Intip 6 Cara Ampuh Menyimpan Cabai Agar Tetap Awet

oleh -97 kali dilihat
6 Cara Ampuh Menyimpan Cabai Agar Tetap Awet di Tengah Pendemi
Cabai merah/foto-Balinetizen
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Banyak orang Indonesia yang mengaku tak enak makan tanpa cabai. Karenanya keberadaannya  adalah harga yang tak bisa ditawar.

Tumbuhan anggota genus Capsicum itu pada umumnya digunakan untuk membuat sambal atau bumbu masak. Maka tak heran jika banyak orang yang menyimpannya di rumahnya.

Selain sebagai “kawan” makan,  buah yang di Asia Tenggara pepoler sebagai penguat rasa makanan juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C juga dikenal baik untuk kesehatan kulit.

Hanya saja, buah yang dominan merah jika masak itu mudah rusak jika tidak disimpan dengan prosedur tertentu. Nah, agar  bisa awet hingga berbulan-bulan, berikut cara menyimpannya:

KLIK INI:  Ini Caranya Agar Rumah Ramah Lingkungan dan Tetap Dingin Tanpa AC
  • Biarkan saja, jangan dcuci

Jika kamu ingin menyimpannya, sebaiknnya jangan dicuci. Cukup lap dengan tisu atau kain kering. Proses penyucian baru dianjurkan jika  ingin digunakan, entah untuk membuat sambal atau sebagai memasak.

  • Sortir

Pisahkan  yang busuk. Membiarkan yang busuk atau rusak tercampur dengan  yang masih segar atau baik akan menyebabkan cabai tersebut lebih mudah ikutan busuk.

  • Cabut tangkainya

Mencabut tangkainya bisa membuat cabai lebih segar saat disimpan. Saat mencabut tangkainya, akan ketahuan pula mana yang rusak dan mana yang masih bagus. Ini merupakan penyertoran tahap kedua.

  • Simpan di wadah tertutup

Letakkan setidaknya dua lapis serbet atau tisu di dalam wadah kedap udara, lalu masukkan cabai yang sudah dipotong batangnya. Tutup kembali  dengan tisu atau serbet, lalu tutup wadah dengan rapat, dan simpan dalam kulkas hingga siap digunakan.

Kemudian taruh satu siung bawang putih yang sudah dikupas di atasnya. Bawang putih bersifat anti bakteri, sehingga cabai tidak mudah busuk dan rasa pedasnya tetap terjaga.

KLIK INI:  Ingin Liburan ke Pantai, Jangan Lupa Bawa Barang-Barang Ini!
  • Simpan dalam kulkas

Jika kamu ingin menyimpan cabai yang masih segar agar tidak kering maupun busuk, sebaiknya simpan dalam kulkas. Cabai yang disimpan di dalam kulkas bisa bertahan hingga 3 pekan bahkan satu bulan.

  • Mengeringkan

Agar bisa bertahan sampai berbulan-bulan, cara menyimpannya adalah dengan mengeringkan cabai kemudian menyimpannya di wadah tertutup.

Tempatkan cabai kering di tempat yang kering pula. Ketika hendak digunakan, cukup direndam dengan air panas kemudian dihaluskan bersama bumbu lain seperti biasa.

Selamat mencoba!

KLIK INI:  Agar tak Mencemari Lingkungan, Begini Cara Mengolah Sampah Masker Sekali Pakai