Fungsi Alam Semesta dan Cara Bijak bagi Manusia Menjaga Kebermanfaatannya

Publish by -268 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Fungsi Alam Semesta dan Cara Bijak bagi Manusia Menjaga Kebermanfaatannya
Ilustrasi /foto-Quipper

Klikhijau.com – Alam semesta atau bumi merupakan berkah istimewa yang mesti dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Karenanya, segala tindakan yang dapat merusak alam apalagi yang memicu kerusakan jangka panjang tidak seharusnya dilakukan dan perlu dicegah.

Bumi yang ditempati ini terdiri dari daratan, termasuk di dalamnya wilayah perairan dan lautan. Daratan menjadi bagian terpenting, sebab di sanalah manusia dan mahluk lainnya bertumbuh. Daratan seringkali disebut dengan lahan yang menjadi tempat berinteraksinya segala organisme dan lingkungan fisik.

Lalu, bagamana fungsi alam yang harus dipahami oleh manusia. Menurut De Groot (1992) seperti dikutip Siti Nurbaya (2019), fungsi alam didefinisikan dengan penyediaan barang dan jasa dari biosfer.

Fungsi alam semesta

Secara detail, fungsi alam semesta dijabarkan oleh Van Der Maarel dan Dauvellier (1978) dikutip dari Siti Nurbaya (2019) sebagai berikut:

KLIK INI:  Kisah Kesuksesan Kaum Ibu Merawat Burung di Klaten
  • Fungsi regulasi

Fungsi regulasi yang dimaksudkan di sini terkait dengan kapasitas ekosistem untuk mengatur proses ekologi yang esensial untuk menunjang sistem kehidupan. Juga sebaliknya, mempertahankan kesehatan lingkungan dengan menyediakan udara bersih, air dan tanah.

  • Fungsi pembawa/carrier

Fungsi pembawa dalam hal ini dapat dijelaskan bahwa alam menyediakan ruang dan bahan atau medium yang sesuai untuk aktivitas manusia seperti kebiasaannya, rekreasi dan cocok tanam.

  • Fungsi produksi

Fungsi produksi dalam hal ini berarti alam menyediakan berbagai sumber daya mulai dari pangan, bahan mentah untuk industri, energi sampai kepada material genetik.

  • Fungsi informasi

Fungsi informasi dapat dijabarkan bahwa ekosistem alam memberi kontribusi kepada manusia kesehatan mental dengan menyediakan kesempatan untuk refleksi, pencerahan spiritual, membangun kognitif dan pengalaman estetika.

KLIK INI:  Kisah Sukses Petani Jamur Mallawa dan Lelaki di Baliknya

Dengan menjaga fungsi alam tersebut di atas, maka manusia akan memperoleh manfaat sosial dan ekonomi dari alam untuk memenuhi kebutuhan hidup. Antara lain melalui kegiatan pertanian, kehutanan, pertambangan, pariwisata dan sebagainya.

Menurut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dalam orasi Ilmiahnya mengenai “Esensi Akademik Kebijakan Korektif Lingkungan dan Kehutanan”, menjelaskan bahwa manusia dapat melakukan 4 kegiatan untuk menjaga fungsi alam antara lain: (1) Evaluasi fungsi ligkungan, (2) analisis risiko lingkungan (3) analisis dampak lingkungan, (4) evaluasi pengelolaan atau manajemen lingkungan.

Pembangunan lingkungan hidup dalam konstitusi

Dalam konstitusi bernegara kita sangat jelas dijabarkan pula bahwa bidang lingkungan dan kehutanan memiliki peran penting dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional secara berkelanjutan.

Lebih spesifik lagi ditegaskan dalam batang tubuh UUD 1945 pasal 28 H bahwa setiap warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan lingkungan yang baik. Begitu pula yang dijabarkan pada Pasal 33 bahwa kekayaan alam dan bumi Indonesia dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat dan dikelola secara berkelanjutan.

Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menjadi dasar pembangunan lingkungan hidup. Tujuan utamanya telah digariskan antara lain:

  1. Melindungi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dari pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup;
  2. Menjamin keselamatan, kesehatan dan kehidupan manusia;
  3. Menjamin keberlangsungan kehidupan makhluk hidup dan kelestarian ekosistem;
  4. Menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup;
  5. Mencapai keserasian, keselarasan dan keseimbangan lingkungan hidup;
  6. Menjamin terpenuhinya keadilan generasi masa kini dan generasi masa depan;
  7. Menjamin pemenuhan dan perlindungan hak atas lingkungan hidup sebagai bagian dari hak asasi manusia;
  8. Mengendalikan pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan;
  9. Mengantisipasi isu lingkungan global.

Demikialah fungsi alam semesta, bagaimana tindakan manusia menjaganya serta konstitusi bernegara kita memandang pentingnya menjaga alam dan mengawal masalah lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Berbagi Kisah Sebagai Dokter di Pulau Terpencil di “Bacarita Yakobi”
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!