Google Doodle Earth Day 2020, Aksi Interaktif Mengajak Kita Peduli Bumi

oleh -621 kali dilihat
Google Doodle Earth Day 2020
Google Doodle Earth Day 2020-Foto/Youtube
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Google Doodle Earth Day 2020 merupakan aksi kolaboratif dengan The Honeybee Conservancy. Tepat di momen hari bumi ini, pengguna internet dapat memandu lebah Google Doodle menyerbuki bunga sembari mempelajari beragam kekayaan hayati bumi.

Selain interaktif, cara ini tentu menyenangkan sekaligus memberikan pesan kuat betapa pentingnya melestarikan lingkungan bagi kehidupan.

Pendiri dan Direktur Eksekutif The Honeybee Conservancy, Guillermo Fernandez menyebutkan cara ini ini sengaja dibuat untuk mengingatkan semua orang pentingnya menjaga lingkungan. Ini juga bagian dari refleksi personal seorang Guillermo Fernandez yang pernah hidup di daerah miskin kota dan sulit mendapat makanan segar.

“Mencari buah atau sayuran segar hampir mustahil: supermarket terdekat kebanyakan menyediakan makanan olahan, dan restoran lokal kami adalah jaringan makanan cepat saji. Tidak ada pohon atau taman yang terlihat; satu-satunya taman penuh beton,” katanya seperti di lansir dalam laman Google Doodle, Rabu 22 April 2020.

KLIK INI:  Protes Keras Koalisi Masyarakat Sipil untuk Alih Fungsi Lahan Gambut di Kalteng

Guillermo Fernandez menilai tindakan yang tidak bersahabat pada alam telah memakan korban yang besar di tengah masyarakat. Mulai dari masalah kesehatan yang merajalela seperti obesitas, diabetes, dan asma hingga gizi buruk dan kerusakan lingkungan.

Dia menilai tindakan yang tidak bersahabat dengan alam memakan korban yang besar di tengah masyarakat. Mulai dari masalah kesehatan yang merajalela seperti obesitas, diabetes, dan asma hingga gizi buruk dan lingkungan yang rusak.

Menurutnya, untuk mendukung penyelamatan bumi maka lebah memainkan kunci karena lebah menyerbuki 1 dari 3 gigitan makanan yang kita makan. Keberadaan lebah juga menunjukan bahwa lingkungan sekitar dalam kondisi aman.

“Ada 20.000 spesies lebah di seluruh dunia yang melakukan pekerjaan penting ini. Di Amerika Utara, ribuan jenis spesies lebah asli Amerika terancam punah. Pada skala yang lebih besar, kelangsungan hidup dunia tergantung pada mereka,” katanya.

KLIK INI:  Duka di Hari Bumi 2020
Serukan aksi cinta bumi

The Honeybee Conservancy, katanya, juga menggerakan untuk memberdayakan masyarakat yang kurang terlayani dan membangun ruang hijau.

“Program unggulan kami, Sponsor-a-Hive memberikan sarang lebah dan rumah lebah asli ke organisasi mulai dari kebun hingga sekolah. Dengan mengurangi hambatan keuangan dan pendidikan. Menjaga sarang lebah madu adalah investasi mahal yang membutuhkan pelatihan. Ini pada gilirannya menghasilkan makanan, memperbaiki lingkungan, dan menyatukan orang,” katanya.

Guillermo menyebutkan proyek Google Doodle spesial Hari Bumi 2020 ini pesan utama yang disampaikan adalah mengingatkan manusia tentang bagaimana tindakan kecil yang dilakukan oleh individu akan menghasilkan dampak besar jika dilakukan bersama-sama.

“Donasikan waktu atau dana kepada kelompok lingkungan setempat. Lebah adalah bagian dari ekosistem yang kompleks, dan kontribusi kepada organisasi yang mendukung upaya konservasi apa pun akan membantu memperkuat lingkungan,” demikian pesan Guillermo.

Begitulah Google Doodle Earth Day 2020 mengajak kita lebih mencintai bumi. Selamat hari bumi!

KLIK INI:  Menteri Siti Apresiasi Akademi Ekologi yang Digelar WALHI