Tak Hanya Eksotis, 4 Jenis Bunga Ini juga Bisa Diseduh Jadi Teh

oleh -10 kali dilihat
Bunga Telang, Cantik Menawan dan Sederet Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan
Bunga telang/foto-wanita.me

Klikhijau.com – Selain membuat suasana tampak segar dan eksotis. Beberapa tanaman bunga juga  bisa diseduh menjadi teh.

Teh adalah salah satu menimunam yang disukai banyak orang. Eksistensi sebagai minuman jamuan dan santai bersaing ketat dengan kopi.

Bahan baku minuman yang bisa dibuat teh, juga sama dengan kopi. Maksudnya kedua minuman ini tidak harus berasal dari tanaman teh atau biji kopi.

Kopi misalnya, ia bisa saja dari buah biji mangrove atau biji salak. Teh pun demikian, tidak harus dari tanaman teh, tapi  bisa dari tanaman lain, semisal daun kelor.

KLIK INI:  Daffodil, Bunga Hias Sarat Simbolis yang Tebar Banyak Manfaat

Bebungaan pun bisa dijadikan seduhan teh yang memiliki aroma khas yang menggoda dan wangi. Ini 4 jenis bunga yang bisa diseduh jadi teh:

  • Bunga telang

Bunga bernama ilmiah  Clitoria ternatea ini, tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias, tetapi juga bisa diseduh jadi teh yang nikmat.

Tumbuhan yang hidup dengan cara merambat ini memiliki kelopak bunga yang berwarna ungu. Pada bunganya diketahui memiliki potensi farmakologi yang tinggi.

Bunga telang merupakan bunga yang bisa ditemukan di pekarangan rumah atau tepi hutan yang tergolong ke dalam anggota suku polong-polongan.

Selain dijadikan sebagai tanaman hias, bunga ini juga biasa dimanfaatkan obat tradisional juga modern serta pewarna makanan.

Di beberapa negara, termasuk Indonesia bunga ini dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau minuman. Di Malaysia  ekstrak mahkota bunganya dimanfaatkan untuk mewarnai ketan. Tidak hanya itu, bungan tanaman ini juga bisa diseduh sebagai teh.

KLIK INI:  5 Manfaat Jamur Tiram yang Dibudidayakan Rutan Enrekang
  • Bunga Rosella

Bunga yang datang dari benua Afrika ini.  Menyandang latin Hibiscus sabdariffa. Di Indonesia,  bunga ini dikenal dengan nama rosella  atau asam paya.

Bunga ini tidak hanya sekadar jadi bunga hias yang membuat rumah terasa eksotis, tapi juga bermanfaatkn baik bagi tubuh. Karena tanaman berbunga merah ini mengandung banyak vitamin,  di antaranya vitamin B3 (niasin), vitamin C, dan vitamin B9 (folat).

Kandungan lain yang dikandungnya adalah berbagai jenis mineral, di antaranya kalsium, zat besi, seng, magnesium, natrium, fosfor, dan kalium.

Banyak manfaat dari bunga yang bisa diseduh jadi teh ini, ia diyakini mampu mengurangi rasa cemas dan juga depresi.

Manfaat itu bisa diperoleh karena bunga ini mengandung  flavonoid. Kandungan flavonoidnya memiliki sifat antidepresan sehingga bisa membuat  lebih tenang dan santai ketika dikonsumsi.

  • Bunga mawar

Di antara banyak bunga yang tumbuh di muka bumi ini. Bunga mawar haruslah masuk didaftar bunga paling populer.

Bunga ini telah banyak dimanfaatkan, bukan hanya sebagai tanaman hias, tapi juga simbol suatu lembaga.

Dalam dunia percintaan, bunga mawar juga dijadikan sebagai simbol cinta. Pada hari-hari tertentu, misalnya hari valentine, bunga mawar akan diburu untuk dikadokan pada orang tercinta.

Mawar adalah tanaman semak yang berasal dari genus Rosa.  Bunga ini  terdiri dari 100 spesies lebih. Bunganya banyak pula dimanfaatkan sebagai parfum. Bunga dari tamanan ini juga bisa diseduh jadi teh dengan rasa segar yang memikat.

KLIK INI:  Kaya Manfaat, Masyarakat Olah Bunga Telang Jadi Aneka Minuman
  • Bunga dandelion

Tanaman ini sejak dulu banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal dan makanan.  Tumbuhan ini dapat dinikmati dalam keadaan mentah, direbus, ataupun menjadi paduan salad. Namun, mengonsumsi bunga ini perlu hati-hati. Karena khasiat dan efek sampingnya masih perlu dicermati ulang, tujuannya agar tidak membahayakan.

Dandelion atau Taraxacum merupakan bunga liar. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara dan Eurasia.

Pada zaman dahulu, pada awal abad ke-10, bunga ini dimanfaatkan  oleh seorang dokter dari Arab untuk tujuan pengobatan.

Pada kisah selanjutnya, tanaman liar ini kemudian banyak dibudidayakan di Asia Eropa dan Eropa.  Nama dandelion berasal dari bahasa Prancis yang artinya gigi singa.

Bukan hanya bunganya yang bisa dimanfaatkan, tetapi juga daunnya yang merupakan makanan bersifat rendah lemak dan karbohidrat.

Daunnya menjadi salah satu sumber nabati yang paling kaya akan beta karoten yang memproduksi vitamin A.

Bunga ini merupakan sumber vitamin C, D, E, dan K, serat, kalium, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, tiamin, folat, dan riboflavin.

Nah, itulah 4 bunga yang bisa diseduh jadi teh selain tanaman teh atau camellia sinensis. Jadi, bagi sahabat hijau yang ingin menikmati keindahan bunga yang juga bisa diseduh jadi teh, silakan tanam bunga di atas.

Selamat mencoba!

KLIK INI:  Naik Daun Lagi, Ini 6 Langkah Praktis Menanam Bunga Gelombang Cinta dalam Pot