Viral, Foto Pembungkus Indomie Bertuliskan 55 Tahun Indonesia yang Mencemaskan Netizen

oleh -701 kali dilihat
Viral, Foto Pembungkus Indomie Bertuliskan 55 Tahun Indonesia yang Mencemaskan Netizen
Pembungkus mie bertuliskan dirgahayu Indonesia ke-55.
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Lewat akun twitternya @selfiniani, Fia mengunggah sebuah gambar tak biasa. Yah, gambar plastik kemasan indomie bertuliskan dirgahayu Indonesia ke-55.

Fia menulis cuitan begini: Agustus nanti Indonesia akan berumur 74 tahun. Namun, pagi ini saya menemukan bungkus indomie yang bertuliskan dirgahayu Indonesia ke-55.

Saya merenung sejenak karena karena perbedaannya 19 tahun jadi pembungkus ini terombang ambing di laut sampai hanyut ke bibir pantai selama 19 tahun.

Fia mengunggah gambar dan status di akun twitternya pada Minggu, 7 April 2019 pukul 11.15. Sejak tayang, gambar ini jadi perbincangan yang mendebarkan para netizen.

Ada 77 ribu orang meretweet postingan ini, 41 ribu yang suka, dan ratusan komentar berderet di dinding akun twitter Fia.

Tidak hanya itu, gambar ini sudah dishare ratusan orang dan beredar di Instagram, grup WA hingga grup Facebook.

KLIK INI:  Bagi Nadia, Memungut Sampah Adalah Bakti Cinta

Kebanyakan netizen menuturkan kegamangannya. Dodi Kurniawan berujar: Jir 19 tahun, kalo begituan baru nemu satu. La yang belon ketemu di laut satu dusun kali ada.

Komentar itu direspons seketika oleh Fia: lebih banyak lagi. Bahkan yang udah terurai dan jadi ukuran lebih kecil misal mikroplastik itu di sedimen terakumulasinya lumayan juga lho….

Beragam komentar cemas bermunculan, tetapi Fia selalu berupaya memberi jawaban keren. Seperti Muhammad Dafi yang bertanya soal berapa tahun plastik bisa benar-benar terurai?

Tiap plastik bisa beda2 mas. Kasarannya sih ratusan tahun. Itu bentuknya berubah dulu dari yang awalnya utuh sampe ukuran mikro bahkan nano. Tulis Fia menjawabnya.

KLIK INI:  Blatchley Terkejut Saat Menjumpai 40 Kilogram Sampah Plastik dalam Perut Seekor Paus di Filipina
Kecemasan dan kesedihan netizen

Kecemasan dan kesedihan netizen terlihat dari komentar seorang netizen lainnya #justiceForAudrey: jadi sedih…limbah di laut pasti banyak banget wong ini yang dah 19 tahun aja masih terpelihara.

Meski menyedihkan, umumnya netizen mengapresiasi postingan ini sebagai sebuah edukasi dan penyadaran lingkungan.

Bagus kok. Tweet begini justru bikin orang2 sadar lingkungan, bijak dalam menggunakan, memilih dan memilah sampah. Jangan mikir yang aneh2 ya….keep posting…m:), cuit seorang netizen.

Bagaimana menurut Anda? Ayo berhentikah boros sampah plastik. Tunjukkan aksimu demi lingkungan dan keberlanjutan.

KLIK INI:  Gajah Saja Buang Sampah Pada Tempatnya, Kok Kamu Tidak?