Hindari Hipertensi dengan Tidak Mengomsumsi Hal Ini

Publish by -34 kali dilihat
Penulis: Irhyl R Makkatutu
Hindari Hipertensi dengan Tidak Mengomsumsi Hal Ini
Ilustrasi pemeriksaan tekanan darah/foto-kawaiibeautyjapan.com

Klikhijau.com – Anggapan selama ini yang mengatakan bahwa hipertensi atau tekanan darah tinggi hanya dialami oleh orang tua ternyata keliru. Hipertensi bisa menyerang siapa pun, tidak terkecuali yang masih berusia muda.

Hipertensi terjadi ketika tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Salah satu penyebab hipertensi adalah pola hidup yang tidak teratur.

Pada tanggal 11 Februari 2019 lalu, Tempo.co memuat artikel, para peneliti berpendapat bahwa salah satu cara yang cukup ampuh untuk kembali menstabilkan tekanan darah ialah melakukan diet sehat.

Selain mengonsumsi makanan yang tinggi kaya akan serat seperti buah dan sayur, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi agar diet sehatnya berjalan dengan maksimal.

KLIK INI:  Baha Polusi Udara Bagi Anak yang Perlu Diketahui

Gejala hipertensi dapat dikenali dengan beberapa hal, sakit kepala, sakit dada, dan sakit tengkuk. Selain itu, gejala lain adalah jantung berdebardebar, rasa lelah, sesak napas, penglihatan kabur, mimisan. Hal tersebut bisa dipicu oleh rokok. Selain rokok, seperti yang dilansir dari  Boldsky dan Healthline, ada 5 hal yang wajib hindari agar terhindar dari hipertensi,

  • Soda

Soda merupakan salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah dalam tubuh, sekalipun soda rendah kalori. Minuman alternatif lain yang jauh lebih sehat namun tetap dapat menghilangkan dahaga Anda terhadap minuman bersoda ialah campuran air soda dengan perasan jeruk.

  • Kentang goreng

Kentang goreng yang kerap  dinikmati dari berbagai restoran siap saji terbukti kaya akan sodium dan lemak jahat. Satu bungkus kentang goreng berukuran sedang mengandung 270 miligram sodium dan 19 gram lemak jahat yang menyebabkan tekanan darah dalam arteri meningkat.

KLIK INI:  Bila Merasakan Hal Ini, Petanda Anda Sedang Dehidrasi Kronis
  • Susu

Satu gelas susu diketahui mengandung 8 gram lemak. Ini melebihi kebutuhan lemak harian tubuh. Itu sebabnya, para penderita hipertensi yang kebetulan suka minum susu harus mulai membatasi pengonsumsiannya sejak dini.

  • Daging Merah

Daging merah merupakan daging yang berasal dari ternak besar yang mengandung banyak lemak sehingga tidak baik untuk pembuluh darah dan juga jantung. Dalam sebuah studi, ‘Relation of Vegetable, Fruit, and Meat Intake to 7-Year Blood Pressure Change in Middle-Age Man‘, daging merah yang diolah menggunakan minyak nabati (margarin) mengandung lebih banyak lemak sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

  • Garam Dapur

Berdasarkan sebuah studi Blood Pressure and Dietary Salt In Human Populations, garam dapur mengandung sodium tinggi yang dapat merusak dinding arteri. Sodium tersebut menahan air di dalam tubuh. Saat air di dalam tubuh tertahan, sirkulasi darah menuju ginjal, otak dan jantung menjadi tidak lancar. Itu sebabnya penderita hipertensi harus membatasi pengonsumsian garam sehari-hari.

Upaya menjaga tubuh agar tetap sehat memang perlu diperhatikan. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang cukup meresahkan. Untuk terhindar dari penyakit tersebut, sebaiknya kita hindari seperti yang tertera di atas.

KLIK INI:  Mungkin Saja dalam Tubuh Anda Ada Cacing Pita, Ini Bahayanya
Editor: Irhyl R Makkatutu

KLIK Pilihan!