Ingin Punya Gigi Putih dan Sehat, Gunakan Daun dan Kulit Ini!

oleh -833 kali dilihat
Ingin Punya Gigi Putih dan Sehat, Gunakan Daun dan Kulit Ini!
Ilustrasi gigi putih/Foto-chelseaislan

Klikhijau.com – Gigi putih dan sehat tentu menjadi dambaan banyak orang. Namun, jika Anda perokok atau penikmat kopi, noda pada permukaan gigi tidak bisa dihindari.

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan gigi berubah warna menjadi kecokelatan atau bahkan kehitaman. Hal ini terjadi karena kandungan nikotin dan tar pada tembakau akan menempel pada enamel gigi sehingga membuat warna alami gigi memudar.

Menjaga gigi agar tetap putih dan bersih tentu tidak hanya dilakukan demi kesehatan saja, namun juga untuk menambah rasa percaya diri.

Untuk memutihkan gigi, seringkali banyak orang terobsesi menggunakan obat-obatan yang belum tentu aman bagi kesehatan. Terlebih obat-obatan tersebut telah dicampur dengan bahan kimia yang berbahaya.

KLIK INI:  Beri Makanan Ini Jika Ingin Memiliki Buah hati yang Cerdas!

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk memutihkan gigi secara alami di rumah yang terbukti ampuh dan tentu saja tidak ada efek samping.

Nah, daripada merogoh kocek untuk datang ke dokter gigi atau membeli obat pemutih gigi, lebih baik coba cara alami berikut ini.

1. Daun Sirih

Daun Sirih

Pernahkah Anda pernah melihat nenek atau kakek Anda mengunyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah? Jika iya, Anda pasti tahu apa yang mereka kunyah.

Yah, daun sirih. Daun sirih memiliki banyak kandungan yang ampuh mengatasi berbagai macam penyakit. Bahkan ekstrak daun sirih banyak digunakan untuk produk kecantikan.

Daun sirih mengandung antiseptik sehingga mampu membasmi kuman penyebab gigi berlubang.

Kandungan lain yang terdapat di dalam daun sirih adalah sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga dapat memutihkan gigi.

Caranya mudah. Cukup dengan mengambil 1 – 2 helai daun sirih yang masih segar kemudian gosokkan ke bagian gigi secara merata. Selain itu, daun sirih juga bisa direbus kemudian gunakan untuk berkumur-kumur.

KLIK INI:  Penasaran dengan Manfaat Daun Nanas Bagi Kesehatan, Klik Ini!
2. Daun Mimba

Ingin Punya Gigi Putih dan Sehat, Gunakan Daun dan Kulit Ini!

Tanaman dengan nama latin Azadirachta Indica A. Juss ini tergolong tanaman perdu yang pertama kali ditemukan di kawasan Hindustani, India. Namun, kini mimba sudah tersebar di seantero nusantara sejak abad ke 15. Pulau Jawa merupakan kawasan utama yang banyak ditumbuhi tanaman ini.

Daun mimba mengandung azadirahtin yang berfungsi sebagai anti bakteri. Kandungan azadirahtin yang terdapat di dalam daun mimba ini dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

Selain itu, sifatnya yang mampu mengangkat dan membersihkan noda kuning pada gigi sangat baik digunakan untuk Anda yang ingin memiliki gigi yang lebih putih dan bersih.

3. Daun Salam

Daun Salam

Daun salam bukan hanya digunakan untuk penyedap makanan, tetapi juga bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Cara menggunakannya juga cukup mudah.

Daun salam hanya perlu dibuat menjadi pasta dicampur dengan kulit jeruk yang telah dikeringkan, dan juga sedikit air.

Gosokkan pasta alami itu pada gigi secara merata. Setelah itu, sikatlah gigi hingga bersih seperti biasanya.

KLIK INI:  Konsumsi Ikan Layang, Penyakit Ini Bisa Dicegah dan Diatasi
4. Kulit Pisang

Kulit Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat terkenal dan sangat mudah untuk kita temukan. Pisang bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap.

Siapa sangka, kulit pisang ternyata memiliki khasiat yang baik untuk warna gigi kita. Hanya saja, terkadang setelah memakan buah pisang, kulitnya akan langsung kita buang.

Kandungan potassium, magnesium, dan manganese di dalam kulit pisang bisa membantu membersihkan gigi yang kuning. Caranya, cukup gosokkan kulit pisang ke bagian gigi secara merata. Biarkan selama beberapa menit agar kulit pisang dapat bekerja untuk memutihkan gigi.

Setelah itu, kamu bisa menggosok gigi kamu dengan sikat gigi secara perlahan hingga bersih. Lakukan setiap hari selama 2 minggu untuk hasil yang optimal.

Jadi, jika mencari pemutih gigi bebas fluorida, kulit pisang bisa menjadi pilihan alternatif.

KLIK INI:  Benarkah Instagram Media Paling Buruk Bagi Kesehatan Mental, Bagaimana Mengatasinya?
5. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

Siapa yang tidak tahu manfaat dan kandungan yang terdapat pada jeruk. Ternyata, jeruk yang mengandung vitamin C bukan hanya buahnya saja. Bagian dalam kulit jeruk juga memiliki banyak manfaat.

Selain dapat menghilangkan jerawat, kulit jeruk juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Tidak hanya itu, kulit jeruk juga dapat menjaga kesehatan mulut terutama gigi.

Zat pektin dan minyak atsiri yang terdapat pada kulit jeruk berguna untuk memutihkan gigi secara alami. Caranya dengan menggosokkan kulit jeruk pada gigi secara hati-hati.

Bagi yang memiliki gigi sensitif, harus lebih berhati-hati karena cara ini dapat menimbulkan rasa nyeri terlebih dahulu. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukanlah setiap hari.

Demikian cara alami memutihkan gigi yang Klikhijau.com rangkum dari berbagai sumber.

KLIK INI:  Dahsyat, Ternyata Minyak Zaitun Menyimpan Rahasia Istimewa untuk Lelaki