Jaga Kesehatan Mata dengan Tips Sederhana Ini

oleh -97 kali dilihat
Jaga Kesehatan Mata dengan Tips Sederhana Ini
Ayo jaga kesehatan mata.

Klikhijau.com – Perkembangan teknologi dan penggunaan gawai membuat seseorang seakan benar-benar terikat dengan layar monitor. Mata menjadi salah satu yang berperan penting, mulai dari layar televisi, monitor komputer, dan gawai.

Berbagai hiburan seperti video di YouTube dan berita-berita, semuanya ada di layar berukuran enam inci dan 12 inci. Tentu saja, sedikit banyaknya akan mempengaruhi kesehatan dan kemampuan kita melihat.

Namun, terkadang kita sering lupa untuk merawat kesehatan salah satu indera terpenting ini.

Untuk memastikan mata tetap sehat, berikut cara merawat kesehatan mata yang dikutip Klikhijau.com dari beberapa sumber.

Mengutip tulisan dokter Nathan Bonilla-Warlord, seorang penyedia layanan kesehatan mata di Amerika Serikat yang dilansir dari Liputan6.com, berikut ini beberapa cara menjaga penglihatan dari bahaya penggunaan monitor berlebihan.

KLIK INI:  Suka Melakukan Hal yang Satu Ini? Hati-Hati, Kesehatan Bisa Terganggu
1. Sesuaikan lingkungan Anda

Anda dapat menyesuaikan lingkungan saat menggunakan perangkat digital agar mata lebih sehat. Jika memungkinkan, gunakan monitor besar untuk mengurangi ketegangan mata.

Pastikan kursi berada di dekat dengan komputer dan duduk dengan dukungan punggung bawah yang memadai. Pastikan Anda duduk dengan nyaman.

Selain itu, pastikan juga Anda merasa nyaman sebelum menggunakan gawai. Hal ini akan mengurangi tingkat stres di mata karena sudut pandang paling baik.

2. Penerangan

Pencahayaan tidak hanya dari komputer namun juga di ruangan. Pastikan cahaya tidak berlebihan karena bisa mengiritasi mata dan menegang.

Jika menggunakan lampu meja, pastikan yang disinari itu mejanya, bukan Anda. Cara lain adalah duduk di samping jendela, bukan di depan atau belakang Anda.

Gunakan juga tirai atau layar untuk mengurangi kesilauan. Posisikan layar komputer untuk mengurangi pantulan dari jendela atau lampu di atas kepala.

3. Penyesuaian sudut baca

Sesuaikan layar sehingga Anda melihatnya sedikit ke bawah dan berjarak sekitar 24 hingga 28 inci (sekitar 61 sampai 71 centimeter).

Selain itu, tengahnya harus berada di sekitar 4 sampai 6 inci (6 sampai 15 centimeter) di bawah mata Anda. Pastikan layar cukup besar dan dengan kecerahan serta kontras yang tepat.

4. Gunakan teks besar di layar

Bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan, memperbesar teks dan gambar di perangkat bisa membantu penglihatan. Hampir setiap perangkat bisa disesuaikan untuk menampilkan teks yang lebih besar.

KLIK INI:  Manfaat Penting Kacang Hijau, Cocok untuk Pengantin Baru

Selain itu, tips lain menjaga kesehatan mata yang sederhana dan mudah terapkan sehari-hari seperti berikut ini, dikutip dari IDN Times.

Pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin dan mineral. Vitamin A, C dan E, dan juga zinc yang mengandung antioksidan dapat mengurangi resiko terkena macular degeneration, sebuah gangguan pada retina.

Beberapa nutrisi juga mampu membantu penglihatan, seperti lutein dan zeaxanthin. Itu juga terkandung di brokoli, telur dan zucchini. Kegunaan nutrisi tersebut adalah untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet.

Selain itu, menjaga tubuh untuk tetap bugar juga dapat membantu penglihatanmu. Tekanan darah tinggi dan sclerosis juga dapat merusak penglihatan. Kasus-kasus macam ini tidak dapat dihindari, namun dapat dikontrol dengan cara membuat kebiasaan yang sehat serta mengonsumsi obat-obatan.

Usahakan menggunakan pelindung untuk melindungi mata dari cipratan bahan kimia, objek tajam, dan material-material kecil lainnya yang mampu menyebabkan kebutaan. Pilihlah yang mampu menghalangi radiasi UVA dan UVB serta tidak terlalu gelap.

Yang terpenting adalah mengikuti aturan 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit, berhentilah menatap layar dan berpindah ke objek sejauh 20 kaki selama 20 detik. Ini dapat mengurangi ketegangan pada mata dan memberikan waktu istirahat pada mata Anda.

Nah, itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata yang dirangkum dari beberapa sumber. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

KLIK INI:  Begini Pemanfaatan Bandotan di Beberapa Negara di Dunia