Sering Diabaikan, Berikut Sederet Manfaat Tapak Kuda yang Jarang Terungkap

oleh -79 kali dilihat
Sering Diabaikan, Tapak Kuda Rupanya Mengandung Banyak Manfaat Kesehatan
Tapak kuda-Foto/Youtube

Klikhijau.com –  Tapak kuda memiliki daun yang mengandung alkaloid, flavonoid,  saponin,  tanin, steroidterpenoid, dan antroquinon.

Senyawa-senyawa tersebut menurut Alminsyah dkk (2014) dapat bekerja sebagai antimikroba dan merangsang pertumbuhan sel baru pada luka.

Pada kkstrak daun tanaman bernama ilmiah Ipomoea pes caprae (L) R. Br) ini memiliki daya hambat terhadap pertumbuhan Staphylococcus aureus dan semakin tinggi konsentrasi ekstrak maka semakin kuat pula respon hambatannya.

Tapak kuda menyukai tumbuh liar di daerah yang mengandung pasir. Tanaman ini termasuk dalam famili Convolvulaceae.

KLIK INI:  Perihal Teh Daun Jambu Biji, Manfaat dan Cara Membuatnya

la  tumbuhan dengan batangan yang basah , licin , merambat atau merayap di tanah. Tanaman ini memiliki warna batang hijau kecoklatan .

Daunnya tunggal, bulat, tebal, licin mengkilat tidak berambut, berbagi di kedua ujung daun , warna hijau , letak tersebar panjang dan lebar daun 3 cm. Panjangnya  sekitar 2 hingga 3 cm. Sekilas daunnya  ginjal. Ujung daunnya bergerigi pada tepinya dan terletak pada seputar batangnya.

Batangnya mengandung  getah warna putih. Batangnya yang merambat memiliki banyak cabang dan masing-masing cabang tersebut akan membentuk tumbuhan baru.

Bunganya berwarna ungu,  berbentuk seperti corong atau tangkai terompet. Pada daerah ketiak daun, bunganya akan dengan terusun. Bentuknya menyerupai payung dan biasanya terdapat tiga bunga yang berwarna merah mudah atau putih.

Tapak kuda memiliki  juga mengandung behenic acid , melissic acid myristic acid. Saat daunnya kering mengandung antistine (antihistamin anti alergi).

KLIK INI:  Lebih Akrab dengan Sirih Hutan dan Ragam Manfaat yang Dikandungnya
 Nama lokal

Di Indonesia hamper semua tumbuhan memiliki nama local atau daerah di mana ia tumbuh. Tapak kuda misalnya, nama lokalnya tidak hanya satu, tetapi banyak.

Sebut saja di Aceh, namanya Peugaga, di Banjar namanya jalukap (Banjar), sedangkan di Dayak dinamai Kajalukap.

Tapak kuda juga terdapat di Batak dengan naman ampagaga,  di Sunda dinamai antanan dan dulang sontak, sedangkan di Jawa bernama rending, gagan-gagan,  cowek-cowekan, atau  pane gowang.

Orang Bali menamai tapak kuda dengan nama piduh, di Lombok adalah bebele,  sandanan di  Irian. Di Indramayu dan Cirebon namanya broken copper coin dan semanggen.

Di Suku Makassar namanya pagaga, di Tanah Bugis bernama daun tungke, di Minang dinamai pigago, di Solo namai daun tapak kudo, sedangkan di Kutai dinamai  jelukap atau jalukap.

KLIK INI:  Menilik Khasiat Pulasari sebagai Penyembuh Beragam Penyakit
Manfaat tapak kuda

Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat dari tanaman tapak kuda adalah seluruh tanaman, baik yang segar maupun yang sudah dikeringkan.

Untuk pemakaian sebagai obat luar, cukup lumatkan daun segar untuk pemakaian di tempat yang sakit , atau daun segar direbus untuk cuci, atau perasan airnya dari daun segar untuk dioleskan ke tempat yang sakit atau akar dikeringkan, giling menjadi bubuk atau serbuk, tempelkan ke tempat yang sakit, misalnya pada bisul, koreng, eczema.

Untuk obat rematik  gunakan tapak kuda yang segar sebanyak 45 gr ditambah arak ketan dan air sama banyak, direbus. Hasil rebusan diminum. dan untuk bisul adalah 30-60 gr herba segar ditambah gula merah direbus. Setelah masak, ramuan diminum.

 

Sementara untuk mengobati wasir berdarah, siapkan 30 gr herba segar ditambah 360 gr usus ditis, dimakan.

Sedangkan untuk mengobati sakit gigi, siapkan 45 gr akar kering direbus. Kemudian hasil rebusannya diminum.

Meski banyak manfaatnya, namun perlu diingat perempuan hamil dilarang menggunakan tanaman ini sebagai obat.

Klasifikasi ilmiah
  • Kerajaan: Plantae
  • (tanpa takson): Angiospermae
  • (tanpa takson): Eudikotil
  • (tanpa takson): Asteridae
  • Ordo: Apiales
  • Famili: Mackinlayaceae
  • Genus: Centella
  • Spesies: C. asiatica

Nah, sahabat hijau, itulah sekilas tentang tapak kuda, semoga memberi manfaat!

KLIK INI:  Daun Kenikir, Lalapan yang Kaya Manfaat dan Mudah Tumbuh