Hentikan Kebiasaan Minum Sambil Berdiri, Ini Dampak Buruknya Bagi Tubuh

oleh -223 kali dilihat
Ilustrasi minum berdiri
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Bukrang baru saja dari luar rumah, ia tampak gerah. Di luar memang panas sedang garang. Ia terus saja berjalan ke dapur, di sana ibunya sedang mencuci piring. Ia mengambi gelas lalu menuang air lalu diminumnya sambil berdiri.

“Duduk saiki Nak kalau minum,” tegur ibunya.

Teguran ibunya terlambat, air di gelas yang dipegang Bukrang telah tandas berpindah ke perutnya. Ibunya hanya geleng-geleng kepala melihat perilaku anak bungsunya itu.

Itu bukan pertama kalinya Bukrang melakukan hal yang sama, dan setiap dilihat oleh ibunya, ia akan  ditegur, diminta agar minum sambil duduk.

Ibunya tak punya alasan apa-apa meminta anaknya melakukan hal tersebut, selain karena kesopanan. Bahkan ia tak tahu jika minum sambal duduk bisa menyebabkan banyak penyakit:

KLIK INI:  Vape Ternyata Mengandung 10 Kali Lipat Karsinogen?
  •  Sakit perut

Ketika kita minum sambil berdiri, maka tenggorokan mengalami penyempitan dan berkerut yang bisa mempersulit makanan untuk digiling hancur dengan lancar pada jaringan pencernaan. Kondisi ini mudah  menyebabkan rasa nyeri di bagian perut.

  • Memicu arthritis

Penyakit arthritis bisa terjadi karena terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan sampai bagian sendi. Ini bisa memicu peradangan pada sendi.

Selain terjadi peradangan, arthritis menyebabkan kaku sehingga bisa terjadi pembengkakan di bagian sendi. Penyakit pada  sendi seperti arthritis bisa mempersulit penderitanya untuk bergerak bebas.

  •  Asam lambung

Lambung adalah bagian tubuh yang paling terkena dampaknya saat kita sering minum pada posisi berdiri.

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang biasa disebut naiknya asam lambung terjadi karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (spincter) yang menuju ke lambung.

Akibatnya asam dalam lambung tercampur naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas di bagian perut.

KLIK INI:  Ini Jenis Makanan yang Terbukti Bisa Cegah Munculnya Jerawat

Minum sambil berdiri juga mengakibatkan terkikisnya dinding lambung. Padahal, lambung merupakan bagian penting dalam perencanaan sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung bisa berbahaya bagi system pencernaan lainnya.

  •  Ginjal terganggu

Selain lambung, ginjal juga akan ikutan terganggu. Apalagai ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring.

Minum sambil berdiri akan menyebabkan penyaringan nggak sempurna sehingga merusak fungsi ginjal dalam bekerja. Ini akan mengarah pada gangguan saluran kandung kemih.

  • Tegang pada saraf

Dampak lainnya saat minum sambil berdiri yaitu tegannya urat saraf. Saat kita beridiri, sistem urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan.

Namun kalau kita minum saat duduk bisa mengaktifkan system saraf parasimpatik yang menegaskan pikiran dan meringankan proses pencernaan.

Minum air tentu baik untuk kesehatan tubuh kita, tapi pada prosesnya sebaiknya dilakukan dengan kebiasaan yang baik juga supaya terhindar dari segala penyakit.

***

Setelah minum sambal berdiri. Bukrang melangkah masuk ke kamarnya, membaringkan tubuhnya sambil membuka facebook.

Ia terus melototi handphonenya, membaca status yang bertebaran di sana. ia kemudian melihat artikel yang dibagikan temannya.

Judulnya artikel tersebut sungguh menghentak, “Jangan minum sambil berdiri, ini bahayanya bagi tubuh kita.

Artikel tersebut dimuat di intisari.grid.id. Bukrang membacanya hingga tuntas, setelah tuntas, ia menemui ibunya di dapur untuk minta maaf karena tak mengabaikan tegurannya.

KLIK INI:  LIPI Prioritaskan Meriset Herbal Indonesia sebagai Anti Virus Corona