5 Tips Mudah Agar Tumbler Bersih dan Bebas dari Bau

oleh -34 kali dilihat
Pastikan Memiliki 6 Barang Ini Saat Pola Hidup Baru Berlaku!
Tumbler merupakan barang yang perlu dimiliki di era pola hidup baru/foto-Idris

Klikhijau.com – Penggunaan tumbler telah cukup populer. Saat ini sangat mudah kita temukan orang yang menenteng botol minumnya sendiri.

Bentuknya pun sungguh beragam dan menarik, sehingga jika membawanya ada kebanggaan tersendiri. Sebagian orang bahkan telah menjadikannya barang wajib dibawa ke mana-mana ketika keluar rumah.

Tumbler telah dijadikan pula gaya hidup sebagian orang, khususnya merekah yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Iya, karena menggunakan tumbler merupakan salah satu perilaku ramah lingkungan. Tak hanya itu, juga menjadi solusi untuk hidup lebih hemat.

KLIK INI:  7 Inspirasi Hijau untuk Mewujudkan Taman Vertikal di Rumah

Karena jika bebergian keluar rumah dan haus, kamu tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli minuman kemasan. Khususnya yang terbuat dari kemasan plastik, karena itu bisa mencemari lingkungan.

Pun pada saat makan di luar juga demikian, banyak warung atau rumah makan tak menyediakan air “gratis”. Sehingga pelanggan harus membeli air minum, yang biasanya tidak dihabiskan.

Maka dengan membawa tumbler, kamu bisa lebih hemat dan lebih ramah lingkungan. jadi,  dengan membawa tumbler atau botol minuman sendiri, membawa dua hal positif secara tak sengaja, yakni melestarikan bumi dan hemat pengeluaran.

Namun demikian, ada kendala tersendiri perihal tumbler. Selain bahannya harus bagus, tahan, dan  bebas dari kontaminasi zat kimia. Masalah lainnya adalah kebersihannya jika sering digunakan. Barang yang sering digunakan, sangat memungkinkan kotor dan dihinggapi bakteri.

Tumbler pun bisa demikian, apalagi tempat air selalu basah, sehingga bakteri bisa bersarang dengan nyaman.

tumble tapi bisa juga karena kamu mengisinya dengan berbagai jenis olahan minuman secara bergantian.

Tapi tenang, ada cara yang gampang untuk membersihkannya dan menghilangkan baunya. Berikut tipsnya:

  • Mencuci dengan air panas

Mencuci menggunakan air panas bisa membunuh bakteri pada tumbler. Cobalah mencucinya berkali-kali, bisa juga tuangi dengan sabun.

Cara ini dianggap efektif membersihkan tumbler dan menghilangkan baunya. Namun, perlu diperhatikan dan diingat bahwa tak semua tumbler tahan dengan air panas.

Jika tumbler tak tahan dengan hawa panas, maka sudah dipastikan bisa melepuh bahkan meleleh. Selain itu, ada beberapa jenis plastik yang biasa dibuat tumbler kurang cocok jika bersentuhan dengan hawa panas karena bisa mengeluarkan zat kimia yang dikandungnya.

KLIK INI:  Hendak Mudik dengan Rasa Cinta Pada Lingkungan, Ikuti Tips Ini!
  • Gunakan garam

Menggunakan garam lebih aman daripada air panas jika tumbler tak tahan dengan panas. Bumbu dapur paling andalan itu bisa membersihkan dan menghilangkan bau tumbler.

Bahannnya juga mudah didapat dan murah meriah. Caranya pun gampang saja, cukup tuangkan satu sendok garam ke dalam tumblermu yang berisis air hangat. Kemudian kocok.

Kamu bisa mengulanginya hingga yakin tumblermu telah bersih dan terbebas dari bau yang kurang bersahabat.

  • Cuci dengan cuka

Cuka cukup banyak manfaatnya, termasuk membersihkan tumbler dan menghilangkan baunya. Bahan ini pun sama dengan garam, mudah didapat dengan harga yang terjangkau.

Kamu bisa menggunakan cuka putih atau cuka apel. Caranya tuang cuka ke dalam tumbler pasangkan dengan satu sendok baking soda kemudian tambahkan air secukupnya. Setelah itu tutup tumblermu kurang lebih satu menit kemudian mencucinya.

KLIK INI:  Peka dan Resah, Kunci Utama Tumbuhkan Perilaku Ramah Lingkungan
  • Olesi pasta maizena

Pasta maizena, mungkin jadi bahan agak sulit didapatkan. Padahal bahan ini cukup ampuh membersihkan dan menghilangkan bau tumbler. Caranya cukup tuangkan 1 sdm pasta maizena, campurkan dengan cuka hingga berbentuk pasta.

Setelah jadi, oleskan pada bagian tumbler yang sulit dibersihkan. Diamkan selama 15 menit lalu usap dengan kain basah hingga bersih.

  • Rendam

Cara lain untuk membersihkan tumbler adalah dengan merendamnya. Bisa menggunakan air hangat maupun air dingin. Usahakan tumbler berisi air, airnya pun bisa menggunakan sabun.

Sabun masih menjadi bahan utama untuk membersihkan sesuatu. Kamu bisa merendamnya hingga yakin bahwa kotoran dan bau pada tumblermu telah hilang.

Nah, itulah 5 tips sederhana membersihkan dan menghilangkan bau tumbler yang bisa kamu terapkan. Semoga memberi manfaat, sahabat hijau.

Jika kamu punya tips lain untuk membersihkan tumbler dan menghilangkan baunya, sila berbagi!

KLIK INI:  Apakah di TPS Anda Ada Tempat Sampah?