Manfaat Buah Ciplukan, dari Masalah Mulut hingga Tangkal Kanker

oleh -660 kali dilihat
Buah ciplukan
Buah ciplukan/foto-Hellosehat.com
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Ciplukan (Pysalis angulata L), tanaman yang habitatnya di iklim tropis. Di daerah Jawa, ciplukan acap kali bisa ditemukan di tepi jalan, kebun, rawa-rawa, hingga di hutan. Buah ciplukan berwarna hijau kekuningan.

Semua unsur dari tanaman asal Amerika ini kaya akan manfaat bagi kesehatan. Walau begitu, awalnya ciplukan dianggap sebagai gulma karena suka hidup di sembarang tempat.

Ciplukan menunjukkan khasiatnya sejak zaman pengobatan tradisional untuk mengatasi sakit asma, hepatitis, reumatik, flu, demam, malaria, dan sebagainya.

Selain buahnya, manfaat lain ditemukan dari akarnya. Akar ciplukan bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, daunnya bisa dimanfaatkan sebagai obat vertigo, mengatasi masalah jantung, dan menurunkan tekanan darah. Batangnya mengandung antineoplastik yaitu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

KLIK INI:  Keistimewaan Buah Anggur dan Fakta Unik di Baliknya
KLIK INI:  Perihal Rumanang dan 4 Jenis Buah yang Menarik Dikonsumsi Pria Dewasa

Berikut manfaat ciplukan bagi kesehatan tubuh, disarikan dari berbagai sumber:

  • Mencegah diabetes

Buah, daun, dan batang ciplukan efektif menurunkan kadar gula dalam darah sehingga baik untuk menurunkan risiko diabetes.

  • Menurunkan risiko terkena kanker

Berkat antioksidan yang terkandung di dalam buahnya, ciplukan mampu menurunkan risiko kanker karena menangkal tumbuhnya sel kanker dan meningkatkan sistem imun.

  • Menjaga kesehatan mulut

Ciplukan kaya akan vitamin C dan senyawa lain sehingga berperan sebagai zat anti-inflamasi, baik untuk mencegah dan mengobati sakit tenggorokan, gusi berdarah, sariawan maupun penyakit lain di area mulut.

  • Mengobati epilepsi

Buah ciplukan bermanfaat untuk mengobati epilepsi karena kandungan senyawa asam dan berbagai mineral di dalamnya efektif memperbaiki sel saraf yang rusak.

KLIK INI:  7 Manfaat Istimewa Buah Jamblang, Poin Terakhir Paling Ajaib