Selain Renyah, Sayur Sawi Putih Punya 3 Manfaat yang Menakjubkan

oleh -1,136 kali dilihat
Selain Renyah, Sayur Sawih Putih Punya 3 Manfaat yang Menakjubkan
Sawi putih/Foto-detik.com

Kikhijau.com – Saya yakin Anda akrab dengan sayur sawi putih. Sayuran ini memang akrab di warung makan hingga restauran. Bagaimana rasanya? Emmm…. renyah di lidah. Lembut dan enak dan bisa dikonsumsi segala usia.

Tetapi, tahukah Anda bahwa selain rasanya yang enak, sawi putih punya manfaat istimewa. Selain mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh, sawi putih merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh.

Menariknya, sawi putih bisa diolah dengan gampang. Mulai dari menumisnya, membuat sayur bening hingga sayur santan.

Pilihannya tergantung selera tentunya. Pastinya, kandungan nutrisi sayur sawi tetap bisa dirasakan. Berikut ini beragam kandungan nutrisi dalam sawi putih dan manfaatnya untuk tubuh berikut ini.

KLIK INI:  Ini Buah dan Sayur yang Bisa Menggantikan Air Minum dan Atasi Kelelahan
Kandungan nutrisi sawi putih

Seperti kebanyakan jenis sayuran, sawi putih adalah bahan makanan rendah kalori yang padat nutrisi. Bayangkan saja, 100 gram sawi putih hanya mengandung 9 kalori.

Sayuran ini juga mengandung 1,7 gram karbohidrat, 0,1 gram lemak, dan 1 gram protein. Padahal, protein biasanya identik dengan sumber makanan hewani seperti daging dan ikan.

Selain itu, sawi putih juga merupakan penyumbang dari berbagai jenis vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral tersebut di antaranya adalah vitamin B-1, vitamin B-6, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, dan natrium.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi sawi putih, bukan?

Manfaat sawi putih untuk kesehatan

Berikut adalah berbagai manfaat sawi putih yang sayang jika dilewatkan.

KLIK INI:  Arugula, Si Hijau dengan 2 Kandungan Istimewa yang Perlu Anda Ketahui
1. Baik untuk pasien ginjal

Sebagian besar sayuran mengandung kalium dalam jumlah tinggi. Padahal, penderita penyakit ginjal umumnya disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi kalium karena dapat memengaruhi keseimbangan cairan tubuh.

Kabar baiknya, sawi putih adalah salah satu sayuran dengan kandungan kalium terendah. Seratus gram sawi putih mengandung 95 miligram kalium, atau hanya sekitar 2 persen dari kebutuhan kalium harian.

Jumlah ini bahkan lebih rendah dari kol, terung, mentimun, dan bayam.

2. Membuat mata lebih sehat

Manfaat sawi putih juga berguna bagi kesehatan mata. Anda mungkin telah akrab dengan beta-karoten dan vitamin A.

Nah, alfa-karoten ternyata sama pentingnya dengan beta-karoten karena keduanya merupakan bahan baku dari vitamin A yang penting untuk memelihara kesehatan mata Anda.

Sumber alfa-karoten terbaik di antaranya adalah labu, wortel, ubi, sawi putih, dan alpukat.

3. Cocok untuk yang sedang berdiet

Sayur-sayuran lembaran seperti sawi putih mengandung beragam nutrisi tapi juga rendah kalori. Sayuran ini juga tinggi kadar air dan serat sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Keunggulan inilah yang membuat sawi putih memiliki manfaat bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

KLIK INI:  Gondola, Si Bayam Rambat Kaya Gizi yang Perlu Anda Ketahui
Cara mudah mengolah sawi putih

Seperti penjelasan di atas, sawi putih dapat diolah dengan banyak cara. Salah satu cara paling mudah untuk mengolah sawi putih adalah dengan menumisnya. Anda membutuhkan bahan yang terdiri dari:

1 bonggol sawi putih, bersihkan dan potong

1 bawang bombay kecil, potong

1 siung bawang putih, cincang halus

1 sdt jahe cincang

2 sdt minyak sayur

2 sdm kecap

2 sdt minyak wijen

Untuk membuatnya, panaskan terlebih dulu minyak sayur di atas wajan. Masukkan bawang bombay, bawang putih, dan jahe, lalu masak hingga wangi selama satu menit. Kemudian, masukkan sawi putih dan masak hingga layu selama dua menit.

Setelah sawi layu, tambahkan kecap dan aduk selama tiga menit atau hingga semua bahan tercampur rata. Angkat tumis sawi dari wajan, lalu berikan minyak wijen sebagai penambah rasa.

Yuk, segera coba resep di atas dan sertakan sawi putih dalam menu harian Anda untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya.

KLIK INI:  Ini Satu Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Difungsikan