang menjaga berat badan.

Buah ini mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, tembaga, dan zat besi. Buah tin baik untuk penderita diabetes, karena dapat menyeimbangkan kandungan asam lemak dan vitamin E di dalam darah.

Buah ini bermanfaat dalam membantu pengobatan penyakit kulit seperti eczema, vitiligo, dan psoriasis.

Itulah buah yang terdapat dalam Alquraan, ditulis dengan manis oleh Anisa Tri Kusuma.

Hem, apakah buah khuldi, buah terlarang yang menyebabkan Adam dan Hawa meninggalkan surga tidak termasuk sehingga  Anisa tidak menuliskannya? Hemm

KLIK INI:  Bayi Singa Mengantar Irawan dan Ketiga Rekannya ke Penjara
Editor: Ian Konjo

KLIK Pilihan!