Ingin Napasmu Segar, Cobalah 4 Bahan Alami Ini!

oleh -202 kali dilihat
Ingin Napasmu Segar, Cobalah 4 Bahan Alami Ini!
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Kesegaran mulut memang terasa sangat perlu. Payahnya, sikat gigi saja kadang tak cukup membuat mulut segar dan wangi.

Karenanya, untuk menciptakan kesegaran dan mengusir bau napas yang kurang sedap  dibutuhkan obat kumur. Ada banyak pilihannya, mulai dari yang non alami atau yang alami.

Jika kamu menyukai obat kumur yang alami, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapat dana man digunakan seperti yang ditulis Anisa Tri Kusuma yang dipublikasikan di Indonesiainside.id berikut:

Soda Kue

Soda-kue

Untuk membuat obat kumur, yang anda butuhkan adalah setengah sendok teh soda kue atau natrium bikarbonat. Campurkan ke dalam setengah gelas air hangat, kemudian, tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam air. Aduk rata, lalu kumur-kumurlah menggunakan campuran tersebut setelah atau sebelum menyikat gigi.

Untuk mendapatkan manfaat, Anda bisa mengulanginya tiga sampai empat kali sehari. Soda kue merupakan bahan yang baik untuk bau mulut dan bakteri mulut.

KLIK INI:  3 Mahasiswa UGM Teliti Aktivitas Salat pada Kesehatan Gigi dan Mulut, Begini Hasilnya

Soda kue dapat menetralkan bau di mulut karena memiliki pH basa, yang berguna untuk menyeimbangkan asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut dan juga menetralkan efek minuman asam, seperti soda dan kopi. Selain itu, keuntungan dari membuat obat kumur ini adalah tidak butuh biaya mahal, tidak mengandung bahan kimia yang keras, tidak mengandung pewarna dan perasa, serta bebas alkohol.

Minyak Kelapa

Minyak-kelapa

Berkumur dengan minyak kelapa adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bakteri dan mempromosikan kesehatan gigi dan gusi. Faktanya, ini terbukti lebih efektif daripada flossing dan ini adalah salah satu cara terbaik untuk memutihkan gigi secara alami. Caranya, ambil satu sendok makan minyak kelapa murni, kemudian langsung kumur di mulut hingga 15 menit. Setelahnya, lakukan rutinitas perawatan mulut seperti biasa. Lakukan ini sekali sehari sebelum menyikat gigi. Minyak bekerja dengan cara membersihkan rongga mulut dengan cara menghisap kotoran dari mulut dan berkontribusi untuk mencegah gigi berlubang.

Tak hanya itu, berkumur dengan minyak kelapa juga dapat mengatasi kerusakan gigi, membunuh bau mulut, menyembuhkan gusi berdarah, mengurangi peradangan, mengatasi kekeringan tenggorokan, menyembuhkan bibir pecah-pecah, dan memperkuat gusi serta rahang.

Garam

Garam

Banyak obat kumur yang dijual bebas mengandung alkohol dan dapat mengiritasi selaput lendir yang membengkak di mulut. Ini bisa jadi alasan mengapa sebaiknya mencoba obat kumur dari air garam. Yang Anda butuhkan adalah setengah sendok teh garam, dan campurkan dengan setengah gelas air hangat. Aduk rata kemudian berkumurlah dua sampai tiga kali sehari dengan campuran tersebut setelah makan.

KLIK INI:  Ingin Punya Gigi Putih dan Sehat, Gunakan Daun dan Kulit Ini!

Air hangat dan garam efektif untuk membilas mulut dan fungsinya mirip dengan obat kumur yang dijual bebas yang mengandung senyawa seperti chlorhexidine. Ini dapat membantu mengurangi plak gigi serta jumlah mikroba oral. Air garam juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi setelah pembersihan mendalam atau prosedur gigi lain seperti pencabutan gigi.

Jus Lidah Buaya

Jus-lidah-buaya

Selain untuk menyuburkan rambut, lidah buaya juga mampu untuk memelihara kesehatan mulut dan gusi anda. Campurkan setengah cangkir jus lidah buaya dengan setengah gelas air dan setengah sendok teh soda kue. Bilas mulut menggunakan campuran ini setelah menyikat gigi. Lakukan tiga sampai empat kali sehari. Obat kumur ini efektif dalam mengurangi indeks periodontal dan dapat membantu mengurangi pendarahan gingiva (gusi) dan plak yang menumpuk pada gusi. (Kbb)

KLIK INI:  Hentikan Kebiasaan Minum Sambil Berdiri, Ini Dampak Buruknya Bagi Tubuh