Kampanye Less Plastic Jadi Warna Baru Makassar Culinary Night

oleh -57 kali dilihat
Bioplastik, Pengertian, Jenis, Cara Pembuatan serta Kelebihan dan Kelemahannya
Ilustrasi - Foto/Pertanianku
Andi Ayatullah

Klikhijau.com – Kampanye Less Plastic atau gerakan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Jadi warna tersendiri pada pagelaran festival kuliner di Makassar.

Festival kuliner terbesar di Kota Anging Mammiri  ini diberi nama Makassar Culinary Night (MCN). Diselenggarakan selama dua hari, mulai   5 hingga 6 November 2022 di Fort Rotterdam, Makassar.

Kampanye Less Plastic menjadi pembeda yang mencolok pada MCN tahun ini. Inisiasi adanya Kampanye Less Plastic  sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan utamanya dalam penyelenggaraan event kuliner.

Plastik dan kuliner sepertinya dua hal yang sulit terpisah. Sangat banyak penjual yang membungkus makanan atau minumannya dengan menggunakan plastik, bahkan tidak sedikit pula yang memang menggunakan wadah plastic untuk melayani konsumennya.

KLIK INI:  Selain Berubah Jadwal Pengangkutan, Truk Sampah di Makassar Juga Jadi Bus Wisata

Namun, apa yang dilakukan oleh penyelenggara MCN patut diberi apresiasi yang melaksanakan kegiatan yang berpihak pada lingkungan.

“Kami telah mengimbau kepada 77 tenant peserta yang telah diseleksi oleh pihak panitia dan kurator MCN untuk menggunakan wadah ramah lingkungan atau plastic eco friendly yang dapat didaur ulang.

Demi Makassar

Pada perayaan kali ini, MCN hadir dengan tema 415 Pesta Rakyat sebagai bentuk apresiasi MCN dalam rangkaian perayaan ulang tahun kota Makassar yang ke 415 pada 9 November mendatang.

“Tenant-tenant pilihan ini merupakan UMKM kuliner lokal yang menyuguhkan berbagai pilihan jajanan mulai dari makanan tradisional hingga kekinian,” ujar Founder  MCN, Mistri Andi Muin.

Adapun nantinya yang masih menggunakan kemasan plastik MCN telah bekerjasama dengan Maggotlogi untuk mengatasi hal tersebut.

KLIK INI:  Sengkarut Pengelolaan Sampah di Kota Makassar

“Itu nanti mereka yang pisahkan sampah organik dan non organik, sampah-sampah dia area nanti mereka yang kelola. Maggotlogi bergerak dalam bidang pengelolaan sampah organik menggunakan bio teknologi di Indonesia dikenal dengan Lalat Tentara Hitam jadi di tiap tenant dan meja makan nanti disiapkan kantongan sampah terpisah organik dan non organik,” jelas Mistri.

District Head Gojek Makassar, Adwin Pratama Anas, sebagai sponsor pada event ini mengatakan bahwa bentuk dukungan dari pihaknya terhadap kampanye MCN less plastic adalah Gojek menyiapkan water station atau isi ulang air mineral bagi pengunjung MCN yang datang membawa botol atau tumbler sendiri.

“Water station ini tersedia di beberapa titik area MCN, hanya dengan membayar GoPay Rp.1 pengunjung MCN dapat mengisi air mineral sesuai kebutuhan,” pungkas Adwin.

Terselenggaranya MCN 415 Pesta Rakyat tentu tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Pariwisata Kota Makassar yang senantiasa menjadi support system event ini.

Semoga semangat menjaga Bumi terus menular tanpa henti.

KLIK INI:  Akhir Pekan Ini, KP2K dan Klikhijau Kolaborasi “Memeluk Alam”