7 Tips Sedehana Berlibur ke Desa Wisata

oleh -14 kali dilihat
7 Tips Sedehana Berlibur ke Desa Wisata
Rumah pohon di Desa Gareccing Sinjai, Sulawesi Selatan - Foto/FB: Sambah Sambahri

Klikhijau.com – Rasa penat dan keriuhan di perkotaan membuat orang-orang tertarik berwisata ke desa-desa. Suasana desa yang masih asri plus panorama alamnya yang eksotik menambah daya tarik tersendiri.

Potensi wisata desa pun terbuka lebar pasca pandemi karena memungkinkan orang-orang melakukan perjalanan. Bak gayung bersambut, desa-desa kini melakukan transformasi menangkap peluang wisata sebagai sumber pendapatan potensial.

Para pengunjung pun punya banyak opsi untuk memilih desa mana yang akan dikunjungi sesuai badget. Termasuk memilih apakah akan berselancar di pantai atau menjelajah alam terbuka di pegunungan.

Bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan liburan ke desa wisata, berikut ini tips dan trik yang perlu diperhatikan sebelum berlibur ke desa wisata:

KLIK INI:  Celana Dalam Bekas, Permasalahannya, dan Cara Mengatasinya
  • Cari informasi lengkap

Pastikan Anda mendapatkan informasi sebanyak mungkin perihal desa yang akan dituju. Mulai dari rute perjalanan, kondisi cuaca, makanan dan lainnya.

Hal ini penting agar Anda punya kesiapan maksimal saat berada di sana. Selain itu, Anda juga perlu untuk mendapat informasi lengkap mengenai acara menarik dan spot kunci di desa yang akan dikunjungi. Mulai dari pesta rakyat, hingga acara budaya yang kental dengan adat istiadat.

Nah, untuk acara tersebut, biasanya turis diminta mengenakan pakaian tertentu atau minimal pakaian tertutup. Agar tak salah kostum, sebaiknya cari tahu dulu pada tanggal keberangkatan, apakah ada acara di desa wisata tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan.

Jaga kebersihan

Pastikan Anda tidak datang membawa sampah ke desa tujuan. Jaga kebersihan dan beri contoh terbaik bahwa Anda menjaga lingkungan.  Jangan buang sampah sembarangan demi menjaga kelestarian desa wisata yang sudah jarang ditemui. Kurangi pemakaian makanan instan yang menggunakan kemasan sekali pakai.

KLIK INI:  Tips Sukses Terapkan Green Ramadhan di Bulan Penuh Berkah

Jangan merusak apa yang ada di desa

Hal lain yang perlu turis perhatikan adalah tidak merusak segala sesuatu yang sudah ada di desa. Jangan memetik tanaman yang ada, mencoret-coret tembok atau merusak fasilitas yang ada. Anda harus menunjukkan diri sebagai pengunjung yang menghargai potensi desa wisata yang dikunjungi.

Hormati peraturan yang berlaku

Setiap tempat memiliki peraturan yang wajib dipatuhi penduduk dan wisatawan yang datang. Begitu pula dengan desa wisata, tempat tersebut tentu memiliki peraturan yang harus diketahui, khususnya traveler.

Untuk itu, jangan sungkan bertanya perihal peraturan yang ada, baik tertulis maupun tidak. Setelah itu, hormati dengan ikut menjalankan peraturan yang ada.

Ramah terhadap penduduk

Meski ada pepatah yang mengatakan “Tamu adalah raja”, ini bukan berarti Anda bebas bertingkah sepuasnya dan berlaku sombong terhadap penduduk sekitar. Anda harus terus bersikap ramah dan tebar senyum terhadap penduduk sekitar.

Ingat, walau bagaimanapun Anda berada di kampung halaman orang lain. Ramah terhadap penduduk sekitar pun jadi kewajiban, sebagai tanda penghormatan

Persiapkan alat camping

Hal menarik saat berwisata di desa adalah menikmati suasana outdoor. Karenanya, pastikan Anda membawa peralatan camping agar bisa menikmati suasana bersantai di ruang terbuka.

Pilih berlibur saat cuaca mendukung

Poin terakhir ini juga perlu diperhatikan. Saat cuaca mendukung, Anda tentu dapat lebih lelusa menikmati masa liburan di desa wisata. Jadi, pastikan Anda berlibur saat cuaca sedang cerah.

Selamat menikmati eksotika alam di desa!

KLIK INI:  Tebing Apparalang dan ‘Kebenaran’ Lagu Nenek Moyang dari Ibu Sud