Sering Gatal, Begini Cara Menaklukannya!

oleh -607 kali dilihat
Ilustrasi gatal/foto-sparknotes.com
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Tentu saja semua orang pernah mengalami kulit terasa gatal. Ada yang berlangsung sesaat, setelah digaruk akan menghilang. Ada pula yang bandel, datang berkali-kali serupa mantan yang ingin balikan.

Gatal terkesan masalah remeh yang tak usah dirisaukan. Namun, jika gatal kerap bertamu ke kulit akan merepotkan. Kita akan sering menggaruknya.

Keseringan menggaruk titik gatal pada kulit bisa menimbulkan luka. Namun, tak perlu cemas jika gatal dan enggan menggaruknya karena takut terluka, cukup ikuti saja cara ini:

KLIK INI:  Jika Jarang Mencuci Tangan, Sebaiknya Baca Ini!
  • Menghindari barang yang menyebabkan gatal

Langkah awal yang dapat kamu lakukan sebagai cara mengatasi kulit gatal ialah mengindentifikasi penyebab rasa gatal yang kamu alami. Untuk sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, terdapat beberapa benda yang dapat menyebabkan rasa gatal tersebut seperti benda yang berbulu, bahan baju yang kasar, selimut yang sudah lama tak dicuci, dan masih banyak sumber lain penyebab gatal yang wajib kamu singkirkan.

  • Gunakan pakaian yang nyaman

Jika penyebab kulitmu gatal karena bahan pakaian, maka gunakan pakaian dengan bahan yang nyaman dan lembut saat digunakan. Cara mengatasi kulit gatal yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan, hanya butuh perhatian yang lebih dalam memperhatikan bahan pakaian yang hendak kamu gunakan.

  • Mandi dengan air hangat

Terkadang, kulit gatal yang kamu rasakan bisa disebabkan oleh kuman atau bakteri yang menempel pada kulitmu. Sebagai cara mengatasi kulit gatal yang cukup ampuh, mandi dengan air hangat dapat mengurangi rasa gatal tersebut secara perlahan. Karena air hangat dipercaya tak hanya sekedar membersihkan tubuh dari debu dan kotoran, tetapi juga dari kuman dan bakteri.

KLIK INI:  Mengenai Tungau dan Dampak yang Ditimbulkan Setelah Menyingkirkannya
  • Kompres area gatal dengan es batu

Jika rasa gatal yang kamu rasakan sedikit panas, lakukan salah satu cara mengatasi kulit gatal yang satu ini. Kompres area gatal dengan menggunakan es batu agar rasa gatal menjadi lebih berkurang.

  • Jagalah suhu tubuhmu

Salah satu penyebab kulit gatal ialah adanya ruam pada kulit yang disebabkan oleh perkembangbiakan jamur pada kulitmu. Hal tersebut dapat terjadi karena suhu tubuhmu yang hangat atau berada di tempat yang lembap. Menjaga suhu tubuh merupakan salah satu cara mengatasi kulit gatal yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Jika rasa gatal karena jamur masih mengganggumu, gunakan juga krim antijamur ya!

KLIK INI:  Bandotan, Rumput Liar yang Membuat Pasanro Angkat Topi Pada Leluhur
  • Jangan lupa untuk menggunakan pelembap

Rasa gatal pada kulitmu juga dapat disebabkan oleh kulit yang kering. Untuk itu, penting sekali menjaga kulit tetap lembap yaitu salah satunya dengan menggunakan pelembap yang dapat membantu kulit tetap lembap sehingga terbebas dari rasa gatal.

  • Atasi dengan bahan oatmeal

Cara mengatasi kulit gatal yang dapat kamu lakukan ialah dengan memanfaatkan bahan oatmeal sebagai masker pada kulit wajah maupun kulit tubuh untuk dapat menyerap rasa gatal yang disebabkan kuman, bakteri, atau jamur yang menjadi penyebab utama kulit gatal.

Selamat mencoba, semoga cara salah satu cara di atas bisa membebaskanmu dari rasa gatal pada kulitmu.

KLIK INI:  Kenapa Ibu Suka Minum Kunyit Hitam, Apa Manfaatnya?