10 Buah untuk Berat Badan Ideal, Cocok Dikonsumsi Usai Lebaran

oleh -58 kali dilihat
10 Buah untuk Berat Badan Ideal, Cocok Dikonsumsi Usai Lebaran
Ilustrasi buah - Foto/ Karoline Stk di Unsplash

Klikhijau.com – Di musim lebaran, makanan serba enak-enak dan berlemak. Mulai dari opor ayam, sate, buras hingga kue-kue mentega. Aneka makanan ini berpotensi membuat berat badan melambung naik.

Berat badan yang berlebih tentu tidak terlalu baik. Selain merusak penampilan, kegemukan juga tidak baik untuk kesehatan. Bahkan, kelebihan berat badan dapat mengundang banyak penyakit berbahaya berdatangan seperti jantung, hipertensi dan lainnya.

Nah, agar berat badan tetap ideal di musim lebaran karena makanan serba lemak, ada baiknya imbangi dengan buah-buahan.

Buah-buahan mengandung serat, vitamin, dan nutrisi  yang sangat sehat dan mendukung berat badan ideal. Apa saja buah yang baik untuk berat badan berlebih yang cocok dikonsumsi usai lebaran, berikut daftarnya:

KLIK INI:  Kurang Tidur Pengaruhi Gairah Bercinta, Benarkah?
  1. Semangka

Buah semangka termasuk yang diminati banyak orang karena rasanya yang manis. Buah ini sangat baik dikonsumsi untuk mengimbangi makanan berlemak. Buah segar ini juga dapat mencegah dehidrasi dan mengurangi keinginan kita konsumsi minuman manis.

Selain itu, semangka juga sangat kaya akan vitamin dan mengandung asam amino yang dapat membantu tubuh kita membakar lemak.

  1. Pir

Seperti buah semangka, buah pir juga termasuk buah yang menyegarkan dan dapat membantu kita dari dehidrasi. Buah legit ini juga mengandung vitamin C tinggi dan sangat tepat dikonsumsi untuk berat badan ideal.

Buah pir mengandung serat tinggi sehingga membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Pir juga dapat menjauhkan kita dari kadar kolestrol tinggi dalam darah akibat kebanyakan makan yang berlemak.

  1. Jeruk

Buah jeruk dikenal kaya akan vitamin C dan rendah kalori. Vitamin C alami pada buah jeruk dapat membantu kita menurunkan berat badan yang berlebih.

Rasanya yang manis alami sangat cocok dikonsumsi di musim lebaran untuk mengimbangi kelebihan lemak yang dikonsumsi dari daging-dagingan dan makanan bersantan.

KLIK INI:  Bakti Sosial MD KAHMI Makassar, Boyong Puluhan Dokter Ahli di Pulau Sabutung
  1. Jambu biji

Jambu biji termasuk buah penurun berat badan, sehingga cocok bagi kamu yang kelebihan berat badan. Buah ini juga kaya serat dan memiliki indeks glikemik rendah sehingga dapat membantu kita terhindar dari sembelit yang menyebalkan.

Selain itu, jambu biji juga kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk membakar lemak di tubuh.

  1. Apel

Buah apel memiliki rasa yang khas dan umumnya diminati banyak orang. Namun, bukan hanya rasanya yang menyegarkan, buah ini juga diketahui sangat tinggi serat dan rendah kalori.

Buah ini mengandung senyawa pektin yang dapat memperlambat proses pencernaan sehingga membuat kita selalu merasa kenyang. Apel tentu cocok dikonsumsi untuk mengimbangi hasrat untuk menghabiskan makanan berlemak.

  1. Stroberi

Buah stroberi memiliki rasa yang nano-nano. Buah berwarna merah ini ternyata dapat membantu kita dalam memproduksi hormon adiponektin, hormon pembakar lemak. Jadi, buah ini sangat cocok buat kamu yang kelebihan berat badan.

KLIK INI:  7 Manfaat Istimewa Buah Jamblang, Poin Terakhir Paling Ajaib
  1. Kiwi

Dari penampilannya saja, buah kiwi sudah sangat menggiurkan untuk dikonsumsi. Buah ini mengandung serat tinggi dan mengandung vitam C yang tinggi pula.

Sejumlah studi mengungkap bahwa buah kiwi sangat cocok untuk penurun berat badan belebih. Bahkan dapat membantu kita dalam mengontrol gula darah usai bergulat dengan makanan-makanan berlemak.

  1. Alpukat

Buah alpukat sangat familiar karena kerap dibuat jus. Meski kerap dihindari karena dianggap bisa memicu kegemukan, sejatinya buah ini mengandung lemak yang sehat yang justru membantu dalam menjaga berat badan ideal.

Selain kaya akan vitamin, buah ini juga mengandung serat tinggi. Konsumsi alpukat juga akan membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Jadi, cocoklah untuk diet sehat.

KLIK INI:  Agar Kolestrol Lekas Turun Usai Idul Fitri, Imbangi dengan Buah Ini!
  1. Persik

Buah persik dikenal sangat menyegarkan karena 89 persen dari beratnya terdiri dari air. Selain itu, buah persik juga kaya akan serat yang dapat membantu memperbaiki proses pencernaan.

  1. Plum

buah plum

Buah plum sangat kaya mineral, terutama kalium dan mangan, serta vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, yang baik untuk kesehatan. Buah ini juga mengandung fenol, sejenis fitonutrien, yang merupakan antioksidan alami.

Buah ini dikenal sangat rendah kalori jadi cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedikit kegemukan. Melansir Health Line, kalori dalam 100 gram buah plum kira-kira hanya 30-45.

Plum juga mengandung serat tinggi yang dapat membantu kita merasakan kenyang lebih lama. Dengan demikian, buah ini sangat baik untuk menjalani diet sehat atau dikonsumsi usai musim lebaran.

Pada buah istimewa ini juga dilaporkan terdapat gula sorbitol. Sorbito bersifat laksatif atau pencahar yang mampu membantu tubuh lebih cepat menguras kelebihan berat air lewat rutinitas buang air besar (BAB).

Nah, itulah 10 jenis buah-buahan segar yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan ideal. Buah ini umumnya tersedia di pasaran dengan harga terjangkau. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Kacang Pistachio, Camilan yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan