10 Lembaga Lingkungan Hidup Internasional yang Penting Anda Ketahui

oleh -39,640 kali dilihat
Ilustrasi lingkungan hidup
Ilustrasi lingkungan hidup/foto-google.com
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Menjadi pencinta lingkungan tidak akan membuatmu sendirian. Di dunia ini banyak lembaga yang terus bergerak untuk mencegah kerusakan lingkungan semakin  parah. Kehadiran lembaga-lembaga tersebut menjadi berkah tersendiri bagi kelangsungan kehidupan di dunia ini.

Kerusakan lingkungan, telah lama menjadi kekhawatir umat manusia. Manusia khawatir lingkungan semakin rusak parah, namun tidak pernah puasa merusaknya dan tidak merawatnya. Beruntunglah ada lembaga yang telah mewakafkan dirinya untuk mengurusi lingkungan hidup.

Jika kamu tertarik terjun menjadi “pahlawan” bagi lingkungan hidup dan merasa bahwa jika menceburkan diri di dalamnya akan sendirian. Tak perlu khawatir atau ragu, sebab 10 lembaga  atau organisasi terbesar internasional ini bisa membuat semangatku tumbuh subur.

KLIK INI:  Malluka' Singkeru, Tradisi Pesta Panen Tahunan di Desa Lamiku Wajo
  •  Greenpeace

Organisasi yang berpusat di Amsterdam Belanda ini   termasuk paling ngetop di dunia dan terbilang paling keras melawan perusak  lingkungan. Terutama yang menyangkut kerusakan lingkungan karena bermacam polusi yang mengancam kelangsungan hidup.

  •  National Geographic Society

Berdiri sejak tahun 1888, lembaga atau organisasi ini merupakan salah satu organisasi lingkungan terbesar dan ternama di dunia.  Lembaga sangat aktif bahkan  sudah tak terhitung keterlibatannya dalam pelestarian lingkungan. Tidak pernah berhenti  kampanyenya ke seluruh dunia untuk mencegah kerusakan lingkungan lebih parah.

KLIK INI:  Aksi Bebas Sampah, Komunitas Ini Akan Jemput Sampah Di Rumah Warga
  • World Wildlife Fund [WWF]

Bagi pecinta lingkungan,  pasti akrab dan mengenal organisasi berlogo panda ini. Tercatat ada sekitar 5 juta anggotanya di seluruh dunia. Konsentrasi lembaga ini adalah pelestarian binatang agar tidak punah. Bayangkan, bagaimana jadinya dunia ini jika semua binatang punah.

  •   National Wildlife Federation

Pada tahun 1938  Jay Darling mendirikan Lembaga ini di Amerika. Dan hingga saat ini anggotanya  tercatat 4 juta orang lebih. Aktivitas paling putamanya adalah pelestarian satwa.

  •   Rainforest Action Network [RAN]

Pengurusnya terbilang sedikit untuk ukuran Lembaga Internasional, hanya 43 orang, tapi   anggota relawan mencapai ribuan. Mereka fokus kampanye lingkungan dan mendapat pujian dari berbagai media sebagai organisasi yang cerdas dalam melestarikan lingkungan secara menyeluruh.

  •   The Nature Conservancy

Entah apa yang menginsiparasi Richard Pough pada tahun 1951 sehingga ia mendirikan Lembaga ini di Virgina, Amerika. Lembaga ini lebih fokus pada kampanye lingkungan dengan memanfaatkan media online, seperti melalui media sosial, blog, dan aplikasi digital yang mudah diakses di zaman melinial ini.

KLIK INI:  Bersama P3E Suma, Unismuh Makassar Menuju Kampus Berwawasan Lingkungan

Sejak didirikan tahun 1974, lembaga ini selalu jadi referensi untuk pengambil kebijakan pemerintah, masyarakat sipil, para pengusaha, dan juga pelaku akademis. Lembaga ini merupakan salah satu lembaga terbesar di dunia yang respek pada lingkungan, layanan dan penelitiannya, yang disebarkan melalui berita secara online ke 100 negara lebih.

Organisasi ini terbesar di 46 negara. FSC sering membantu perusahaan, pemerintah, dan penduduk dalam mencaga kelangsungan hutan dari kerusakan. FSC banyak mendapat penghargaan atas aktivitasnya di bidang pelestarian hutan.

Lembaga ini dijalankan oleh ratusan ilmuwan untuk meriset perubahan iklim. Mereka sangat aktif menuntaskan perbagai masalah mengenai pencemaran akibat penyalahgunaan bahan bakar.

Lembaga  ini lebih banyak menjalani program yang berkaitan dengan kesehatan manusia, satwa, tumbuh-tumbuhan, tanah, air, dan udara dan fokus untuk menghentikan pemanasan global yang menjadi salah satu ancaman bagi lingkungan hidup sekarang ini.

Nah, itulah 10 lembaga terbesar di dunia yang titik fokusnya adalah lingkungan. Tentu lembaga lingkungan hidup bukan hanya yang 10 itu, tapi masih banyak, yang membuatmu tidak akan merasa sendiri jika menceburkan diri ke dalam aksi peduli lingkungan.