5 Alasan Kekinian mengapa Harga Tanaman Monstera Malangit

Publish by -15.368 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
5 Alasan Kekinian mengapa Harga Tanaman Monstera Malangit
Tanaman Monstera alias janda bolong milik Mas Iwan, pegiat tanaman hias di Bogor - Foto/IG:Iwan1510

Klikhijau.com – Para pegiat tanaman hias yang memburu tanaman monstera (Monstera adansonii variegated) atau janda bolong (janbol) semakin massif. Itu yang membuat harga tanaman hias unik satu ini juga semakin spektakuler dan bombastis.

Monstera adansonii berasal dari family araceae (talas-talasan) yang sebenarnya masih satu keluarga dengan philodendron. Monstera termasuk tropical plants (tanaman kekinian) yang diburu plant lovers karena keistimewaan variegated-nya.

Dari bentuknya yang unik, monstera lebih akrab di Indonesia dengan sebutan ‘Janbol’. Hal itu karena penampakan dedaunnya yang bolong atau berlubang.

Oya, lubang di daun tanaman ini bukan karena penyakit atau serangan hama loh, tetapi benar-benar otentik. Akibat penampakan daunnya yang bolong itu pula, bahasa Latin jenis ini dinamai monstrous atau berarti abnormal.

KLIK INI:  Alokasia, Tanaman Hias Idaman, Media Tanam dan Perawatannya

Nah, secara mengejutkan, akibat bolong di daunnya inilah, satu hal istimewa yang membuat harganya melangit.

Kabar terbaru dari seorang pegiat tanaman hias di Bogor, Mas Iwan yang juga narasumber tetap Klikhijau untuk topik seputar tanaman hias, kualitas terbaik jenis ini dapat menembus harga hingga 40 juta rupiah. Ini wow banget kan? Walau harganya melangit, Janbol tetap saja diburu kolektor tanaman hias.

Penasaran, mengapa jenis ini semakin gila harganya, Klikhijau menelusuri sejumlah informasi terbaru dan menemukan 5 alasan mengapa harganya terus melangit. Berikut penjelasannya!

#Super langka

Monstera adalah tanaman yang saat ini tergolong langka atau sulit ditemukan. Hal ini diakui pula oleh Mas Iwan. Inilah alasan mendasar mengapa harga jenis ini semakin melangit.

KLIK INI:  Macam-Macam Bunga yang Tahan di Segala Cuaca, Cocok di Halaman Rumah
#Permintaan pasar meningkat

Permintaan tanaman hias Monstera memang fantastis jumlahnya. Mas Iwan dari Bogor bahkan harus melayani puluhan orang setiap harinya yang menanyakan harga jenis ini. Sebagian lagi tergoda untuk mencari tahu perkembangan terbarunya. Permintaan pasar yang meningkat membuat harga Monstera jelas melambung tinggi.

#Fungsi estetikanya yang mewah

Memiliki koleksi Janbol di rumah tentu satu prestise tersendiri. Inilah yang diburu para plant lovers. Tanaman ini digunakan untuk mempermantap estetika ruangan, sehingga membuat ruangan terlihat lebih asri dan mewah.

Di benua Amerika, tanaman ini juga dikenal dengan nama swiss cheese plant karena bentuknya yang menyerupai keju swiss yang berlubang.

#Budidayanya yang lambat

Satu hal yang berbeda dari tanaman lainnya, Monstera memiliki perkembangan yang lambat. Bahkan, dalam 3 bulan, baru muncul tunas kecil. Karena perkembangannya yang lambat inilah, yang membuat harganya bisa terus naik.

KLIK INI:  Tanaman Hias untuk Kecantikan? Berikut Penjelasannya!
#Punya sederet keistimewaan

Selain estetika pada daunnya yang bolong, jenis ini juga dapat berfungsi untuk memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Tak hanya itu, Monstera alias janda bolong punya banyak keistimewaan yang sungguh menggiurkan. Lihat DI SINI dan temukan betapa menariknya tanaman hias satu ini.

Itulah 5 alasan kekinian mengapa Monstera terus melambung harganya. Tanaman monstera dapat ditemukan di beberapa platform marketplace. Harganya bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga lebih dari Rp6 jutaan.

Tetapi untuk kualitas terbaik seperti pengalaman Mas Iwan di Bogor, Monstera dengan 2 atau 3 daun dibanderol hingga Rp. 40 juta.

Untuk Anda yang telah memiliki si cantik Janbol dan menjadikannya sebagai tanaman hias idola, silakan mampir membagikan alasannya di kolom komentar di bawah artikel ini.

KLIK INI:  Lebih dekat dengan Bunga Lidah Gajah, Pesona dan Karakter Khasnya!

Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!