Mengkudu: Bisa Kurangi Stres hingga Atasi Arthritis

oleh -444 kali dilihat
Mengkudu: Bisa Kurangi Stres hingga Atasi Arthritis
Buah mengkudu/Foto-merdeka.com

Klikhijau.com – Agaknya tidak banyak yang mengetahui jika sebetulnya buah mengkudu merupakan bagian dari keluarga kopi.

Buah ini memang tidak enak rasaya dan mengeluarkan bau yang tajam, sehingga lebih sering dikonsumsi dalam bentuk jus atau suplemen makanan.

Meskipun tampilannya yang kurang menggoda selera, namun ternyata banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buahnya.

Mengurangi stress

Menurut ahli nutrisi klinis Byron J. Richards, mengkudu mampu mengurangi stress dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif otak.

Mencegah kanker

National Center Institute pernah mendanai penelitan awal tentang manfaat buah untuk pencegahan dan pengobatan kanker. Buah mengkudu mengandung antioksidan yang mampu memerangi risiko terhadap kanker.

Mengobati iritasi kulit kepala

Para pakar kesehatan bersepakat bahwa buah ini mengandung sifat antibakteridan antijamur yang dapat membant mengatasi iritasi kulit kepala.

KLIK INI:  Buah Pembunuh Kanker itu Bernama Nangka

Meningkatkan kekebalan tubuh

Satu lagi manfaat buah mengkudu untuk kesehatan adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan scopoletin yang mempunyai sifat antibakteri, antiinflamasi, antijamur, antihistamin yang bisa menngkatkan mekanisme pertahan tubuh.

Mengkudu juga berkhasiat untuk melawan bakteri E. coli (penyebab gangguan pencernaan), Staphylococcus aureus (penyebab infeksi kulit dan tulang) dan Proteus vulgaris (penyebab infeksi saluran kencing).

Menurunkan demam

Studi menunjukkan bahwa mengkudu berkhasiat sebagai antivirus dan membantu menurunkan demam, meredakan batuk, dan mengobati pegal linu.

Menurunkan gula darah

Mengkudu ternyata efektif juga sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah. Penelitian mengenai ini pernah dipublikasikan dalam Jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada 2010.

Mengatasi arthritis

Jika bisa menjalani hidup sehat dan minum jus mengkudu setiap harinya, anda bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan arthritis seminimal mungkin.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa buah ini membantu mengurangi kerusakan sendi yang terkait dengan arthritis karena sifat analgesiknya.

KLIK INI:  Manfaat Buah Ciplukan, dari Masalah Mulut hingga Tangkal Kanker