Di Tempat Ini, Tumbler dapat Diisi Ulang Air Kangen dengan Gratis!

Publish by -178 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
air kangen di kangen coffee
Persediaan air kangen dan antiseptik gratis di Kangen Coffee Makassar-Foto/Ist

Klikhijau.com – “Kangen Caffee”, sebuah tempat ngopi yang berupaya keras menerapkan kafe ramah lingkungan di Kota Makassar. Salah satu gerakan yang dilakukan adalah mengajak setiap orang untuk membawa tumbler demi menekan pemakaian plastik sekali pakai.

Di tempat ini, Anda dapat secara bebas mengisi tumbler Anda yang kosong dengan air kangen berkualitas Ph 9.0 secara cuma-Cuma alias gratis. Anda dapat mengisi air di kafe ini kapan saja, walau tanpa harus ngopi.

Oleh pemiliknya, Jusman Arsyad melakukan hal ini sejak lama yakni saat mulai membuka usaha kafe beberapa tahun lalu. “Kami siapkan minimal 3 galon per hari sekitar 50 liter. Kami juga menyiapkan antiseptik sekitar 50 liter perhari selama pandemi Covid-19,” kata Jusman.

Terinspirasi dari mana sehingga aksi ini dilakukan? Tidak saja untuk mendukung gaya hidup ramah lingkungan, aksi ini adalah kebiasaan lama di keluarga Jusman.

KLIK INI:  Cara Keren Anak-Anak Muda Gorontalo Ajak Warga Tanam Sejuta Pohon
Kangen Caffee dan kenangan

“Ini tentang kenangan di masa kecil saya di kampung. Nenek saya selalu menyiapkan air minum di guci yang terbuat dari tanah liat dan disimpan di teras rumah. Siapa pun yang lewat di depan rumah bila merasa haus boleh mampir meminumnya,” cerita Jusman.

Apa yang dilakukan Jusman saat ini ternyata bagian dari kenangan dari kebiasaan baik keluarganya. “Saya hanya bernostalgia dengan kearifan lokal itu dan mulai mencoba menduplikasi apa yang pernah dilakukan nenek,” tuturnya.

Saat ini “Kangen coffee” tutup sementara karena wabah covid-19 dan mendukung langkah social distancing”. Tetapi, persediaan air isi ulang tetap jalan. Jusman menempatkan galon di teras kafenya setiap hari untuk siapa saja dapat mengisi tumbler di saat membutuhkan.

“Ini mungkin tak seberapa nilainya, tetapi saya yakin air yang kami siapkan di teras Kangen Coffee bisa bermanfaat sebagai pelepas dahaga. Terkhusus dalam kondisi sekarang dimana kita harus melawan virus corona dengan selalu membasahi tenggorokan sesering mungkin,” ungkapnya.

Anda yang melintas di Kangen Caffee yang beralamat di Jalan Abdullah Daeng Sirua 107 D Kota Makassar. Silakan mampir isi ulang tumblernya setiap saat. “Gratis tanpa syarat. Tersedia juga refill antiseptik strong acid. Ready dari pukul 08.00-17.00,” pungkasnya.

KLIK INI:  TN Takabonerate Selayar Gelar Konservasi Lingkungan untuk Remaja
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!