7 Resolusi Gaya Hidup Ramah Lingkungan Tahun 2022

oleh -672 kali dilihat
Ini Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021
Ilustrasi - Foto/Autocar Profesional

Klikhijau.com – Resolusi selalu digaungkan tiap pergantian tahun. Jika tahun-tahun silam, resolusi lebih banyak mengarah pada peningkatan taraf hidup, misalnya peningkatan secara finansial.

Tahun 2022 nanti, tak ada salahnya kamu “mengaktifkan kuota” resolusimu ke ranah lingkungan hidup.

Resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditentukan oleh rapat (musyawarah, sidang), pernyataan tertulis yang biasanya berisi tuntutan tentang sesuatu hal (KBBI)

Karenanya, di tahun 2022 yang tak lama lagi akan tiba, kamu bisa melakukan resolusi dalam hidupmu dengan cara yang lebih ramah lingkungan. Kamu bisa menerakan gaya hidup berikut:

KLIK INI:  7 Cara Menjalani Gaya Hidup yang Berfokus pada Lingkungan
  • Minim sampah

Jika di tahun 2021 ini, kamu masih menghasilkan banyak sampah. Maka di tahun 2022 nanti ada baiknya menerapkan hidup yang lebih minim sampah.

Caranya dengan mengerem daya konsumtif barang-barang yang berpotensi menjadi sampah. Upayakan membeli barang sesuai kebutuhan, bukan keinginan.

Hidup minim sampah ini bisa diterapkan dari rumah, misalnya mengurangi sumber sampah rumah tangga, mulai dari dapur hingga kamar mandi.

  • Beralih ke alternatif ramah lingkungan

Produk ramah lingkungan saat ini telah banyak diproduksi. Di tahun 2022 nanti, beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan adalah langkah bijak untuk membantu melestarikan lingkungan.

Selain produk ramah lingkungan yang dihasilkan oleh para produsen, di sekitar kamu banyak bahan-bahan ramah lingkungan yang bisa digunakan, misalnya dedaunan untuk membungkus makanan, di antaranya daun jati atau daun pisang.

KLIK INI:  Apa Itu Gaya Hidup Ramah Lingkungan ‘Electrifying Lifestyle’?
  • Mengurangi pembelian barang baru

Berbelanja, apalagi jika banyak tawaran diskon memang cukup menggoda. Jadinya banyak barang yang kadang tak kita butuhkan yang terbeli.

Di tahun 2022 mendatang, ada baiknya kamu mengurangi intensitas belanja barang baru. Manfaatkan barang lama atau barang bekas untuk digunakan kembali.

Cara ini bisa jadi salah satu solusi untuk lebih ramah lingkungan dan bisa menyelamatkan bumi.

  • Menerapkan daur ulang

Jika tahun 2021 ini, kamu masih membuang barang-barang bekas, maka di tahun 2022 yang tak lama lagi akan tiba, barang-barang bekas itu sebaiknya di daur ulang untuk menghasilkan sesuatu yang baru.

Tak hanya menghasilkan barang baru, tapi juga barang-barang bekas itu tak lagi terbuang mencemari lingkungan. Di samping itu, melakukan daur ulang juga bisa menambah daya kreativitas dan peningkatan ekonomi serta pengetahuan.

KLIK INI:  Pengendara Buang Sampah Sembarangan, Ini Sebabnya!
  • Menghabiskan makanan

Indonesia termasuk negara yang sudah masuk ke dalam darurat sampah makanan. Salah satu penyebabnya adalah masih banyak penduduk Indonesia yang tak menghabiskan makanannya.

Makanan yang tak habis itu, umumnya dibuang begitu saja. Padahal membuang makanan bukanlah solusi yang baik, karena akan menghasilkan zat metana.

Zat metana ini berpotensi menyebabkan pencemaran udara yang bisa menipiskan ozon. Selain itu, membuang sisa makanan juga akan mencemari lingkungan, khususnya sumber air dan tanah.

  • Ikut aksi lingkungan

Saat ini telah banyak komunitas lingkungan yang tumbuh. Komunitas-komunitas itu kerap melakukan aksi lingkungan, seperti penanaman pohon, diskusi hingga kerja bakti untuk membersihkan lingkungan.

Nah, kamu bisa mengambil peran dengan ikut serta menjadi bagian dari aksi lingkungan tersebut.

Dengan demikian secara tak langsung, kamu telah terlibat dalam aksi melestarikan lingkungan. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapat teman baru bahkan mungkin jodoh.

KLIK INI:  Memesona dan Perawatan Mudah, 5 Tanaman Hias Bakal Hit Tahun Ini
  • Diet plastik

Penggunaan plastik telah jadi bumerang tersendiri. Jika pada tahun 2021 ini, kamu masih setia menggunakan plastik, khususnya plastik sekali pakai, maka pada tahun 2022 nanti, kamu bisa menerapkan diet plastik.

Cara yang bisa ditempuh mudah saja, kamu bisa memulainya dengan membawa botol minuman sendiri (tumbler) membawa tas belanja sendiri, dan membawa tempat makanan sendiri.

Sampah plastik telah menjadi sampah yang dominan di laut, bahkan diperkirakan tahun 2050 mendatang, sampah plastik lebih banyak daripada ikan. Karena itu, jika tak melakukan diet plastik, prediksi di tahun 2050 nanti akan benar-benar terbukti.

Diet plastik tak hanya ramah lingkungan, tapi juga baik bagi kesehatan. Karena plastik mengandung zat beracun yang bisa merusak kesehatan, juga bisa menjelma jadi mikroplastik yang juga berbahaya bagi kesehatan manusia dan hewan.

Jadi, selamat beresolusi di tahun 2022 mendatang, selamat menyelamatkan lingkungan. dan selamat menanti kedatangan tahun baru 2022.

KLIK INI:  Electrolux Dukung Pola Makan Berkelanjutan dengan Produk “UltimateTaste”