5 Tips Sederhana Merawat Tanaman Pot di Musim Hujan

oleh -58 kali dilihat
aglonema tanaman hias
Tanaman aglonema dengan pot ukuran kecil ternyata mendukung pertumbuhan yang maksimal - Foto/FB:Robi Yansah

Klikhijau.com – Merawat tanaman tidak kenal musim. Tidak peduli musim hujan atau musim kemarau. Terutama untuk tanaman pot.

Perbedaan musim, antara musim hujan dan musim kemarau. Membuat cara perawatan tanaman pun berubah.

Perubahan tata cara perawatan itu bertujuan agar tanaman tetap tumbuh subur.  Kesuburan tanaman tidak bisa dipisahkan dari tata cara perawatan.

Namun, perawatan sebaiknya disesuaikan dengan jenis tanamannya. Musim hujan, bisa jadi berkah bagi tanaman, juga bisa jadi petaka, terutama tanaman pot.

KLIK INI:  Memanfaatkan Sampah Botol Plastik Untuk Membuat Kebun Hidroponik, Ini Tipsnya!

Berikut ini ada beberapa cara perawatan tanaman, terutama di musim hujan seperti sekarang ini.

  • Membatasai penyiraman

Jika saat kemarau penyiraman rutin dilakukan, bahkan bisa dua kali sehari, yakni pagi dan sore. Saat musim hujan tiba, maka penyiraman ini harus dikurangi agar tanaman tidak kelebihan air.

Namun perlu diingat ada pula tanaman, misalnya kaktus memang tak menyukai air yang banyak. Terlalu banyak air yang merendam tanaman—apalagi bukan tanaman air akan membuatnya kurang subur. Bahkan menyebabkan akar membusuk.

Karena itu, saat musim hujan penyiraman tanaman bisa dibatasi,  termasuk tanaman di dalam ruangan. Sementara tanaman di luar ruangan tak perlu disiram karena telah tersiram dengan air hujan.

  • Mengecek kondisi tanah

Khusus tanaman pot, kamu perlu mengecek tanahnya. Biasanya jika daun terlalu lebat atau tanaman berdaun lebar air hujan tidak sampai ke tanah. Karena daun akan akan berfungsi sebagai payung yang menaungi pot

Untuk mengetahui apakah air meresap ke dalam pot. Kamu bisa menggunakan jari telunjuk untuk mengeceknya. Jika tanahnya tidak basah itu airnya air terhalang oleh daun.

Dalam kondisi begini, tanaman tetap perlu di siram. Tapi jangan terlalu berlebihan.

KLIK INI:  8 Cara Melestarikan Bumi yang Bisa Dimulai dari Diri Sendiri
  • Biarkan terpapar sinar matahari

Mungkin kedengarannya ganjil. Musim hujan tapi mengharapkan sinar matahari.  Saat musim hujan, matahari memang jarang muncul. Itu berarti tanaman juga akan kekurangan sinar matahari. Padahal ada banyak jenis tanaman yang harus mendapat sinar matahari

Untuk menyiasati tanaman kekurangan sinar matahari, kamu bisa memindahkannya—meletakkannya di tempat terang yang tidak terhalang atap.

Jika rumah kamu tertutup semua, langkah yang bisa ditempuh adalah menggunakan lampu khusus tanaman.

KLIK INI:  Tips Sukses Terapkan Green Ramadhan di Bulan Penuh Berkah
  • Memupuk di pagi hari

Pemupukan biasanya dilakukan pada dua waktu. Kalau bukan pagi biasanya pada sore hari. Namun, saat musim hujan. Sebaiknya pemupukan dilakukan pada pagi hari.

Alasannya karena waktu pagi hari hawa masih dingin dan embun masih pagi masih ada. Kedua hal ini bisa membantu pupuk lebih optimal berfungsi.

Bagaimana jika hujan turun di pagi hari. Jika terjadi demikian, kamu bisa memupuknya di sore hari. Jika hujan pagi dan sore. Kamu bisa menunggunya reda. Pemupukan juga tidak bisa dilakukan setiap hari.

  • Memeriksa lubang pot

Jika kamu menanam tanaman dalam pot, maka saat musim hujan. Lubang pot perlu diperiksa. Karena jika tersumbat akan membuat pot digenangi air. Jika itu terjadi, bukanlah pertanda baik bagi tanaman, apalagi jika tanaman tersebut tidak terlalu menyukai air.

Itulah 5 tips sederhana merawat tanaman pot agar tetap subur saat musim hujan. Jika sahabat hijau punya tips tambahan, silakan berbagi!

KLIK INI:  Ke Manakah Burung Saat Hujan, Bisakah Mereka Terbang?