Selain Swiss, 6 Negara Ini Memiliki Kualitas Air Terbaik di Dunia

oleh -694 kali dilihat
Warga Sentul City Menangkan Gugatan Hak Atas Air
Ilustrasi air - Foto/Environment and energy center

Klikhijau.com – Kualitas air memang perlu terus dijaga. Mengingat air yang baik sangat penting bagi manusia. Perannya tidak bisa digantikan dengan apa pun.

Kualitas air, juga sangat erat kaitannya dengan air bersih. Sayangnya tak mudah mendapatkan air bersih dengan kualitas yang baik.

Negara harusnya selalu hadir menyediakan air berkualitas bagi masyarakatnya. Namun, tak semua negara mampu melakukannya.

Banyaknya pencemaran yang disebabkan aktivitas industri dan pola hidup masyarakat yang kurang sehat jadi salah satu penyebabnya.

KLIK INI:  Simalakama Deterjen, Membersihkan Sekaligus Mengotori

Penebangan hutan secara berlebihan juga jadi penyebab lain turunkan kualitas air. Saat banyak negara berjibaku dengan kualitas air yang kurang baik. Ada beberapa negara yang memiliki kualitas air terbaik di dunia.

Negara-negara ini menciptakan teknologi filtering khusus, sehingga  membuat air biasa menjadi air bersih dan higienis dengan kualitas yang tinggi. Sehingga negara tersebut percaya diri (PD)  menyediakan air bersih melalui keran yang bisa langsung diminum.

Menariknya air yang dikeluarkan dari kran bisa langsung diminum, tak perlu dimasak, baik itu di rumah maupun di ruang publik.

Berikut 7 negara dengan pengelolaan air berkualitas tinggi, yaitu:

  • Inggris

Dengan curah hujan yang tinggi, menjadikan Inggris memiliki pasokan air bersih yang melimpah. Air hujan sendiri memiliki kualitas yang tinggi. Namun, di Inggris air hujan disaring terlebih dahulu dengan proses yang canggih, sehingga menghasilkan air yang jernih dan bersih, yang bisa langsung diminum di keran

Di negeri Ratu Elizabeth itu, khususnya di daerah-daerah pedesaan bagian Inggris Utara seperti wales dan Skotlandia dikenal sebagai surga bagi sejumlah danau air tawar.

Nah, danau-danau itu kemudian difungsikan sebagai sumber air minum yang dinikmati bagi sebagian besar wilayah yang berada di Inggris.

  •  Selandia Baru

Negara ini memiliki jajaran pegunungan es yang terbentang. Pegunungan es itu memberikan manfaat tak terhingga terhadap ketersediaan air.

Menariknya es yang telah mencair akan mengalir. Airnya itu tertampung menjadi sebuah danau dengan air yang sangat jernih.

Tak hanya jernih, tapi  bersih sehingga dapat langsung diminum tanpa perlu memasaknya.

KLIK INI:  Bagaimana Bisa Aliran Air dari Pegunungan Tak Sebersih yang Diharapkan?
  • Swiss

Kualitas air di Swiss tak perlu diragukan. Pemerintah di negara ini menyediakan air minum dengan kualitas terbaik bagi warganya.

Sumber air di negara ini berasal dari pegunungan Alpen. Pegunungan ini memiliki kualitas air mineral yang baik, sehingga aman langsung di minum.

Swiss masih memegang rekor sebagai negara dengan kualitas air bersih terbaik di dunia. Maka jika berkunjung ke sana, jangan ragu meminum langsung dari keran.

  • Kanada

Negara ini terkenal bersih. Bukan hanya lingkungannya yang bersih, tapi juga airnya.  Pemerintah di negara ini terus berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas air bersih. Sehingga masyarakatnya tak perlu puyeng memikirkan air bersih.

  • Perancis

Pemerintah Prancis tak bergerak sendiri dalam menjaga kualitas air bersih. Negara ini bekerja sama dengan pihak swasta. Kolaborasi ini akan selalu menjadi  perhatian untuk memantau kandungan bakteri yang terdapat  dalam air keran agar tetap rendah.

Cara yang mereka tempuh adalah menambahkan kompresor ke dalam turbin. Tujuannya untuk menghasilkan air yang segar. Kincir angin ini mampu menghasilkan air minum yang bersih terutama dalam kondisi iklim lembab.

Karena itulah, jika berkunjung ke negara ini tak perlu ragu meminum langsung air dari keran. Kualitas airnya telah  terjamin bersih.

KLIK INI:  Mengenai Limbah Cat, Ancaman, dan Cara Pengolahannya
  • Norwegia

Norwegia memiliki program bernama The Midgard Snake. Itu merupakan program perlindungan air tanah di negara ini.

Program tersebut dijalankan oleh Depart Oslo Water and Wastewater Department. Untuk mengelola air bersih di negara ini, mereka membangun terowongan besar. Kapasitas mencapai 50 ribu kubik air. Terowongan itu berfungsi sebagai waduk penyimpanan air dan rute transportasi.

  • Jerman

Undang-Undang Perlindungan Sumber Daya Alam yang ditetapkan Jerman sejak lama. Telah menghasilkan air yang bersih dengan kualitas terbaik

Penyuplai utama air bersih di negara ini adalah danau dan salju. Penduduk negara  ini dapat menikmati air bersih langsung dari keran tanpa perlu khawatir.

Itulah 7 negara dengan kualitas air terbaik di dunia seperi dilansir dari airkami.id. Semoga Indonesia juga  bisa mencapai hal tersebut.

KLIK INI:  Yuk, Kenali Ciri-Ciri Air yang Tercemar!