Pohon ‘Tammate’ Alias Pohon Kudo, Tanaman Tiada Matinya yang Kaya Khasiat

oleh -5,578 kali dilihat
Pohon 'Tammate’ Alias Pohon Kudo, Tanaman Tiada Matinya yang Kaya Khasiat
Pohon 'Tammate’ Alias Pohon Kudo yang tumbuh menjulang di Denassa Botanical Garden Gowa - Foto/Ist
hasrini

Klikhijau.com – Pohon ‘Tammate’, atau nama latinnya Lannea coromandelica dikenal pula dengan sebutan pohon kudo. Tanaman ini unik, sebab gampang tumbuh dimana-mana.

Hal inilah yang melatarbelakangi penamaannya, tammate sendiri merupakan Bahasa Makassar yang berarti tidak mati atau susah mati. Ini sesuai dengan karakternya yang mudah tumbuh subur walaupun ditanam dengan posisi apapun.

Bahasa internasional dari pohon kudo yaitu indian ash tree. Pohon kudo diperkirakan berasal dari India dan kemudian tersebar di seluruh daerah yang ada di Indonesia. Di Flores sendiri, tanaman ini disebut pohon reo. Di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan dinamai aju cina.

Morfologi

Karakteristik dari pohon ini memiliki memiliki kulit batang yang tebal serta corak atau bercak putih kecokelatan. Untuk bentuk daunnya sendiri majemuk menyirip gasal anak daun berhadapan dengan permukaanya yang licin.

Diameter daun 4,4 – 5,0 cm, panjang daun 7,3 – 10,5 cm, panjang tungkai daun 0,3 – 0,8 cm. Sementara bentuk daunnya bulat telur dan ujung tungkai daun runcing. Pada musim kemarau kita akan melihat pohon kudo menggugurkan daunnya.

Biasanya jika sudah tua maka bentuknya akan sangat besar dan kokoh sehingga biasa dimanfaatkan sebagai pohon meneduh dan terkadang batangnya digunakan sebagai kayu ataupun membuat benda dan kerajinan lain.

KLIK INI:  Menelusuri Jejak Penyu di Pulau Lantigiang

Manfaat

Manfaat pohon tammate sangat banyak selain sebagai patok penanda lahan, getah pada batang pohon kudo juga memiliki banyak manfaat herbal bagi tubub manusia, untuk manfaat lebih jelasnya, berikut penjelasannya:

  • Sebagai peneduh

Tempat meneduh, dengan karakteristik yang mudah tumbuh dimana-mana sehingga tak jarang digunakan sebagai tempat berteduh. Terlebih jika sudah sangat besar maka akan banyak area yang sangat sejuk yang bisa kita nikmati untuk sekedar mencari referensi atau duduk-duduk manis.

  • Pakan ternak

Daun tanaman kudo sangat disukai ternak khususnya kambing. Hal ini membuatnya dibudidaya sebagai pakan ternak yang melimpah.

  • Kayu bakar

Saat ini kebutuhan akan kayu bakar juga semakin meningkat, apalagi harga gas elpiji juga semakin mencekik. Sehingga usaha rumahan maupun industri harus memutar otak. Sebagian besar masyarakat menggunakan kayu bakar sebagai alat masak contohnya di Sulawesi selatan sendiri terkhusus di kabupaten jeneponto. Pohon kudo biasanya menjadi pertanda suatu pernikahan di suatu keluarga yakni ketika pemilik rumah masih memiliki banyak pohon kudo di sekitar rumahnya maka dianggap anak dari keluarga tersebut belum menikah dan apabila suatu rumah yang tidak memiliki pohon kudo atau telah gundul maka akan dianggap anak dari keluarga tersebut telah menikah.

KLIK INI:  Namanya Burung Potoo, Ia Ahli Menyamar
  • Pagar alami

Beberapa daerah akan menggunakan pohon kudo sebagai pagar. Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk menanamnya cukup memotong sedikit batang dari pohon kudo dan ditancapkan di lahan yang ingin kita biarkan tumbuh. Nah, jika kamu menginginkan pagar yang rapi maka tak salah jika pohon kudo ditanam sejajar. Tapi kalian harus siap-siap menyapu halaman yah karena daunnya akan mudah gugur, hehehe….

  • Obat luka

Setiap bagian dari pohon kudo memiliki manfaat tersendiri seperti pucuknya yang dapat digunakan obat tetes pada mata saat belekan, getah pada batangnya dapat digunakan sebagai penawar racun misalnya ular atau gigitan serangga berbisa serta dapat digunakan untuk luka seperti luka sayat atau luka goresan.

Di Makassar sendiri cara penggunaan dari getah pohon kudo yaitu dengan mengiris tipis bagian batang kemudian saat kulit dari pohon tersebut berguguran maka akan dikumpulkan lalu diaplikasikan pada kulit. Walaupun sedikit perih saat diaplikasikan, kamu tidak perlu khawatir karena hal itu sangat alamiah karena  akan membantu proses penyembuhan luka.

  • Mengatasi peradangan

Manfaat herba selanjutnya yaitu  pohon kudo pada hasil penapisan fitokimia ekstrak etanol kulit batang kayu pohon kudo (Lannea coromandelica) mengandung mengandung senyawa metabolit sekunder flavonoid, carbohidrates, gums dan mucilages dan tanin sehingga .di beberapa daerah orang-orang menggunakan ekstrak dari pohon kudo untuk menyembuhkan peradangan pada saluran pencernaan.

Cukup banyak bukan manfaat dari pohon tammate atau pohon kudo apalagi untuk kesehatan. Apa yang ada di alam semesta memang diperuntukkan untuk kita manusianya, dengan menggunakan obatan herbal dari alam maka konsumsi obat-obatan kimia yang apabila dikonsumsi terus-menerus akan menimbulkan efek samping kronis.

Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Glosari Arti Nama-Nama Latin Tumbuhan