7 Hal Menakjubkan dari Kunyit Kuning

Publish by -37 kali dilihat
Penulis: Redaksi
7 Hal Menakjubkan dari Kunyit Kuning
Kunyit kuning/foto-Ist

Kunyit kuning hadir sebagai anugerah untuk mengatasi berbagai penyakit

Klikhijau.com – Warnanya kuning dan menjadi bahan wajib ada di dapur sebagai bumbu. Ia adalah kunyit kuning

Kunyit termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara.

Kunyit kuning sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai, dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau sebagai pengawet

Selain berfungsi sebagai bumbu dapur, kunyit juga memiliki khasiat yang menakjubkan berikut ini:

KLIK INI:  Benarkah Kunyit Bisa Tingkatkan Daya Ingat dan Mencegah Demensia?
  • Redakan gejala IBS

Penelitian dari Singapura yang dimuat dalam Journal of Clinical Medicine tahun 2018 mendapati bahwa kunyit kuning dapat mengurangi intensitas rasa sakit pada perut yang disebabkan gejala Irritable bowel syndrome (IBS).

Peradangan pada usus besar yang menyebabkan adanya masalah buang air besar (BAB) dalam waktu lama atau IBS. Peradangan tersebut membuat usus sering berkontraksi yang mengakibatkan diare kronis.

Selain itu juga bisa menyebabkan otot usus jarang berkontraksi sehingga berujung sembelit kronis.

  • Redakan peradangan

Dalam satu sendok teh kunyit bubuk mengandung sekitar 200 miligram kurkumin yang bekerja memblokir sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh.

Zat aktif kurkumin dalam kunyit merupakan antioksidan yang mengandung efek anti radang.

Berbagai hasil uji praklinis menunjukkan bahwa kunyit dapat mengobati berbagai penyakit terkait peradangan, mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan aterosklerosis.

Kurkumin juga mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

KLIK INI:  Kelelahan Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?
  • Turunkan risiko penyakit jantung

Kurkumin dalam kunyit berfungsi menekan respon peradangan dan oksidasi dalam sel tubuh yang berperan pada penyakit jantung, juga membantu meningkatkan lapisan saluran darah.

Penyebab utama penyakit jantung adalah disfungsi endotelial yang mengakibatkan endotelium tak dapat mengatur tekanan darah.

Hanya saja kandungan kurkumin dalam kunyit hanya sekitar 3 persen dari beratnya, sehingga sulit mendapat manfaat optimal hanya dari kunyit saja.

Selain itu, konsumsi bubuk kurkumin tidak cukup karena sebaiknya dibarengi dengan konsumsi lada hitam yang mengandung piperin untuk membantu penyerapan.

Kandungan kurkumin dalam kunyit diserap lebih lama ke dalam darah sehingga manfaatnya bisa hilang.

Piperin dalam lada hitam dapat meningkatkan penyerapan kurkumin ke dalam darah hingga 20 ribu persen lebih cepat. Piperin juga memperlambat pemecahan kurkumin oleh hati sehingga dapat bertahan lebih lama di dalam darah.

  • Kempiskan perut kembung

Kurkumin dalam kunyit dapat membantu otot organ pencernaan bergerak lebih lancar. Hal ini membuat otot organ dapat bergerak seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut dan menghentikan produksi asam lambung lebih yang menyebabkan perut kembung.

KLIK INI:  Tak Hanya Cegah Ejakulasi Dini, Ini Manfaat Lain dari Cengkih
  • Atasi sakit maag

Penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews menyatakan, efek curcumin dapat mengobati peradangan yang disebabkan luka dan melindungi perut dari iritan-iritan dengan meningkatkan produksi lendir pada lambung.

Jurnal Systematic Reviews menyatakan, kunyit membantu mengurangi frekuensi gejala maag karena kurkumin mampu mengendalikan produksi asam lambung dan empedu yang berlebih.

Kunyit sudah sejak lama digunakan sebagai obat gangguan pencernaan yang ampuh. Jadi, ketika gejala maag kambuh, Anda bisa menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyeri.

  • Redakan nyeri haid

Mengonsumsi kunyit dapat membantu meredakan nyeri haid. Kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

Kurkumin juga mengurangi aliran ion kalsium yang masuk pada sel-sel epitel rahim. Selain itu, kurkumin juga mengurangi produksi hormon penyebab rasa sakit dan peradangan.

  • Cegah alzheimer

Sejauh ini belum ada pengobatan yang ampuh untuk mencegah Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang jadi penyebab utama demensia.
Namun, kamu bisa mencegahnya dengan konsumsi kunyit. Manfaat kunyit lain yang bisa kamu dapatkan adalah mampu mencegah Alzheimer karena kandungan kurkumin di dalamnya.

KLIK INI:  Hal Sederhana Ini Bisa Jaga Mata dan Pertajam Penglihatan
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Liputan6

KLIK Pilihan!