Khasiat Tanaman Begonia, Mengobati Luka Hingga Demam

oleh -101 kali dilihat
Khasiat Tanaman Begonia, Mengobati Luka Hingga Demam
Begonia Enoplocampa, Spesies Baru Tumbuhan yang Hanya Ada di Selayar -foto/Ist

Klikhijau.com – Tanaman hias Begonia terbilang cukup popular dan banyak ditanam di halaman rumah. Namun, tak banyak yang tahu bahwa Begonia juga memiliki khasiat untuk pengobatan.

Sebagai tanaman yang habitatnya di hutan, Begonia merupakan satu tanaman dengan marga cukup banyak. Tercatat ada sekira 1500 jenis liar yang tersebar di hutan tropic maupun subtropik.

Di Indonesia sendiri, setidaknya terdapat kurang lebih 300-an jenis Begonia, namun baru sekira 200-an jenis saya yang telah dideskripsi (Said dalam Girmansyah, 2010).

Sahabat Hijau, salah satu jenis Begonia yang familiar di hutan adalah cembilung. Jenis ini kerap dimanfaatkan batangnya sebagai pelepas dahaga alternatif di hutan karena kelangkaan air.

KLIK INI:  Jangan Asal, Kenali Dosis dan Waktu Pemupukan 7 Tanaman Hias Populis Ini!
Khasiat tanaman begonia

Bagian batangnya ini berbusa serta sedikit pahit keasaman lantaran adanya kandungan saponin. Itulah sebabnya, bagian batangnya ini juga dimanfaatkan orang saat di hutan untuk membersihkan tangan yang kotor agar bersih seperti sedang memakai sabun.

Selain kandungan saponin, batang  dan dedaun Begonia juga mengandung flavonoid dan polifenol yang memiliki sifat antioksidan bahkan sebagai antivirus. Kandungan istimewa pada tanaman ini pula yang membuatnya kerap dimanfaatkan  untuk pengobatan luka baru dan sakit panas atau demam.

Ada dua jenis Begonia yang paling familiar untuk pengobatan. Pertama, Begonia globra yang daunnya dimanfaatkan sebagai obat luka baru. Caranya mudah yakni dengan mengambil sekira 15 gram dedaun segar. Cuci bersih lalu tumbuk hingga halus kemudian balurkan di bagian luka.

Jenis yang kedua adalah begonia fimbristipulata yang berkhasiat sebagai obat demam. Untuk pemanfaatannya juga mudah yakni siapkan seluruh bagian tanaman lalu dicuci bersih kemudian direbus.  Air rebusannya lalu disaring kemudian diminum saat masih sangat sebagai peluruh demam.

Resep pengobatan lainnya adalah sebagai pembersih tangan. Caranya juga mudah yakni dengan mengambil selembar daun begonia lalu remas-remas di tangan hingga bersih. Sifatnya yang mengeluarkan busa ternyata dapat melenyapkan kotoran di tangan.

Selain itu, tanaman Begonia juga punya khasiat untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan panas dalam. Caranya sangat praktis yakni siapkan satu lembar daunnya kemudian remas-remas hingga hancur. Setelahnya dapat diusapkan pada bibir yang sedang pecah-pecah. Dapat pula dikulum langsung, namun rasanya agak asam.

Nah, menanam Begonia ternyata dapat memanen dua manfaat sekaligus yakni sebagai tanaman hias dan tanaman obat. Sekadar tambahan informasi, tanaman ini dapat diperbanyak melalui bijinya atau dengan stek daun atau stek batang. Begonia terbilang mudah tumbuh dan memiliki kemampuan adaptasi tinggi pada segala cuaca.

Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Mengenal Tanaman Begonia Orange dan Cara Merawatnya