Mengenal Tanaman Begonia Orange dan Cara Merawatnya

oleh -153 kali dilihat
Mengenal Tanaman Begonia Orange dan Cara Merawatnya
Begonia orange - Foto/Klikhijau

Klikhijau.com – Begonia merupakan tanaman hias yang terdiri dari ragam varian. Salah satu yang familiar dan menawan adalah Begonia orange.

Tanaman yang berasal dari keluarga Begoniaceae ini akan semakin eksotik ketika sudah mengeluarkan bunga. Begonia orange sendiri mengeluarkan bunga dengan dua warna yakni berwarna kuning dan orange.

Bunga dua warna tersebut terlihat begitu menggemaskan dan berpadu dengan corak daun yang seperti ukiran batik.

Menariknya, tanaman Begonia orange terbilang cukup terjangkau harganya. Di Marketplace misalnya, tanaman ini dibanderol dengan harga antara Rp.14 ribu hingga Rp.85 ribu tergantung jenis dan ukurannya.

Sifatnya yang gampang tumbuh membuat tanaman ini juga mudah didapat. Begonia orange akan menjadikan halaman rumah berwarna terang mencolok. Warna daunnya ini akan memantik rasa senang dan bahagia bagi pemiliknya.

Sahabat Hijau, bila tertarik merawat Begonia orange, berikut ini beberapa tips perawatannya.

KLIK INI:  Begonia Enoplocampa, Spesies Baru Tumbuhan yang Hanya Ada di Selayar

Pakai media tanam yang subur cukup nutrisi

Saat awal penanaman, pastikan menggunakan media tanam yang subur dan gembur. Media tanam terbaik yang bisa dipakai terdiri dari campuran tanah, kompos dan sekam padi.

Letakkan pada area teduh dan akses sinar matahari

Sejatinya Begonia orange tidak terlalu menyukai akses sinar matahari berlebihan. Bila ia terpapar sinar matahari secara berlebihan, tanaman ini bisa membusuk bahkan mati.

Meski demikian, begonia perlu dipindahkan ke bagian yang terakses sinar matahari selama beberapa jam di pagi hari.

Jika terpaksa menanamnya di luar rumah, pastikan ada semacam pelindung berupa paranet atau taruh dekat pohon rimbun. Bila diletakkan dalam rumah, sebaiknya pada posisi terbik yakni di dekat jendela agar terkena cahaya tidak langsung.

Siram secukupnya

Lakukan penyiraman dengan intensitas air secukupnya. Jangan menyiram berlebihan karena akan membuat media tanamnya terlalu lembap. Cek terlebih dahulu kondisi media tanam sebelum menyiram. Siramlah pad saat media tanam benar-benar kering. Penyiraman berlebihan pada tanaman ini akan menyebabkan busuk akar.

Lakukan pemupukan secara teratur

Proses pemupukan bisa dilakukan setidaknya tiga bulan sekali. Bila terlihat tanaman ini subur-subur saja, cukup dengan menambahkan pupuk cair organik atau kompos demi memenuhi kecukupan nutrisinya.

Ganti pot dan media tanam ketika sudah tumbuh besar

Penggantian pot dan media tanam perlu dilakukan bila tanaman sudah tumbuh besar. Hal ini penting agar pertumbuhannya dapat lebih maksimal lagi. Pertumbuhan begonia orange memerlukan pula ruang yang lebih memadai.

Demikianlah perkenalan singkat dengan Begonia orange, selamat merawat semoga bermanfaat!