7 Rekomendasi Gaya Hidup Ramah Lingkungan, Ayo Kita Mulai!

oleh -18 kali dilihat
7 Rekomendasi Gaya Hidup Ramah Lingkungan, Ayo Kita Mulai!
Ilustrasi baca buku - Foto/ StockSnap dari Pixabay

Klikhijau.com – Tak disangka perjalanan waktu bergerak cepat dan sampailah kita di awal tahun 2022. Apakah kamu belum bisa move on dari kebiasaan buruk yang sebenarnya kamu paham bahwa itu tak baik bagi lingkungan?

Atau pernahkah kamu membangun niatan terdalam dalam hati untuk memulai suatu kebiasaan baik demi lingkungan? Nah, inilah saatnya, di awal tahun ini ada semacam resolusi gaya hidup ramah lingkungan yang kamu lakukan.

Tidak perlu tergesa-gesa mencobanya. Kamu bisa memulainya dari hal-hal sederhana secara bertahap. Sebab, yang terpenting dari suatu gaya hidup adalah konsistensinya. Seberapa bisa kamu bisa menjaga hal-hal baik ke depan, itu jauh lebih baik ketimbang merencanakan banyak hal yang mungkin muluk-muluk.

Sahabat hijau, berikut ini ada 7 rekomendasi resolusi gaya hidup ramah lingkungan yang bisa kamu terapkan di tahun 2022. Apa saja? Simak berikut ini:

KLIK INI:  Cuci Piring Bisa Hilangkan Stres dan Perbaiki Mood, Benarkah?
  • Memulai makan berbasis nabati

Pilihan pada apa yang kamu makan tidak hanya penting untuk kesehatan, tetapi juga perlu memikirkan dampaknya pada lingkungan. Agar kualitas hidup kamu lebih mantep di tahun 2022, tak ada salahnya mencoba memulai untuk pelan-pelan beralih pada makanan berbasis nabati.

  • Mulai mencoba merawat tanaman

Setahun lalu, kamu mungkin disesaki kesibukan dan agak jarang bersentuhan dengan tanaman. Tahun ini, kamu bisa membangkitkan kembali gairah merawat tanaman di rumah. ada waktu-waktu luang di awal pagi atau di sore hari untuk sekadar menyiram tanaman. Kebiasaan merawat tanaman akan membuat kamu punya empati pada lingkungan.

  • Mulai memilah sampah dari rumah

Memilah sampah dari rumah adalah praktik sederhana yang mudah diucapkan, namun terkadang sulit diterapkan. Kebiasaan memilah sampah di rumah akan berdampak luas pada lingkungan. Beberapa jenis sampah yang dipilah bisa ditabung di bank sampah, selebihnya bisa diolah menjadi kompos.

  • Mulai belajar mengompos

Sejatinya sampah di rumah tidak selalu berujung ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Sampah organik bisa diolah menjadi kompos atau membuat eco enzyme dan lainnya. Untuk praktis sederhana membuat kompos tentu paling bisa kamu coba. Dengan membuat kompos, maka sampah organik di rumah akan lebih bermanfaat bagi lingkungan.

KLIK INI:  Suka Hunting Foto Berlatar Pemandangan Alam, Ini 5 Manfaatnya!
  • Berjejaring dengan komunitas

Agar semakin kaya informasi, berjejaring dengan komunitas cinta lingkungan bisa kamu lakukan. Ada banyak komunitas yang bisa menjadi panutan sekaligus tempatmu belajar. Dari komunitas itu, setiap saat ada kegiatan bertema linkungan dimana kamu bisa ikut ambil bagian. Selain itu, kamu juga bia men-follow akun media sosial beberapa lembaga atau komunitas yang memang concern pada isu dan edukasi lingkungan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan update informasi setiap waktu.

  • Membaca buku bertema lingkungan

Untuk memperkaya wawasan, kamu bisa mencoba membaca buku-buku bertema lingkungan lebih intensif lagi. Saat ini ada banyak terbitan buku-buku bertema lingkungan yang dapat memantik kesadaran dan inspirasimu agar tetap konsisten menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

  • Mulai menulis isu lingkungan

Bila kamu aktif dalam ragam kegiatan lingkungan dan juga membaca banyak informasi mengenai lingkungan, tidak ada salahnya mulai bergeser satu langkah lagi yakni menulis. Cobalah menuliskan ide-ide dan refleksi sehari-hari mengenai lingkungan dengan harapan tulisan itu dapat bermanfaat dan menginspirasi orang lain.

Saat ini ada banyak media dan website yang bisa menampung tulisan yang kamu hasilkan. Jadi, sembari berbagi pengetahuan dan pengalaman, kamu juga bisa mendapat nilai tambah dari tulisan. Mendapat honor tulisan, popularitas dan kepuasan psikologis tentunya.

Demikianlah, 7 aksi menarik yang bisa jadi resolusi gaya hidup ramah lingkungan di tahun 2022. Selamat mencoba dan salam lestari!

KLIK INI:  Berbahaya, Kebiasaan Ini Tak Baik Bagi Kesehatan